murai batu dorong ekor

Perawatan Murai Batu Dorong Ekor Agar Panjang dan Bagus Kembali

Posted on

Daya tarik dari burung murai batu selain dari kemampuan berkicaunya adalah bentuk ekornya, dimana untuk beberapa jenis murai batu memiliki ekor yang panjang yang membuat burung tersebut terkesan indah, apalagi burung tersebut sering memainkan ekornya ketika bergaya sambil berkicau.

Ketika murai batu memasuki masa mabung, seluruh burung burung akan rontok, termasuk bulu ekornya.

Bagian bulu tubuh burung murai seperti dada, punggung, kepala dan bulu halusnya akan tumbuh lebih cepat di bandingkan dengan bulu kasar seperti sayap dan ekor.

Ketika burung halusnya sudah tumbuh, tentunya hal yang terakhir untuk dilakukan dalam mengakhiri masa mabung burung dengan tumbuhnya bulu ekor baru yang penjang seperti sebelumnya.

Cara Merawat Murai Batu Dorong Ekor

untuk merawat burung murai yang sedang buka ekor tentunya perlu perawatan yang tepat, dan jangan merawat burung yang sedang dorong ekor dengan cara perawatan harian.

Baca Juga : Cara Mengatasi Murai Batu Macet Mabung

Dengan merawat murai batu seperti perawatan harian tentunya dapat membuat pertumbuhan bulu ekor baru menjadi tidak sempurna, seperti panjang ekornya tidak seperti sebelumnya, nyerit, bulu ekornya mudah rusak.

Untuk itu, jika rekan-rekan kicau mania yang tidak ingin ekor burung murai batu mengalami hal-hal yang tidak di inginkan seperti yang telah disampaikan di atas, maka berikut adalah tips untuk perawatannya.

  • Cukup berikan 4 – 5 ekor pada pagi dan sore hari
  • Berikan 1 cepuk kroto setiap pagi, namun jika cukup sulit mendapatkan kroro, maka cukup diberikan 2 – 3 kali dalam seminggu
  • Jangan dimandikan di keramba, tapi dimandikan di cepuk yang besar yang disimpan pada sangkarnya
  • Jangan dijemur setiap hari, tapi cukup dijemur beberapa kali dalam seminggu. Dan itupun dijemur ketika pada matahari pas awal muncul sekitar 15 menit lamanya

Baca Juga : Perawatan Burung Murai Mabung

  • Isolasi burung di tempat yang nyaman dan jauh dari gangguan hewan predator dan burung jenis fighter lainnya, dan burung di simpan secara full krodong
  • Bersihkan terus sangkar burung untuk menghindari adanya parasit atau tungau
  • Berikan multivitamin
  • Pada masa dorong ekor, murai batu di master dengan burung masteran untuk meningkatkan kemampuan berkicau burung

Lakukan cara merawat murai batu dorong ekor pada penjelasan diatas secara rutin, hingga ekor burung murai tumbuh dengan sempurna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *