Tempat yang Cocok untuk Ternak Lovebird

Dimana Tempat yang Cocok untuk Ternak Lovebird ? Inilah Penjelasannya

Posted on

Kicaumania.net – Sebagian dari kicau mania tentunya masih bingung untuk beternak lovebird di dalam ruangan atau di luar ruangan/ruangan terbuka, karena mungkin melihat banyak peternak lovebird yang beternak lovebird di kedua ruangan tersebut.

Setiap ternak lovebird menggunakan kandang di luar atau di dalam ruangan memiliki kelebihan masing-masing.

Pada dasarnya, lovebird merupakan jenis burung yang mudah untuk beradaptasi, seperti di pelhiara di dalam ruangan atau di luar ruangan, dan bahkan bisa dengan mudah di pelihara di tempat yang berbeda dari tempat sebelumnya, dan burung bisa hidup dengan baik.

Cara Memilih Tempat yang Cocok untuk Ternak Lovebird

 Ada 2 jenis kandang yang bisa kalian gunakan untuk memulai beternak lovebird, yakni kandang ternak batery dan kandang koloni, dan tentunya untuk menggunakan kandang, bisa di sesuaikan dengan kebutuhan, biaya yang di miliki dan lain sebagainya.

Baca Juga : Cara Ternak Burung Lovebird Agar Cepat Bertelur Untuk Pemula Yang Benar

  1. Ternak di dalam Ruangan

kandang ternak battery lovebird

Untuk ternak lovebird didalam ruangan bisa menggunakan kandang Battery dan juga kandang koloni, dan yang harus di perhatikan ketika ternak lovebird di dalam ruangan, diantaranya :

Lihat Juga : Ciri-ciri Lovebird Jantan dan Betina

  • Gunakan ruangan kosong, seperti kamar dan ruangan khusus untuk ternak
  • Memiliki sirkulasi udara yang balik. Sirkulasi udara masuk dan keluar
  • Berikan Pencahayaan yang baik, sehingga sinar matahari pagi dan sore bisa masuk ke dalam kandang ternak, dari atap ruangan ( di rekomendasikan )
  • Jika terdapat beberapa kandang ternak, sebaiknya di berikan sekat dan jarak antar kandang ternak, sehingga tidak saling melihat antar pasangan lovebird
  • Gunakan lampu UV ( Ultraviolet ) sebagai ganti pencahayaan, jika ruangan tidak terkena sinar matahari. Karena, sinar UV sangat bagus untuk membantu penyerapan kalsium pada tubuh burung
  • Bersihkan ruangan secara rutin, karena udara ternak di dalam ruangan tidak sebebas di luar ruangan untuk mencegah burung sakit karena pernafasannya terganggu oleh sirkulasi udara yang buruk
  1. Ternak diluar Ruangan

kandang koloni lovebird

Untuk ternak di luar ruangan tentunya, kandang koloni menjadi salah satu jenis kandang yang bisa di pakai, untuk ukurannya sendiri bisa di sesuaikan dengan kebutuhan, seperti jumlah burung yang akan di ternak dan hal lainnya.

Lihat Juga : Penyebab dan Cara Mengatasi Lovebird Turun Tangkringan

Untuk kebutuhan lainnya tidak jauh berbeda untuk beternak lovebird diluar ruangan, seperti pencahayaan dari sinar matahari dan menjaga kebersihan kandang.

Selain itu, pastikan juga kondisi kandang, agar ketika turun hujan tidak membanjiri kandang, glodok dan sarang burung.

untuk beternak lovebird sebenarnya sama saja, hanya kebutuhan kesehatan burung terjaga dengan baik, dengan mengkondisikan kandang ternaknya baik untuk kesehatan burung, seperti yang telah kami sampaikan pada penjelasan di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *