cara membedakan burung merpati pejantan dan betina

Cara Membedakan Merpati Jantan dan Betina Dengan Mudah

Posted on

Burung peliharaan ini memiliki keunikan tersendiri, karena keunikan tersebut sering dijadikan lomba, seperti lomba kecepatan terbangnya, seperti yang dimiliki oleh burung merpati. dan biasanya jenis merpati pejantan yang sering dijadikan lomba tersebut, karena merpati pejantan memiliki kualitas terbang yang baik, dan memiliki kebiasaan yang lebih rajin terbang di bandingkan dengan betinanya.

Untuk lomba terbang dari burung merpati ini dilakukan dengan dua cara, antara terbang jarak jauh dan juga jarak dekat, dengan menggunakan pancingan dari betina, dengan catatan antara betina dan pejantannya sudah jinak ( Girang ) , menjadikan pejantan ingin selalu berdekatan dengan betinanya.

Nah, dengan memiliki sifat yang jinak atau berjodoh antara pejantan dan betina tersebut tentunya bisa dilakukan dengan cara melatih terbang dari sang pejantan tersebut, sehingga kualitas terbangnya menjadi lebih baik.

Cara Menjodohkan Burung Merpati

Untuk menjodohkan burung merpati maka bisa dengan cara beberapa hal. Hal yang pertama adalah tentunya dengan memilih pejantan dan betina yang sudah dewasa.

Untuk melakukannya, bisa dengan mensatu kandangkan antara betina dan pejantan selama 3 hari, dan sebaiknya selama proses penjodohan tersebut jangan dikaluarkan dan berikan pakan dan minuman di kandang saja .

setelah itu coba keluarkan keduanya, kalau keduanya saling mendekat ketika di keluarkan , maka bisa di patikan keduanya sudah berjodoh atau anda bisa dengan memegang betinanya dan memancing pejantannya untuk mendekat, ketika mendekat maka sudah berjodoh.

Ketika waktu 3 hari tersebut tidak membuatnya berjodoh, maka bisa dengan mengurungnya kembali keduanya, hingga benar-benar berjodoh.

Cara Membedakan Merpati jantan dan Betina

Burung merpati Giring

Untuk membedakan betina dan pejantan dari burung merpati bisa di lihat dari ciri-ciri fisik yang dimiliki dari burung itu sendiri, dan kebiasaan dari burung tersebut.

  1. Dari Tubuhnya

Untuk melihat dari kelamin merpati bisa di lihat dari fostur tubuhnya, dimana pejantannya bisa dengan tubuhnya terlihat kekar dan panjang. Dengan begitu, kualitas dan kebiasaan terbang dari merpati sering terbang di bandingkan dengan betinanya, dan tubuh dari merpati betina terlihat ramping dan kecil.

  1. Capit Udang betina dan pejantan Burung merpati

Jika melihat dari cirri fisiknya tidak cukup bagi kalian, maka bisa dengan memegang capit udang dibagian burung merpati pejantan dan betina. Capit udang dari betina akan lebih besar dibandingkan dengan betina dan capit udang pejantan lebih rapat di bandingkan dengan betina.

  1. Membekur

Pejantan dari merpati lebih rajin membekur dari betina, meskipun betina dapat membekur juga, namun tidak sesering merpati pejantan.

Dengan melihat dari cara membedakan merpati pejantan dan betina pada penjelasan di atas, maka sekarang bisa dengan mempraktekannya untuk melihat ciri-ciri dari burung tersebut.

Namun, untuk medapatkan hasil yang terbaik, terutaman cara merawat burung merpati untuk balap bisa dengan rajin menjaga kesehatan dari burung tersesbut. Dengan pemberian pakan yang baik. Pemberian Vitamin dan juga rajin memandikannya dan perawatan burung merpati lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *