cara merawat burung kapas tembak

Cara Merawat Burung Kapas tembak Agar Rajin Berkicau dan Buka Ekor

Posted on

Burung kapas tembak memiliki kemampuan berkicau yang sangat bagus, dan kicauannya sering digunakan burung master untuk burung lainnya, akan tetapi burung kapas tembak juga bisa di master burung lainnya agar kemampuan berkicaunya lebih bervareatif.

Meskipun kemampuan berkicaunya dapat bervareatif, akan tetapi agar burung kapas tembak tersebut dapat mengeluarkan kemampuan berkicaunnya, maka membutuhkan cara yang tepat untuk membuatnya memiliki kondisi terbaik.

Cara Merawat Burung Kapas Tembak

Dalam hal merawat kapas tembak, ada beberapa hal yang penting untuk di perhatikan seperti mengatur pakan, perawatan harian dan lain sebagainya.

  1. Melatih Mengkonsumsi Serangga

Ketika burung kapas tembak hidup di alam liar, pakan dari serangga menjadi suatu hal yang dapat membuat burung menjadi rajin berkicau. Namun, terkadang ketika burung kapas tembak tersebut di pelihara, burung tersebut belum tentu mau untuk memakan serangga.

Maka dari itu, jika burung kapas tembak rekan-tekan tersebut belum terbiasa mengkonsumsi pakan dari serangga, maka perlu di latih terlebih dahulu agar mau mengkonsumsinya.

  • Sediakan Jangkrik dari Cepuk

Untuk melatih kapas tembak mau makan jangkrik, maka sediakan 1 ekor jangkrik yang sudah dipotong kepala dan kakinya dan campurkan kedalam wadah voer.

  • Kosongkan pakan pada malam hari

Ketika burung akan beristirahat pada malam hari, pakan voer dan air minumnya di angkat, agar burung bisa beristirahat full dan matikan lampu ketika malam hari.

Setelah pagi hari, jangan dulu di berikan pakan voer, tapi rekan-rekan kicaumania menyodorkan pakan jangkrik yang sudah di potong kepala dan kakinya. Jika beberapa jam mencoba menyodorkan pakan jangkrik burung masih belum mau mengkonsumsi, maka simpan saja jangkrik tersebut di cepuk pakan. Dan beberapa jam kemudian masukan pakan dari voer.

download suara burung

  • Campurkan jangkrik dan kroto

Jika burung kapas tembak sudah terbiasa makan kroto, maka bisa memanfaatkannya, dengan mencapurkan kroto dengan jangkrik setiap memberikan pakan tersebut.

Pakan dari jangkrik dan kroto memiliki kandungan protein yang tinggi, bukan hanya membuat burung menjadi rajin berkicau, akan tetapi stamina dan fisiknya menjadi lebih baik, namun karena burung kapas tembak belum terbiasa makan serangga, maka bisa memberikan Multivitamin untuk membuatnya selalu Fit setiap harinya.

  1. Pakan Harian Burung Kapas tembak

Agar burung ketika pagi hari rajin gacor dan memiliki stamina yang baik, maka berikan berikan 1 sendok teh setiap pagi.

Lihat Juga : Suara Burung Kapas Tembak Mp3

Dan ketika burung tersebut selesai dimandikan pada pagi hari, berikan pakan jangkrik sebanyak 3 sampai 5 ekor dan 1 sampai 2 ulat hongkong, dan setelah itu burung di jemur selama 1 jam.

  • Pakan Buah-buahan

Agar kebutuhan gizi burung tercukupi dengan lengkap, maka ketika setiap hari senin sampai rabu 3 kali berikan buah pisang yang sudah di olesi madu, dan untuk hari kamis sampai sabtu berikan buah apel , sedangkan untuk hari minggu berikan campuran pisang dan apel yang di potong-potong kecil.

Jika , buah apel dan pisang tidak ada, anda bisa juga memberikan buah peer, mangga atau pepaya.

Buka Ekor Kapas Tembak

Buka ekor pada burung kapas tembak merupakan salah satu karakter burung kapas tembak untuk melindungi daerah teritorialnya.

Namun, biasanya gaya buka ekor hanya dilakukan burung kapas tembak yang sudah dewasa, dan biasanya kapas tembak muda belum sepenuhnya sering buka ekor, masih tahap belajar dan masih memperhatikan lingkungan sekitarnya.

Selain itu, agar memaksimalkan kemampuan berkicau dan mental petarung burung hingga buka ekor, maka ada beberapa hal yang penting untuk di perhatikan, seperti Burung tidak kekurangan gizi, burung tidak sakit atau tidak mabung.