merpati balap tinggian kolongan

Cara Memilih Merpati Balap Tinggian/Kolongan yang Bagus

Posted on

Dengan banyaknya lomba merpati tinggian atau merpati kolongan, banyak para pecinta burung merpati berlomba-lomba untuk mencari merpati kolongan yang prosfek.

Merpati tinggian/kolongan memang tidak semuanya memiliki prosfek yang sama, tergantung keturunan, perawatan dan ciri-cirinya.

Untuk merpati kolongan yang pernah prestasi atau pernah menjuarai lomba, maka harganya sangat tinggi, dan tidak semua orang mampu membelinya.

Begitu juga dengan anakan merpati tinggian, harga jualnya lebih mahal dari merpati anakan dari keturunan yang biasa saja.

Cara Memilih Merpati Balap Kolongan/Tinggian

Jika anda yang berniat untuk membeli merpati balap kolongan, entah itu dari keturunan yang bagus atau membeli ombyokan, maka bisa melihat terlebih dahulu ciri fisik atau katuranggang merpati kolongan yang berkualitas.

Lihat Juga : Manfaat Umbi Rumput Teki untuk Merpati

Karena, setiap merpati balap kolongan memiliki fisik yang berbeda-beda, hanya memiliki ciri fisik yang bagus akan menghasilkan kualitas yang bagus juga.

  1. Kepala Merpati Balap Kolongan

Bentuk kepalanya mengerucut atau panjul, atau njambe tapi tidak terlalu besar. Berbeda halnya dengan merpati balap sprint, semakin besar kepalanya, maka semakin bagus.

Lihat Juga : Cara Memilih Merpati Balap Sprint

  1. Lehernya melengkung kedepan dan panjang

Pilih merpati balap tinggian yang memiliki leher yang proforsional dengan ukuran tubuhnya dan berleher sedang, kokoh, dan ketika di pegang lehernya akan memanjang atau melongok.

  1. Mata Merpati Balap Tinggian

  • Memiliki mata warna kuning kemerahan
  • Mata jawa/mata menyala
  • Mata pilo/mata liplap
  • Pupil matanya akan kecil ketika terkena sinar matahari
  • Pupilnya kecil dan bening, tapi saat membekur akan bulat pupil matanya
  • Pilih mata merpati yang bewarna hitam jelas, karena bagus untuk player, pacekan dan untuk ternak
  • Alisnya tipis dan tidak kasar
  • Warna alis atau pelipisnya segar atau tidak merah tebal

Baca Juga : Cara Menjodohkan Merpati yang Sudah Berjodoh

  1. Paruh Merpati Balak Tinggian

Bentuk paruhnya tipis dan kecil, mirip seperti paruh burung perkutut atau derkuku.

  1. Pipi atau mukanya

Mukanya atau pipinya tipis, tidak tembem, serta bulu jenggotnya tipis.

  1. HIdup Merpati Balap Kolongan

Lubang hidungnya agar rapat dan kecil, bentuknya kering tipis, pesek/kecil.

  1. Bentuk Tubuh Merpati Balap Tinggian

Bentuk tubuhnya mirip seperti telur atau bentuknya oval, serta ketika di pegang terasa tips dan empuk, bentuk tubuhnya terlihat berbentuk segitu tiga jika di lihat pada bagian pangkal ekor dan pundaknya.

Lihat Juga : Harga Merpati

  1. Fostur Tubuh Merpati Balap Kolongan

Bentuk dadanya bidang dan tegak ketika berdiri, serta memiliki gumpalan otot pada dadanya seperti membelah tapi berisi, dan memiliki ujung dada di bagian belakang yang melengkung ke dalam perutnya.

  1. Sayap Merpati Balap Kolongan

Bentuk ekornya panjang, mirip seperti pedang, sayapnya rapih, otot sayapnya besar, elastis, sayap dan ujung ekornya sejajar, dan tulang sayap bagian kanan dan kiri tebal seimbang.

Karena dengan memiliki ciri-ciri tersebut burung memiliki power yang kuat ketika terbang, sehingga lebih prosfek.

Baca Juga : Cara Membedakan Merpati Jantan dan Betina

Ketika sedang di umbar, kepakan sayap merpati balap kolongan yang bagus, suara kepakan sayapnya akan terdengar seperti kepakan sayap ayam jantan yang akan berkokok, meskipun suaranya tidak sekeras ayam jantan, namun dengan kepakan sayap seperti itu, menandakan power sayapnya sangat bagus.

  1. Ekor Merpati Balap Tinggian

Pilih merpati tinggian yang memiliki ekor yang pendek, dan kalau bentuknya panjang dan sejajar dengan bulu sayapnya, ekornya menyatu seperti sendok.

Untuk memanstikannya, coba pegang, dan ketika di genggam maka ekornya yang bagus ujung ekornya akan rapat atau temungkul dengan sayap dan ekornya sedikit menyeret/menunjuk kebawah.

  1. Kaki Merpati Balap Kolongan

Memiliki kuku seperti cakar burung elang, kokoh, panjang jari-jari kakinya, lentik dan kering.

  1. Tulang Supit Merpati Balap Tinggian

Tulang yang terletak di bagian bawah dubur bentuknya tebal, menonjol, panjang melengkung.

Jarak ukung tulang pubis/supit tidak lebih dari jari telunjuk, dan ketika di pegang bagian tulang pubisnya/supitnya akan terasa menempel pada tangan.

  1. Bulu Merpati Balap Tinggian

Ketika di genggam, bulunya akan terasa tebal/nytra, halus, terasa licin, dan juga lembut, seperti bulunya terasa berminyak dan mengkilap.

  1. Gaya Berjalan

Ketika berjalan, gaya merpati balap tinggian yang bagus akan terlihat seperti berjalan bebek ( tampak seperti mentok )  dan sedikit jinjit dengan telapan kaki di bagian belakangnya tidak menempel pada tanah.

Demikianlah tips cara memilih merpati balap kolongan/tinggian dengan melihat katuranggang atau ciri fisiknya yang bagus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *