manfaat umbi teki untuk merpati

Manfaat Umbi Rumput Teki untuk Burung Mepati Balap

Posted on

Rumput teki merupakan tanaman yang biasa ditemukan secara liar di persawahan dan pekarangan rumah.

Karena biasa hidup secara liar, rumput teki sering juga di sebut dengan rumput hama atau gulma karena sering tumbuh di persahawan atau perkembunan di lahan pertanian.

Namun, ternyata tanaman rumput teki memiliki manfaat untuk beberapa burung, seperti burung merpati. Dimana umbi yang terdapat pada rumput teki bermanfaat untuk menambah stamina burung merpati balap.

Manfaat Umbi Rumput Teki untuk Merpati Balap

Ciri-ciri umbi rumput teki memiliki tekstur yang keras, memiliki warna yang hitam dan memiliki akar di sekitar umbinya. Dari aroma umbi rumput teki mirip seperti herbal jamu-jamuan.

Baca Juga : Pakan Merpati Kolongan & Cara Memilih Merpati Balap

Cara Mengolah Umbu Rumput Teki untuk Merpati

Untuk memberikan umbi rumput teki pada merpati, maka harus di oleh terlebih dahulu agar manfaat yang di inginkan dapat tercapai sesuai dengan keinginan pemiliknya.

  1. Umbi rumput teki di bersihkan, dan buang bagian batang dan akarnya
  2. Setelah di bersihkan, umbi rumput teki di keringkan, bisa menggunakan sinar matahari atau dengan cara di sangrai

Lihat Juga : Cara Mengobati Merpati Masuk Angin

  1. Setelah kering, umbi teki di haluskan dengan cara di tumbuk atau di blender, sambil mencampurkan bahan herbal lainnya seperti bawang putih, jahe dan gingseng
  2. Setelah halus dan di campur dengan bahan herbal lain, maka campurkan dengan kuning telur bebek dan aduk hingga merata
  3. Setelah di campur dan di aduk rata, selanjutnya di cetak kecil-kecil bulat dan berikan pada merpati dengan cara melolohnya

Baca Juga : Cara Menjinakan Merpati Agar Giring

Ramuan ini merupakan ramuan dari dahulu kala, dimana bahan-bahan alami yang telah di sebutkan di atas mampu meningkatkan stamina burung, sehingga nafasnya panjang  dan bagus diberikan pada merpati balap.

Demikianlah tips kali ini kami bagikan tentang manfaat umbi teki dalam menambah stamina merpati balap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *