cara meningkatkan birahi burung kacer

Cara Meningkatkan Birahi Burung Kacer Jantan dan Betina Agar Stabil

Posted on

Menjaga birahi burung kacer agar stabil memang menjadi salah satu hal yang harus di pertahankan, entah itu burung kacer di pelihara sebagai hiasan rumah, burung kacer lomba dan burung kacer untuk ternak.

Banyak hal yang bisa di untungkan ketika birahi burung kacer menjadi stabil, seperti burung menjadi aktif dan rajin berkicau, dan birahi yang stabil juga dapat bepengaruh baik ketika di ternakan, entah itu untuk indukan jantan dan juga indukan kacer betina.

Cara Meningkatkan Birahi Burung Kacer

Dalam tips pada penjelasan artikel ini dalam menstabilkan birahi kacer, berlaku untuk jantan dan betina, karena pada dasarnya, entah itu kacer betina dan kacer memiliki karakter yang sama, hanya saja ketika birahi kacer berkurang memiliki perilaku yang berbeda-beda, meskipun pada dasarnya sama saja.

Baca Juga : Cara Ternak Burung Kacer Agar Cepat Kawin dan Bertelur ( TERLENGKAP )

Untuk menambah birahi burung kacer yang kekurangan birahi agar stabil ada beberapa cara, seperti mengatur pemberian pakan, penjemuran dan cara lainnya yang sebentar lagi akan sobat Kicaumania.net  ketahui dengan membaca penjelasan di bawah ini sampai selesai.

  1. Ekstafooding

 Ekstrafooding memiliki kandungan protein yang tinggi yang bisa meningkatkan stamina burung meningkat, sekaligus dapat meningkatkan birahi kacer.

Dalam pemberian pakan kacer dari ektrsfooding ini memang perlu hati-hati, karena jika jumlahnya di berikan terlalu berlebihan akan membuat kacer menjadi over birahi, namun sebaliknya tidak kekurangan birahi akan membuat kacer kurang birahi dan drop staminanya.

Baca Juga : Cara Merawat Burung Kacer Over Birahi Agar Stabil Kembali

Untuk itu perlu di sesuaikan terlebih dahulu dengan kebiasaan burung kacer itu sendiri. Misalkan, selama ini kacer di berikan 3 ekor jangkrik, maka agar birahinya naik, maka tambahkan 4 – 5 ekor.

Dan jika birahinya sudah terlihat naik dan stabil, maka pertahankan jumlah pakan jangkrik tersebut dan jangan mengantinya.

Selain itu, setiap 1 -2 minggu sekali berikan kroto 1 sendok teh, guna untuk mendrongkrak stamina kacer.

Pakan yang bisa di berikan pada kacer diantaranya :

  • Jangkrik
  • Kroto
  • Belalang hijau
  • Ulat hongkong
  • Ulat bambu

  1. Jemur Lebih Lama

Kurang lama dalam penjemuran, bisa membuat kacer kurang birahi, untuk itu untuk durasi penjemuran perlu di tambah.

Baca Juga : Tips Membuat Burung Kacer Agar Selalu Tampil Maksimal

Jika sebelumnya burung kacer dijemur selama 1 jam, maka durasi penjemuran di tambah 1,5 – 2 jam, jika sudah menemukan durasi lamanya penjemuran yang tepat, maka pertahankan durasi penjemuran tersebut dan jangan merubah-rubah.

  1. Mendekatkan jantan dan Betina Kacer

Ketika umur burung kacer sudah mapan atau dewasa, maka hasrat untuk berdekatan dengan lawan jenisnya akan muncul.

Dan ketika burung kacer sedang kurang birahinya di dekatkan dengan lawan jenisnya, maka secara tidak langsung dapat menaikan birahi burung kacer. Bukan hanya dapat menambah birahi burung kacer jantan, namun birahi burung kacer itu sendiri akan naik.

Lakukan cara menaikan birahi burung kacer yang telah kami sampaikan di atas dengan cara yang rutin dan konsisten, nanti lambat laun, burung kacer jangan dan burung kacer betina akan naik dan stabil kembali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *