lovebird biola

Lovebird Biola. Warna Mewah, Harga Mahal dan Cara Mencetaknya

Posted on

Lovebird warna memiliki nilai harga jual yang cukup mahal dibandingkan dengan harga lovebird lainnya, karena keunikan,keindahan warnanya terlihat mewah menjadi nilai lebih seseorang untuk memeliharanya.

Banyak jenis warna yang memiliki harga yang cukup mahal, seperti lovebird parblu, dan juga lovebird biola yang menjadi pembahasan kali ini.

Sekilas,  biola green memiliki warna terlihat seperti warna josan ( ijo standar ), namun harganya sangat berbeda jauh, dimana harga lovebird josan di bandrol sekitar 100.000, sedangkan lovebird biola memiliki harga jutaan. Selain itu warna dari boila green memiliki motive batik yang indah dan memiliki warna eksotik lainnya antara warna hijau dan warna orange atau sable red.

Dengan melihat harga yang cukup tinggi untuk seekor burung, tentunya hal tersebut menjadi ladang usaha yang cukup menjanjikan yang dapat bisa mendatangkan keuntungan. Misalkan beternak 2 ekor lovebird atau 1 jodoh dengan membutuhkan modal 10 juta rupiah. Maka untuk sekali burung bisa memproduksi 2 ekor anakan lovebird biola saja, maka bisa mengembalikan modal.

Dalam memproduksi lovebird anakan cepat memproduksi banyak anakan, biasanya para peternak lovebird bisa mengekalinya dengan memisahkan lovebird anakan yang berumur 2 minggu dan di bantu loloh sama pemiliknya, agar indukannya cepat bisa bertelur dan berproduksi kembali.

Baca Juga : Cara Beternak Lovebird Agar cepat Bertelur

Jenis-jenis Lovebird Biola

Lovebird biola banyak di kenal orang memiliki warna ijo atau biola green, akan tetapi dengan berbagai inovasi dari para breeder atau peternak mengawinkan lovebird dengan lovebird lainnya dan menghasilkan mutasi warna  unik lainnya. Dan tentunya dari setiap warna biola yang ada, memiliki harga yang berbeda-beda.

Sebelum menjelaskan tentang cara mencetak lovebird biola, maka sebaiknya ketahui terlebih dahulu tentang jenis-jenis lovebird biola.

  1. Lovebird Biola Green

lovebird biola green

Lovebird biola opaline atau biasa di sebut biola strandar memiliki warna yang sekilas mirip dengan lovebird ijo standar.selain memiliki harga yang sangat jauh berbeda, biola memiliki warna yang unik dengan hiasan warna orange atau merah sable di bagian kepala sampai leher  dan memiliki warna hijau dengan motive batik di bagian sayap, dan warna hijau bagian tubuh bawah lainnya.

  1. Lovebird Biola Blue Oveline

lovebird biola biru

Biola blue ovaline atau biasa di sebut juga biola biru memiliki warna sayap biru dengan bermotif batik, dan memiliki warna putih atau sable head, yang sekilas terlihat seperti kepala elang.

  1. Lovebird Biola Euwing

lovebird biola ewing

Lovebird biola euwing memiliki warna yang sama seperti biola green, dimana biola euwing memiliki warna orange atau merah sable di bagian kepala sampai lehernya, dan memiliki warna hijau yang bercampur warna kuning , dan juga memiliki warna corak batik dibagian sayapnya. Namun biola euwing memiliki bentuk sayap menyerupai hurup ” V” yang menjadi ciri khas lovebird euwing. Bukan hanya biola ewing, pada umumnya lovebird ewing jenis lainnya memiliki bentuk sayap menyerupai hurup “ V “ .

  1. Lovebird Biola Lutino

lovebird biola lutino

Lovebird lutino memiliki warna dominan kuning dan merah sable atau orange di bagian kepala hingga lehernya. Warna kuning berada di bagian leher hingga badan bagian bawahnya dan memiliki warna putih di bagian bulu sayap ujungnya. sedangkan untuk warna orange atau merah sablenya terdapat di bagian kepala hingga lehernya.

  1. Lovebird Biola Parblue

Lovebird Biola Parblue

Warna dari lovebird ini cukup jarang di temukan, dan untuk anda yang tertarik yang ingin mencetaknya bisa mengawinkan anakan biola blue dengan partblue betina.

Cara Mencetak Lovebird Biola

Sebelum memulai untuk ternak lovebird biola, maka terlebih ketahui teori tentang dasar kawin silang dari lovebird. Misalkan kalian ternak biola antara green biola jantan dan green biola betina, maka anakan yang dapat dihasilkan merupakan jenis biola , entah itu anakan jantan dan juga anakan betina.

  • Jantan Green Biola X Betina blue fischery

Beda halnya mengawinkan salah satu biola dengan jenis non biola, seperti mengawinkan biola jantan dan betina blue fischery. Maka anakan yang berjenis kelamin betina memiliki warna biola, sedangkan anakan dari hasil kawin silang, maka anakan jantan memiliki warna hijau standar ( josan ), atau biasa di sebut juga biola split.

Jadi ketika kalian ingin mengawinkan biola green jantan dengan blue Fishchery betina akan menghasilkan biola dan split.

  • Betina Green Biola X Jantan blue fischery

Namun , bagaimana hasilnya ketika perkawinan silang tersebut sebaliknya, dimana biola green betina di kawinkan dengan lovebird blue Fishchery jantan. Maka warna anakan yang dapat di hasilkannya tersebut memiliki warna ijo standar ( josan ), namun untuk anakan josan dari betina akan terputus Gen biolanya, sedangkan untuk anakan hijau standar dari pejantan tetap memiliki Gen Split.

  • Split Blue X Ewing Blue

Untuk menghasilkan warna biola ewing, maka bisa dengan mengawinkan antara Ewing blue dengan Split Blue.

  • Biola Lutino X Blue Fischery

Dengan mengawinkan blue Fischery betina dan biola lutino jantan maka akan bermungkinanan besar menghasilkan anakan jantan split blue dan split biola.

blue fischeri dan lutino biola

Gambar blue fischeri dan lutino biola

 

Harga Lovebird Biola

Jenis Lovebird BiolaHarga
Biola Parblue12 sampai 14 juta
Biola Green Jantan15 Juta
Biola Green Betina7 Juta
Biola Biru15 Juta
Biola Euwing15 Juta
Biola Lutino11,5 Juta
Split Biola7 sampai 12 Juta
Split Blue 7 sampai 12 Juta

Harga di atas sewaktu-waktu dapat berubah sesuai dengan daerah dan hal-hal lainnya yang dapat mempengaruhinya, seperti Grade A, Grade B, Grade C dan berbagai hal lainnya.