pakan merpati kolongan

Pakan Burung Merpati Kolongan yang Bagus untuk Lomba

Posted on

Pakan yang tepat dan berkualitas akan menunjang kesehatan burung, terutama untuk burung kolongan lomba, dimana dengan memberikan pakan yang tepat stamina dan daya tahan tubuh burung menjadi bagus.

Selain memilih jenis pakan, pastikan pakan juga di bersihkan terlebih dahulu, di cuci lalu di keringkan untuk menghindari kuman yang bisa menyerang kesehatan burung, termasuk membersihkan pakan burung yang sudah terkena kotoran burung itu sendiri.

Pakan Merpati kolongan

Merpati jenis burung yang menyukai makanan dari biji-bijian, dan salah satu pakan dari biji-bijian yang bagus untuk burung adalah jagung madura, sepintas dari bentuk memang serupa, namun dari sisi ukuran, jagung madura lebih kecil dari jagung pada umumnya, sehingga pas dengan ukuran paruh burung merpati kolongan.

Lihat Juga : Cara mengobati Merpati Masuk Angin dan Kembung

Setiap merpati memilki kebutuhan asupan makanan yang berbeda-beda, tergantung usia dari burung itu sendiri seperti :

  • Merpati Anakan Membutuhkan asupan pakan sebanyak 5 – 10 gram setiap harinya
  • Merpati Remaja setiap harinya membutuhkan asupan pakan sebanyak 25 gram
  • Merpati Dewasa butuh asupan pakan sebanyak 37 gram

Untuk pakan itu sendiri cukup di berikan pada pagi hari dan sore hari setelah burung dilatih.

Lihat Juga : Cara Menggiringkan Merpati

Selain pakan utama, dari biji-bijian, terutama dari jagung madura, burung juga perlu di berikan pakan tambahan untuk asupan kebutuhan mineral dan vitamin, terutama burung akan akan dilombakan, setelah lomba dan ketika nafsu makan burung menurun.

Vitamin dan Herbal Merpati Kolongan

Anda bisa membeli vitamin khusus untuk burung sebagai asupan kebutuhan mineral dan vitamin dalam bentuk tablet dengan cara melolohnya, dan jika vitaminnya dalam bentuk serbuk bisa mencapurkannya dengan air.

Namun, anda juga bisa memberikan herbal alami dari rempah-rempah untuk menjaga stamina dan kesehatan burung yang terbuat dari kunyit.

Baca Juga : Tips Memilih Merpati Balap yang Bagus

Kunyit itu sendiri memiliki manfaat untuk penghilang lelah, dapat menambah nafsu makan dan sebagai antibiotik utuk merpati kolongan.

Cara memberikannya cukup mudah, tinggal memotong kecil, lalu di sangrai dan setelah dingin, berikan pada merpati kolongan dengan cara melolohnya.

Untuk perawatan dalam memberikan pakan yang berkualitas seperti yang telah disampaikan di atas, sebaiknya berikan pada jantan dan betina, jangan hanya memberikan pada jantan saja.

Karena, meskipun betina merpati hanya sebatas kelepekan merpati jantan, namun kesehatan betina harus di perhatikan, dan diberikan pakan yang berkualitas seperti jantan agar kesehatannya tidak ngedrop dan agar nafsu kawin tidak menurun yang bisa berakibat fatal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *