penyebab telur lovebird tidak menetas

Penyebab Telur Lovebird tidak Menetas atau Gagal Menetas

Posted on

Menghasilkan anakan yang berkualitas dan telur yang di produksi oleh burung menetas semua tentunya hal yang paling di tunggu-tunggu.

Namun, tidak sedikit dari kalangan peternak, dimana lovebird yang di ternakan tersebut bisa bertelur, namun telurnya tidak menetas alias Zonk semuanya.

Bagi peternak, tentunya akan rugi ketika telur yang di hasilkan dari lovebird yang di ternak tersebut tidak menetas.

Ya, kerugian waktu, biaya pakan, perawatan dan lain sebagainya, tentu menjadi pertimbangkan ketika lovebird ternakannya tersebut telurnya tidak menetas. Apalagi tujuan beternaknya untuk bisnis menjual anakan lovebird.

Penyebab Telur Lovebird tidak Menetas

Telur lovebird yang gagal menetas tentunya di sebabkan oleh beberapa hal, dan dari sekian peternak, pastinya penyebabnya berbeda-beda, tergantung perawatan dan pengetahunnya.

Baca Juga : Tips Beternak Lovebird

Untuk itu, jika anda ingin lovebird ternakannya tersebut mampu bertelur banyak dan menetas semuanya, maka bisa menghindari dari penyebab lovebird gagal menetas seperti pada penjelasan di bawah ini.

  1. Lovebird Kawin tidak Sempurna

Telur lovebird yang berpotensi ngisi, biasanya ketika kawin yang dilakukan lovebird sempurna, dan biasanya, durasi waktu yang digunakan lovebird kawin sekitar 2 menit, dan untuk kawin di bawah 2 menit jarang terjadi.

Jadi, jika lovebird yang berpotensi menghasilakn telur yang ngisi sekitar 2 menit. Untuk itu, perhatikan juga berapa lama durasi lovebird kawin.

  1. Indukan Betina Nglemak

Indukan betina yang ngelemak atau gemuk pada bagian tubuh bawahnya, menandakan burung tidak dalam keadaan sehat, sehingga organ reproduksi tidak sempurna.

Baca Juga : Manfaat Bata Merah Buat Lovebird Pengganti Tulang Sotong

Hal tersebut juga kerap terjadi pada lovebird yang sudah bertelur, misalkan lovebird sudah bertelur 1 butir, namun tubuhnya nglemak, itu berkemungkinan telurnya menjadi infrtil atau tidak ngisi.

  1. Lovebird Belum Matang

Idealnya lovebird untuk di ternakan sekitar 8  bulan keatas, karena oragan reproduksi lovebird sudah siap untuk di ternakan.

Baca Juga : Ciri-ciri Telur Lovebird Ngisi dan Tidak

Namun, banyak peternak lovebird yang menernakan lovebird yang masih berumur 6 bulan, dan hasilnya telur yang di keluarkan lovebird tidak menetas. Namun, meskipun begitu ada peternak lovebird juga yang berhasil menernakan lovebird yang masih berumur 6 bulan.

  1. Indukan Lovebird Masih Belajar

Ketika indukan lovebird masih belajar untuk kawin dan mengeram, maka untuk proses tersebut belum bisa berjalan dengan lancar.

Baca Juga : Manfaat dan Cara Memberikan kangkung untuk Lovebird

Misalkan indukan jantan dan betina masih belajar kawin, dan proses kawinnya tidak sempurna, begitu juga ketika mengerami, indukan betina sering keluar masuk sangkarnya dan hasilnya mengerami telurnya kurang sempurna.

  1. Kurang Persiapan Pra-produksi

Selain penyebab yang saya sebutkan di atas, ada faktor lain yang membuat telur lovebird gagal menetas, seperti kurangnya persiapan indukan memiliki oragan reproduksi yang bagus dari makanan yang di berikan.

Makanan memiliki pengaruh untuk membuat telur lovebird menetas atau tidak.

Untuk itu, sebelum lovebird di kawinkan atau di ternakan, burung di berikan asupan makanan, begitu juga pada saat lovebird kawin, burung di berikan makanan yang memiliki gizi yang lengkap, seperti memberikan multivitamin, pakan jagung, kangkung, milet, kwaci, canary, makanan yang mengandung omega – 3 seperti minyak ikan dan lain sebagainya.

Baca Juga : Manfaat Minyak Ikan untuk Lovebird dan Cara Memberikannya

  1. Indukan Lovebird jantan Ganggu betina

Sebenarnya keberadaan jantan ketika betina mengeram bermanfaat untuk meloloh indukan betina ketika mengeram dan juga membantu meloloh anakannya ketika menetas.

Namun, terkandang ada juga jantan sering genggu betina yang sedang mengeram ngajak kawin dan bahkan mengacak-ngacak sarang dan merusak telurnya.

Jika terjadi hal tersebut, sebaiknya indukan jantan di pisahkan terlebih dahulu dan turunkan birahinya, dan pakan yang di berikan hanya milet putih saja.

Baca Juga : Cara Menurunkan Birahi Lovebird yang Berlebih

  1. Gangguan Lovebird Lain

Suara lovebird lain sebenarnya dapat menggangu lovebird yang di ternakan, terutama ketika mengeram, indukan lovebird akan merasa terganggu kenyamanannya, karena merasa tidak aman dengan suara lovebird lain, seperti suara ngekek, suara ngetik, suara lovebird kawin dan lain sebagainya.

Jika anda beternak lovebird di huni oleh beberapa lovebird lainnya, sebaiknya berikan sekat, agar antar pasangan lovebird tidak saling melihat.

Namun, hal tersebut tidak terjadi pada semua lovebird, dan jika lovebird yang anda ternak tidak terganggu, yang tidak perlu di sekat.

Baca Juga : Ternak Lovebird yang Benar

  1. Gangguan Lingkungan

Gangguan dari luar seperti hewan predator seperti kucing, anjing atau hewan lain yang menakuti lovebird dan gangguan lainnya, seperti suara mesin gergaji, suara disel dan suara lainnya, dapat membuat indukan lovebird ketika mengeram merasa terganggu dan menjadikannya sering keluar masuk glodok karena merasa terancam oleh suara tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *