burung kacer tampil maksimal

Tips Membuat Burung Kacer Agar Selalu Tampil Maksimal

Posted on

Memelihara burung kacer, memang sangat beragam, ada yang memilihara untuk lomba kicauan atau ada juga yang memelihara dirumah sebagai hiasan.

Namun, apapun tujuannya, membuat burung kacer berkicau dengan merupakan hal penting untuk dimiliki oleh burung tersebut, karena itulah burung kacer bisa dibilang merupakan jenis burung kicauan.

Berkicara tentang kicauan, dalam hal memelihara burung kacer tentunya perlu di bedakan antara perawatan di rumah dan perawatan burung untuk lomba.

Misalkan rekan-rekan merawat burung kacer untuk rumahan, ya tentunya setiap harinya burung harus rajin berkicau, dengan pola perawatan tertentu, seperti mengatur asupan pakan ekstrafooding dan perawatan harian lainnya dengan konsisten.

Berbeda halnya merawat burung lomba, perlu penyesuaian tertentu, seperti merawat burung kacer menjelang lomba, saat lomba, perawatan setelah lomba, hingga perawatan harian diluar jam lomba.

Nah, agar burung bisa tampil optimal, entah itu burung kacer rumahan atau burung lomba, maka berikut adalah tips untuk membuat kacer selalu tampil maksimal.

Tips Membuat Burung Kacer Agar Selalu Tampil Maksimal

Burung kacer bisa tampil dengan optimal, tidak luput dari peranan perawatan harian, karena jika tidak di rawat dengan tepat,maka burung tidak bisa mengeluarkan kemampuan terbaiknya.

  1. Memelihara Kacer Lebih dari satu

Memelihara kacer terkadang para kacermania memelihara lebih dari satu, namun penting untuk di perhatikan, bahwa burung kacer merupakan jenis burung fighter dan memiliki teritorial, sehingga burung akan risih ketika dilingkungan teitorialnya ada burung lainnya.

Jika terlalu sering menyimpan burung kacer gacor dirumah, dengan jarak yang dekat antara satu dan lainnya, maka akan membuat salah satunya kalah mental dan menjadi males bunyi.

Begitu juga burung lomba, maka ketika sering di simpan di tempat yang berada burung kacer lainnya di rumah, maka ketika di tempat lomba burung tidak akan bisa tampil maksimal.

Lihat juga : Penyebab dan Cara Mengatasi Burung Stres

download suara burung

Berbeda halnya jika anda memelihara burung kacer gacor dan burung kacer yang belum gacor dan memiliki mental yang biasa saja sebagai untulan yang di simpan di rumah anda dengan jarak berdekatan, untuk meningkatkan mental burung kacer yang akan di ikut lombakan, sehingga tampil lebih percaya diri, karena sering mengintimidasi kacer untulan tersebut dan membuatnya menjadi lebih percaya diri.

  1. Ketersediaan Pakan

Ketersediaan pakan yang berkualitas bisa membuat burung bisa tampil dengan optimal, maka peranan penting dari asupan pakan yang lengkap membuat burung memiliki birahi yang cukup, sehingga rajin berkicau.

Jika rekan-rekan memelihara kacer rumahan, tinggal setting pakan dari ekstrafooding, maka akan membuat burung rajin berkicau, karena pakan tersebut memiliki kandungan protein yang tinggi yang dapat burung birahi.

Namun, berbeda halnya dengan burung untuk lomba, pemberian pakan dari ekstrafooding perlu di sesuaikan, ketika burung saat di rumah, sebelum lomba, saat lomba, hingga setelah lomba.

  1. Jauhkan dari Infeksi Kutu

Burung kacer meskipun memiliki banyak keunggulan yang menjadikan para kacermania untuk memeliharanya, akan tetapi burung ini juga rentan terkena infeksi kutu yang di sebabkan oleh kandang yang kotor atau menular dari burung lainnya.

Ketika burung kacer sudah terkena serangan infeksi kutu, maka akan membuat penampilannya menjadi terganggu, seperti burung menjadi macet bunyi dan stres.

  1. Mandi Malam

Mandi malam perlu untuk dilakukan, jika kacer rekan-rekan sedang mengalami over birahi. Birahi yang terlalu tinggi dari pemberian pakan ektrafooding bisa membuat burung menjadi tidak bisa berkicau dengan baik, maka jika sudah terlihat tanda-tanda burung over birahi maka tinggal mandikan saja pada malam hari.

Namun, jika mandi malam belum bisa menurunkan birahi burung kacer, maka bisa melakukan tahapan lainnya, seperti yang telah di bahas sebelumnya pada artikel ini, Lihat : Cara Mengatasi Burung Kacer Over birahi .