telur lovebird ngisi atau tidak

Mengetahui Ciri-ciri Telur Lovebird Ngisi dan tidak dengan Mudah

Posted on

Sebagian dari peternak lovebird, tentunya bagi seorang pemula ingin sekali mengetahui telur lovebird yang dikeluarkan burung tersebut bisa menetas atau tidak.

Ya, untuk beberapa tujuan, mengetahui tentang telur tersebut ngisi atau tidak memang penting, agar indukan lovebird fokus mengerami pada telur yang ngisi saja, dan telur yang tidak ngisi di buang saja.

Daftar Isi

Ciri-ciri Telur Lovebird Ngisi atau Tidak

Untuk mengetahui telur lovebird yang di erami lovebird bisa isi atau tidak hanya bisa dilakukan ketika telur di erami sekitar 7 hari lamanya, karena pada proses hari ke 7 tersebut sudah terlihat perkembangannya, apakah telur tersebut akan menetas atau tidak nantinya.

Baca Juga : Cara Menangkar Lovebird

Namun, sebelum mengetahuinya, bisa mempersipkan hal-penting lainnya, sperti :

  1. Hati-hati dalam memegang dan memindahkannya, untuk menghindari terbentur atau gerakan yang terlalu menggoyang, sehingga membuat isi telur menjadi terguncang
  2. Hindari indukan lovebird menjadi stress karena sering membuka tutup sarannya, dan jika ingin mengeceknya, harus memilih waktu yang tepat

Lihat Juga : Penyebab Telur Lovebird tidak Menetas

Cara Mengecek Telur Lovebird Isi Atau tidak

  1. Siapkan senter flash yang terang ( bisa menggunakan lampu flash Handphone )
  2. Pindahkan telur ke sarang buatan atau besek atau juga bisa menggunakan media lainnya ( yang penting media penyimpanannya tersebut tidak menimbulkan banyak getaran/goyangan )

Baca Juga : Manfaat Jagung Muda untuk Lovebird

  1. Ketika memegang telur lovebird alangkah baiknya menggunakan sarung tangan untuk menghindari keringat anda menempel pada telur dan untuk menghindari gigitan indukan lovebird ketika mengambil dari sarangnya
  2. Lalu nyalakan lampu flash ke dekat telur lovebird
  3. Jika, telurnya ngisi, maka untuk penampilannya bisa di lihat pada gambar di bawah ini

gambar telur lovebird ngisi

Setiap lama proses pengeraman, bentuk dalam telur lovebird berbeda-beda, dan kenapa Kicaumania.net anjurkan untuk melihatnya ketika telur sudah di erami sekitar 7 hari, karena akan terlihat jelas telur tersebut ada isinya atau tidak.

Dan berikut adalah gambar telur lovebird yang bisa menetas, mulai proses pengeraman 2 sampai 28 hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *