jenis jenis lovebird

√ Jenis jenis Lovebird Beserta Gambarnya Yang Ada di Indonesia dan Dunia

Posted on

Jenis jenis Lovebird – Lovebird yang biasa di sebut juga dengan Burung Labet merupakan jenis burung kicauan yang memiliki peminat yang banyak di Indonesia. Selain dari memiliki kicauan khas yang menjadi daya tarik para kicau mania, akan tetapi bentuk tubuh dan terutama warnanya menjadikan daya tarik tersendiri yang menjadi incaran seseorang untuk memeliharanya. 

Selain dari kualitas kicauan yang menjadikan harga lovebird itu sendiri menjadi tinggi, dari warna tertentu memiliki harga yang mahal dan juga ada yang memiliki harga 100.000 untuk lovebird yang paling murah.

Warna burung lovebird itu sendiri memiliki beberapa saja, akan tetapi dari hasil perwaninan silang dari berbeda warna maka akan menghasilkan warna unik lainnya yang menjadikan jenis-jenis warna lovebird itu sendiri yang bisa di temukan.

Semakin unik, langka dan juga terlihat mewah, harga dari lovebird itu sendiri akan lebih tinggi dibandingkan dengan lovebird yang memiliki warna yang banyak mudah ditemukan, seperti warna Ijo standar yang memiliki harga yang relative murah, 150.000 sampai 200.000.

Untuk , melihat daftar harga Lovebird, bisa di cek Di HALAMAN INI . Dan untuk melihat daftar Suara Kicauan Lovebid untuk masteran, bisa mendownload suara lovebird, di link ini  Download suara lovebird .

Jenis jenis Lovebird Lengkap Dengan Gambarnya

Setiap jenis jenis lovebird yang ada, memang hanya ada beberapa bagian kecil , akan tetapi dari hasil perkawinan silang yang ada tentunya memiliki nama baru yang di sesuaikan dengan warna istilah yang ada yang sesuai dengan warna yang dihasilkan.

  1. Lovebird Albino

gambar lovebird albino

Jenis lovebird Albino memiliki keunikan tersendiri, dan memiliki bulu yang bewarna putih yang dari seluruh tubuhnya, dengan ciri-ciri warna matanya yang merah. Harga dari Lovebird Albino itu sendiri memiliki harga yang cukup mahal, karena kelangkaan dari warna ini untuk di Indonesia sendiri menjadi salah satu hal yang menjadikan harganya cukup tinggi.

  1. Lovebird Biola

burung lovebird biola

Opaline Fischeri atau biasa juga di sebut dengan lovebird biola memiliki harga yang terbilang salah satu lovebird yang memiliki harga yang mahal.

Tidak berbeda jauh dengan lovebird albino, kelangkaan untuk memproduksi jenis warna ini juga menjadikannya memiliki harganya menjadi cukup tinggi yang bisa mencapai 5 juta rupiah, dan untuk harga biola Import ewing Split Blue dari Thailand , bisa mencapai 55 juta rupiah.

Kalau di Indonesia itu sendiri, ada beberapa yang menjuarai lomba kicauan jenis lovebird biola ini dari kusumo yang bisa mencapai setelah miliar. Dan untuk melihat kicaun dari lovebird kusumo yang memiliki warna biola, maka kalian bisa mendownloadnya pada Link yang terlampir di Atas.

  1. Lovebird Batman

burung lovebird batmen

Sesuai dengan warnanya, Lovebird batman memiliki warna yang hitam, sesuai dengan karakter di Film batman.

Lovebird Batmen atau yang biasa di sebut juga Lovebird hitam memiliki warna yang di dominasi oleh warna hitam, dengan perpaduan dengan warna abu-abu dan juga putih. Setelah dewasa, maka warna hitam yang terdapat dari lovebird batmen ini akan telihat lebih pekat untuk warna hitamnya.

  1. Lovebird Lutino

burung lovebird lutino

Warna cerah yang di hasilkan dari lovebird lutino menjadi daya darik sendiri yang menjadikannya memiliki harga yang cukup hingga , berkisar 700,000 rupiah.

Ada 3 warna yang terdapat dari burung Lovebird lutino ini, seperti warna merah pada paruhnya, warna orang pada kepala dan leher dan juga dadanya, sedangkan untuk bagian lainnya memiliki warna kuning di bagian sayap, punggung dan badan bagian bawahnya.

Ada beberapa jenis lainnya yang memiliki warna lain dari Lovebird lutino ini, antara lain :

  • Lovebird Lutino Golden Cherry ( mata gelap warna kuning )
  • Lovebird Lutino Albino ( mata merah bulu putih )
  • Lovebird Cinnamon ( warna kecoklatan )
  • Lovebird Pied ( Lovebird Blorok )
  1. Lovebird Violet

burung lovebird violet

Lovebird yang memiliki warna Biru standar atau Lovebird Violet memiliki warna dominan yang bewarna biru. Warna biru tersebut terdapat di bagian ekor,  sayapnya dan memiliki warna hitam dibagian ujung sayapnya . warna bulu dibagian tubuh bagian dadanya memiliki warna biru yang ke putih-putihan, sedangkan bagian dadanya memiliki warna putih dan juga warna hitam di bagian kepalanya.

Selain dari warna yang di sebutkan di atas, Lovebird Violet juga memiliki warna lainnya, yang biasa di sebut dengan warna Lovebird pastel Violet, dengan ciri ciri dengan campuran warna putih dan biru dan terlihat seperti biru muda.

  1. Lovebird dakocan

burung lovebird dakocan

Lovebird yang memiliki nama latin Agapornis Personatus ini memiliki cirri warna hitam di bagian mukanya, sehingga di sebut juga dengan nama lovebird dakocan. Pada warna dakocan original memiliki warna hijau di bagian sayap dan ekornya, memiliki warna kuning di bagian dadanya dan memiliki warna gelap di bagian mukanya.

Namun, ada beberapa warna lain yang di kategorian burung lovebird dakocan karena mutasi dan kawin silang.

Ada beberapa warna dari tubuh jenis lovebird ini, antara lain :

  • Dakocan warna ijo
  • Dakocan Original
  • Lovebird dakocan biru
  • Lovebird dakocan ungu

Lovebird biasa di temukan di Tanzania bagian tengah dan utara dan juga di Kenya bagihan timur dan utara. dan untuk di Indonesia sendiri sudah bisa di temukan, karena import yang di beli oleh para kicau mania Indonesia.

  1. Lovebird Ewing

gambar lovebird ewing

Lovebird ewing merupakan hasil kawin silang dari lovebird Josan ( Ijo Standar ) dengan Lovebird Lutino Fischeri .

Keunikan dari warna ewing itu sendiri di ambil dari kata Eumelamin dan Wing, yang artinya sayap. Dengan memiliki campuran warna gelap dan warna kuning di bagian sayapnya dan memiliki bentuk sayap yang menyerupai hurup “V” .

  1. Lovebird Blorok

burung lovebird blorok

Lovebird yang memiliki warna blorok biasa merupakan hasil dari perkawinan silang atau dari keturunan blorok itu sendiri dengan memiliki warna campuran putih dan jenis warna lainnya.

Selain warna hijau, ada beberapa warna blorok lainnya yang bisa di hasilkan dari Lovebird blorok itu sendiri, seperti :

  • Lovebird Blorok Hijau
  • Lovebird Blorok Greend Series
  • Lovebird Merah Blorok
  • Lovebird Parblu blorok
  • Dan jenis Blorok lainnya
  1. Lovebird Halfsider

gambar lovebird halfsider

Jenis Lovebird Halfsider sulit untuk ditemukan di Indonesia, dan biasanya untuk menghasilkan jenis burung ini membutuhkan kawin silang untuk mencetak Lovebird Halfsider dari hasil kawin dari berbeda warna.

Warna yang dihasilkan akan berbeda, sesuai dengan kawin silang dari warna itu sendiri, dan biasanya kebanyakan peternak lovebird mengawin silangkan, akan menghasilkan warna Blorok, bukan warna Halfsider. Dan gagal untuk mendapatkan Lovebird Halfsider.

  1. Lovebird parblu ( Partial Blue )

burung lovebird parblue

Nama dari Lovebird parblue merupakan warna yang di ambil dari kata Partial blue, yang memiliki arti memiliki warna yang sebagian warna biru.

Adapun jenis-jenis lovebird parblu memiliki warna lain di bagian kepalanya, seperti warna putih, warna kuning dan juga warna orange.

  1. Lovebird Merah

gambar lovebird merah

Lovebird yang memiliki warna merah di seluruh tubuhnya ini merupakan jenis lovebird yang langka untuk di temukan di Indonesia.

Selain memiliki warna merah, lovebird ini juga memiliki warna orange, jadi ketika dilihat akan terlihat warna orange gelap ke merah-merahan.

Warna lain yang biasa di temukan dari warna merah ini juga, seperti warna blorok, akan tetapi lovebird merah ini memiliki harga yang mahal tentunya.

  1. Lovebird Cobalt

gambar lovebird cobalt

Warna biru  menjadi warna dominan dari Lovebird cobalt ini, adapun warna biru yang terdapat pada jenis ini, warna biru seperti warna telur asin. Adapun warna jenis cobalt ini memiliki warna lain lovebird biru Violet.

Warna lain selain dari warna biru, terdapat warna hiram di bagian kepalanya dan warna putih bagian lehernya, sedangkan untuk Lovebird Cobalt Volet di bagian lehernya memiliki warna putih.

  1. Lovebird Fischer (Agapornis fischeri )

gambar lovebird fischer

Gustav Fischer merupakan orang pertama yang menemukan lovebird ini di Afrika bagian selatan, tengah dan timut dan juga di Tasmania utara, danau victoria. Dan menjadikan nama lovebird tersebut di ambil dari nama belakangnya, yaitu Fircher  ( Lovebird Firscher ) .

Untuk warna itu sendiri, ciri-cirinya bisa di lihat dari 3 warna yang dimilikinya, seperti warna orange yang terdapat dari paruh dan kepala, warna kuning di lehernya dan warna hijau dibagian tubuh bawahnya.

  1. Lovebird Muka salem (Agapornis roseicollis )

lovebird muka salem

Lovebird Muka salem berasal dari Namibia, Angola dan Afrika, dengan memiliki warna hijau yang dominan di bagian tubuhnya, dan untuk di bagian muka hingga dadanya memiliki warna bulu yang orange atau merah muda.

  1. Lovebird Nyasa

gambar lovebird nyasa

Lovebird nyasa biasa di temukan di Zimbabwe utara, Zambia tenggara, Tanzania,mozambik dan juga Malawi.

Lovebird nyasa ini sering di sebut dengan lovebird lilian, dan konon katanya ketika di kawin silangkan dengan jenis lainnya akan mendapatkan mutasi yang memiliki warna lutino dan juga warna lovebird warna biru.

  1. Lovebird madagaskar (Agapornis cana)

gambar lovebird madagaskar

Lovebird ini, sesuai dengan namanya memiliki asal usul yang berasal dari  afrika bagian madagaskar. Untuk warna itu sendiri lovebird managaskar memiliki 3 warna dominan, yaitu warna hijau tua, hijau muda dan juga memiliki bentuk tubuh yang kecil dibandingkan dengan lovebird lainnya, yang hanya memiliki bobot sebesar 30 gram  saja.

  1. Lovebird Muka Merah

lovebird muka merah

Lovebird ini juga merupakan memiliki asal usul yang berasal dari aFrika bagian tengah sampai barat Ethiopia.

 Untuk warna itu sendiri lovebird nuka merah memiliki warna merah dominan dibagian wajah dan warna hijau dibagian tubuhnya.

  1. Lovebird Olive

burung lovebird olive

Lovebird olive memiliki warna ijo yang terbilang ijo tua atau ijo gelap. Namun, jangan salah, warna ijo dari olive berbeda dengan warna ijo strandar ( ijo Standar ). Dan memiliki warna kuning di bagian lehernya dan untuk muka memiliki warna orange dan terkadang ada yang memiliki warna hitam.

  1. Lovebird Josan ( Ijo Standar )

lovebird josan

Lovebird Josan atau ijo standar merupakan jenis burung labet yang mudah di temukan di Indonesia, karena populasinya cukup banyak yang memperternakannya. Dan tentunya harga lovebird josan cukup murah, sekitar 100.000 sampai dengan 250.000 .

Jenis jenis Lovebird Pastel

Lovebird pastel memiliki banyak warna yang di hasilkan oleh beberapa keturunan dari warna indukannya, atau hasil dari kawin silang antar satu warna dengan warna yang berbeda dan menghasilkan warna lainnya.

Warna pastel secara umum memiliki warna bulu pada lovebird yang terlihat halus dan tidak terlalu mencolok warna dominannya.

  1. Lovebird Pastel Ijo ( Pasjo )

burung lovebird pasjo

Lovebird pasjo atau pastel hijau memiliki warna kuning dan ijo yang menyatu di bagian tubuhnya, sehingga terlihat seperti menyatu antara kedua warna tersebut dan memiliki warna orange di bagian wajah dan lehernya.

  1. Lovebird pastel Biru ( Pasbir)

gambar lovebird pasblu

Pasbir atau pastel biru memiliki warna putih di bagian kepala dan lehernya, sedangkan untuk warna biru lembutnya terdapat di bagian sayap dan tubuh bagian bawahnya dan juga warna hitam di ujung bagian sayap terkadang.

  1. Lovebird pastel Kuning ( Paskun )

gambar lovebird paskun

Sekilas warna paskun dan lutino hampir sama, akan tetapi warna dominan lutino lebih mencolok, antar kuning dan orangenya. Dan untuk Lovebird paskun itu sendiri memiliki warna kuning yang terlihat halus dan tidak terlalu mencolok.

  1. Lovebird Pastel Putih ( Pasput )

gambar lovebird paspun

Pastel putih dan albino memiliki kemiripan, jika lovebird albino memiliki warna putih yang cerah dan memiliki warna mata merah. Sedangkan untuk warna lovebird pasput memiliki warna putih “ kotor” yang terlihat ada beberapa campuran warna lain yang terdapat dari warna putihnya, entah itu memiliki warna samar-samar hijau, hitam dan warna lainnya, tergantung hasil mutasi yang terjadi.

Nah, demikianlah jenis jenis lovebird yang ada di Indonesia dan dunia yang bisa temen-temen kicau mania ketahui untuk menambah wawasan tentang burung labet ini.

Artikel Terkait