tips jual lovebird

Tips Bisnis Jual Beli Lovebird Agar Cepat Laku dan Untung Besar

Posted on

Harga lovebird memang sangat beragam, mulai dari harga ombyokan, harga lovebird juara lomba ngekek dan juga jenis lovebird warna.

Harga lovebird memang tidak selalu terus stabil, pada tahun 2016 – 2018, harga lovebird tergolong mahal, dan pada tahun 2019 – 2021 harganya turun anjlok jauh sekali.

Ya, untuk harga lovebird pada umumnya memang turun naik, namun untuk mempertahankan harga burung lovebird memang memiliki cara tersendiri, salah satunya lovebird dengan durasi ngekek panjang, terutama sering menjuarai lomba maka harga jualnya lebih tinggi di atas rata-rata, dan bahkan pemilik burung bisa menjual bebas dengan harga yang semahal-mahalnya, dan terkadang banyak orang yang mengincar lovebird yang sering menjuarai lomba dengan harga puluhan juta hingga ratusan juta, tergantung kualitas burung.

Tips Jual Lovebird Cepat Laku dan Untung

Hal yang utama dalam menjual lovebird adalah, sebaiknya anda beternak burung sendiri atau mengambil burung dari peternak dan menjual secara langsung di kios-kios burung atau menjual online.

Baca Juga : Penyebab Harga Lovebird Turun

Namun, agar burung cepat laku dengan untuk yang cukup besar, maka perhatikan beberapa point penitng seperti yang akan kami jelaskan di bawah ini.

  1. Cari Trah Berkualitas

Jika di tempat anda banyak peternak lovebird atau banyak lovebird yang menjuarai lomba atau lovebird dari trah berkualitas untuk di ternakan atau di pelihara, maka saya anjurkan untuk membeli 1 ekor saja atau bisa membeli satu ekor untuk pengamatan terlebih dahulu.

Biasanya, harga lovebird dari trah berkualitas, harganya lebih tinggi beberapa kali lipat dari jenis lovebird ombyokan.

  1. Amati Perkembangan dan Rawat

Setelah membeli 1 ekor lovebird, maka pelihara burung dengan cara yang tepat, seperti mengatur makan dan perawatan lainnya.

Baca Juga : Cara Memilih Lovebird Konslet di Kandang Ombyokan

Agar lebih baik, maka tanyakan terlebih dahulu kepada pemilik sebelumnya soal perawatannya, untuk menghindari penurunan kualitas dan untuk menghindari burung stress karena di gonta ganti perawatan.

Lalu, setelah itu, pantau perkembangan burung, dan sudah terlihat kemampuan burung, maka bisa dengan mengujinya dengan membawanya ke gantangan terdekat.

Perhatikan terus, apakan lovebird anda tersebut mirip atau sama kemampuannya dengan indukannya, jika burung tersebut kemampuannya sama, dan kualitas suaranya bagus ngekek dengan durasi lama maka harga jualnya akan tinggi di atas rata-rata.

  1. Menjual Lovebird Trah Juara

Anda bisa menjual lovebird juara di gantangan atau di tempat lomba, biasanya meskipun anda tidak menjual lovebird juara, biasanya ada yang menawar karena kualitasnya tersebut.

Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan Settingan Lovebird Untulan dan Single

Untuk menjual harga lovebird juara, sebaiknya hitung terlebih biaya beli dan biaya perawatannya. jika awalnya lovebird di beli seharga 1 juta, dan biaya perawatan seharga 400.000, maka anda bisa menjual lovebird juara seharga 2 juta.

  1. Putar Uang Kembali

Jika anda berhasil menjual lovebird dengan harga 2 juta rupiah, maka uang hasil menjualnya tersebut di belikan kembali lovebird 2 ekor di tempat sebelumnya.

Kenapa harus di tempat sebelumnya ? , karena kualitas lovebirdnya sudah anda coba sendiri kualitasnnya dan bangun kepercayaan dan bisnis anda dengan penagkar lovebird tersebut.

Baca Juga : Manfaat Terapi Bambu untuk Lovebird

Sekarang anda sudah memiliki 2 lovebird dengan trah juara, lalu anda rawat dan ikuti kontes burung, hingga burung tersebut menjuarai dan jual kembali, dengan masing-masing harga lovebird 2 juta satu ekor.

  1. Pasarkan Secara Online

Biasanya setelah anda sering menjuarai lomba dan sering juga menjual burung trah jawara, anda akan terkenal sebagai penjual lovebird trah juara di daerah anda, maka untuk selanjutnya menjual burung secara online.

Buat akun social media seperti Instagram dan facebook sebagai sarana promosi, update stok burung yang akan dijual dan membangun komunikasi antar komunitas lovebird dan penjual dan pembeli.

Selain itu, buat juga marketplace sebagai sarana pembayaran COD atau bayar di tempat, karena transaksi di marketplace lebih di percaya untuk jual beli.

  1. Buat Akun Youtube

Sekarang anda bisa menambah pemasukan dengan membuat channel youtube dengan membuat tips tentang cara perawatannya, hingga channel anda tersebut banyak subscriber dan yang menonton, jika channel youtube anda memenuhi syarat dan banyak penontonnya, maka anda akan mendapatkan pemasukan tambahan dari youtube.

Baca Juga : Cara Mencetak Lovebird Betina Konslet

  1. Jual Produk Sejenis

Ketika anda sudah terkenal di kalangan kicaumania di lingkungan anda, social media dan youtube, anda bisa menjual produk yang sejenis dengan burung, seperti menjual pakan racikan, vitamin, suplemen, kaos, sangkar burung dan lain sebagainya.

Dan biasanya, jika anda terkenal sering mencetak lovebird yang bagus, maka banyak kepercayaan dari lovebirdmania lainnya untuk mengetahui setingan pakan, vitamin, perawatan dan lain sebagainya.

  1. Buka Kios Burung

Setelah berhasil dari social media, youtube dan marketplace dengan menjual burung dan aksesoris burung, maka selanjutnya anda bisa menyewa kios atau membeli kios yang strategis untuk berjualan burung dan perlengkapan burung.

Jadi, selain berjualan online, dana bisa menambah pemasukan dengan berjualan secara Offline untuk membangun bisnis yang lebih luas lagi, dan tentunya untuk menambah pendapatkan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *