jenis murai batu yang paling bagus

13 Jenis Burung Murai Batu Yang Paling Bagus Lengkap Dengan Gambarnya

Posted on

Burung murai batu merupakan salah satu jenis  burung kicauan yang memiliki peminat yang besar di Indonesia. Karena suara yang di hasilkannya menjadi daya tarik sendiri bagi pemiliknya. Namun , tidak semua burung murai batu memiliki suara yang sama, nyatanya banyak jenis burung murai batu yang berbeda yang mungkin belum temen-temen kicaumania belum ketahui, terutama bagi seorang pemula.

Ada banyak jenis yang akan saya informasikan untuk anda para kicaumania Indonesia, seperti murai batu medan,murai batu  aceh, burung murai batu nias, burung murai batu lampung, burung murai batu lahat, burung murai batu jambi dan berbagai macam jenis lainnya.

Jadi, ketika anda ingin memilih jenis burung murai batu yang akan di pilih untuk di ikut sertakan dalam lomba atau di pelihara, setidaknya anda tau ciri-ciri dan karakter burung murai batu yang ada dengan ciri khas suara dan fisik yang dimilikinya.

Jenis Burung Murai Batu Yang Paling Bagus

  1. Burung Murai Batu Medan

Burung murai batu medan memang sekarang ini sulit untuk ditemukan, dan meskipun ada, harga jual murai batu tidaklah murah. Suara murai batu medan tentunya menjadi daya tarik sendiri mengapa banyak para pecinta burung kicauan menyukai burung ini.

Selain dari suaranya, keistimewaan burung murai batu medan ini memiliki Fostur tubuh yang lebih besar ,dan memiliki Fostur yang tegap.

Pada awalnya burung murai batu berasal dari kaki gubung Laseur, Bohorok, bukit lawang dan untuk sekarang ini, didaerah tersebut akan sulit menemukan jenis murai ini.

Baca Juga : Cara Memelihara Murai Batu

Burung murai batu sekarang ini banyak rumor yang beredar, bahwa memang murai batu yang sekarang, bukanlah benar-benar burung murai batu asli. Akan tetapi murai batu yang di kawinkan dengan sejenis murai lainnya yang masih keturunan murai batu medan, seperti burung murai batu aceh, simananjung Malaysia, padang sidempuan. Namun bagaimanapun temen-temen bisa membedakannya dari beberapa ciri-ciri pada penjealasn di bawah ini.

  • Bentuk tubuhnya memiliki Fostur yang lebih besar dari jenis burung murai batu lainnya
  • Warna dari burung murai batu medan akan terlihat hitam legam dan mengkilat dan ketika terkena sinar matahari akan terlihat samar-samar warna biru
  • Dari kaki murai batu medan memiliki warna yang hitam meskipun ketika masih bayi tidak terlalu hitam dan terlihat kehitam-hitaman
  • Ketika sedang berkicau akan mengangkat ekornya hingga mencapai kepalanya
  • Bulu ekor murai batu bisa tumbuh hingga 20 sampai 30 cm
  1. Burung Murai batu Lampung

Dulu untuk mendapatkan murai batu lampung tidak terlalu sulit untuk mendapatkannya, karena di pengaruhi oleh berbaga macam hal, salah satunya disebabkan oleh peluasan lahan pemukiman warga yang mengharuskan fungsi hutan berkurang dan tentunya berdampak pada jumlah Murai batu medan menjadi berkurang, karena migrasi ke temapat lain dan tidak bisa bertahan hidup.

Meskipun ada yang menyebutkan Murai batu lampung, akan tetapi lebih jelasnya burung murai batu tersebut pada awalnya berasal dari kota agung, riau dan juga jambi. Namun untuk jelas dari ciri-ciri burung murai batu lampung , antara lain :

  • Memiliki bentuk tubuh lebih kecil dari murai medan
  • Panjang ekor dapat mencapai hingga 12 sampai 18 cm
  • Bulu dibagian dadanya memiliki warna orange yang sedikit ke coklatan dan terlihat lebih gelap dibandingkan dengan murai Kalimantan
  • Memiliki mental yang sangat baik, lebih aktif
  • Memeliki kicauan yang cenderung mengeulang-ngulang atau istilahnya ngebab dan kurang memiliki kicauan yang Variatif
  1. Burung Murai Batu Nias

Burung murai batu sering di sebut tersebut berasal dari Nias, akan tetapi biasanya burung murai batu nias tersebut di datangkan dari simeuleu,sibanang, pagai/mentawai dan daerah sekitarnya. Namun cirri-ciri murai batu nias antara lainnya adalah :

  • Memiliki bentuk tubuh yang kecil seperti murai lampung
  • Warna utama dari ekor yang dimiliki murai batu nias berwarna hitam atau biasa di sebut blacktail
  • Memiliki panjang ekor bisa mencapai 17 sampai 20 cm
  • Memiliki Volume suara yang sangat keras
  • Dapat menirukan suara masteran dengan relative cepat dibanding jenis lainnya
  • Memiliki mental yang tidak mudah stress

 

Lihat Juga : makanan Burung murai batu

  1. Burung Murai Batu Aceh

Burung murai batu aceh tentunya berasal dari aceh , tepatnya berasal dari pegunungan seulawah sabang , keude being dan Lhoong.

Untuk karakteristik dan cirri-ciri Murai batu Aceh antara lain adalah :

  • Suara murai batu aceh memiliki cirri khas ketika bercicau cenderung seperti terdengar suara tembakan atau istilah lainnya suara besetan yang menyayat
  • Memiliki banyak variasi Suara yang banyak dan ngerol
  • Memiliki panjang bulu ekor sepanjang 19 sampai 30 cm , sama seperti burung murai batu medan
  • Memiliki Fostur yang kecil, masih di bawah murai batu medan
  1. Burung Murai Batu Lahat

Jenis burung murai yang satu ini adalah jenis murai batu akan lebih mudah ditemukan di pasar Indonesia, dibandingkan dengan jenis yang lainnya dan cukup popular. Dan untuk cirri-cirinya adalah :

  • Memiliki variasi suara yang banyak
  • Memiliki mental yang bagus
  • Panjang ekor bisa mencapat 18 sampai 30 cm
  • Bentuk dan Fostur tubuhnya hampir sama dengan burung murai batu nias

 

  1. Burung Murai batu jambi

Burung murai batu yang biasa ditemukan di Indonesia memiliki 2 bentuk yang berbeda yang sesuai dengan asal usulnya, seperti murai batu Jambi dataran tinggi dan murai jambi dataran rendah. Untuk murai jambi dataran tinggi memiliki fostur yang kecil dan memiliki ekor yang pendek dan sedangkan murai batu jambi dataran rendah memiliki fostur agak besar dan memiliki ekor lebih panjang. Selain itu burung murai batu jambi rajin untuk berkicau dan memiliki mental petarung yang handal.

  1. Burung Murai Batu Borneo Atau Kalimantan

Untuk murai batu Kalimantan ini di pisahkan oleh kategori beberapa, antara lain murai batu mahkota,murai batu banjar dan murai batu palangka.

  • Burung murai batu borneo yang memiliki mental yang bagus bisa dilihat dari warna kuning dari data burung tersebut. Semakin terang dari warnanya tersebut maka memiliki mental yang lebih bagus dan rajin berbunyi
  • Untuk memilih kualitas mental yang paling bagus, bisa dilihat dari kakinya yang memiliki warna yang coklat dan warna hitam. Dan hindarilah yang memiliki warna kaki yang memiliki warna yang kekuningan
  • Memiliki ekor yang pendek yang mencapai 10 sampai 13 cm
  • Memeiliki bentuk kepala yang kotak dan tidak bulat
  • Matanya terlihat melotot dan memiliki tatapan yang terlihat tajam

Jenis burung murai batu Kalimantan ini di percaya memiliki suara yang lantang dank eras, dan untuk memilihnya bisa dengan melihat bagian lehernya yang terlihat besar dan keras dan juga melihat burung murai yang sering membuka paruhnya.

  1. Burung Murai batu Jawa Atau Larwo

Burung murai batu pada umumnya akan mengembangkan bulu-bulunya ketika berkicau, namun berbeda dengan jenis murai batu jawa akan hanya mengembangkan bulu kepalanya ketika berkicau, hingga seperti terlihat jambul.

Burung larwo merupakan bahasa istilah yang di ambil dari kata lare dowo atau bulunya panjang . namun bagi anda yang ingin memelihara burung ini tidaklah mudah, karena kelangkaan burung ini merupakan salahsatu yang membuat sulit untuk mendapatkannya.

Untuk cirri-ciri murai batu Jawa adalah :

  • Memiliki bentuk tubuh yang kecil dibandingkan jenis murai batu lainnya
  • Memiliki warna hitam pembatas dibagian perut
  • Memiliki karakter suara yang berbeda dengan jenis murai batu lainnya
  • Panjang bulu ekor hanya sepanjang 8 sampai 10 cm
  1. Burung Murai Batu Sabang

Nah, untuk murai batu yang satu ini memang sangat langka, dan memiliki pola unik yang menyerupai batik dibagian bagian ekornya dengan warna putih.

  1. Burung Murai Batu irian

Warna dari burung murai batu irian berbbeda dengan jenis murai lainnya, yang memiliki warna hitam di seluruh tubuhnya dan dibagian ekornya berwarna hitam yang samar-samar yang berwarna hijau dan terlihat berkilau dan berminyak jika dilihat. Dan panjang ekor bisa mencapai 35 cm .

  1. Burung Murai Batu Thailan

Fostur dari murai thailan memiliki bentuk yang kecil dibandingkan jenis burung lainnya, namun memiliki ekor yng panjang, hingga mencapai 38 cm. cirri-ciri lainnya, memiliki mental yang agresif dan memiliki bulu yang tidak terlalu tebal.

Keistimewaan mental yang baik dimiliki dari jenis ini menjadi nilai lebih yang banyak orang pilih untuk di ikut sertakan dalam lomba kicau.

  1. Burung Murai Batu Filipina

Burung yang satu ini tidak bisa di andalkan untuk di ikut lombakan kicauannya, karena memang banyak orang yang memilih untuk pajangan saja karena keindahan warna yang dimilikinya.

  1. Burung Murai batu Malaysia

Murai batu Malaysia merupakan salah satu jenis murai yang memiliki mental dan kicauan yang unik, dan tak heran jenis burung ini memiliki peminat sendiri bagi seseorang yang ingin mengikut lomba kicauan. Selain itu gaya bertarung dari jenis ini memiliki penampilan yang indah dan memiliki suara isian yang bagus di ikut lombakan.

Nah, berikut adalah jenis jenis burung murai batu dan gambarnya beserta karakteristik yang dimiliki oleh burung kicauan yang satu ini.

2 thoughts on “13 Jenis Burung Murai Batu Yang Paling Bagus Lengkap Dengan Gambarnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *