burung kacer drop mental

Cara Mengatasi Burung Kacer Yang Drop Mental dan Stamina

Posted on

Suara kencang dengan berbagai macam vareasi kicauan, serta sifat fighter dan agresif menjadikan burung kacer memiliki banyak peminatnya.

Namun, dari berbagai macam kelebihan tersebut seakan menyisakan persoalan tersendiri, karena saking memiliki sifat teritorial dan sifat fighternya, ketika di dekati oleh burung lain di dekat sangkarnya, bisa membuat burung tersebut menjadi banyak berkicau dan semakin aktif bergerak yang bisa menguras energy dan stamina burung itu sendiri.

Bayangkan saja, dalam setiap harinya burung kacer periharaan rekan-rekan di dekatkan dengan kacer lainnya, dan tentunya akan membuat kedua kacer akan saling mengintimidasi satu sama lain dengan kicauan dan gayanya sendiri, dan biasanya salah satu kacer akan drop mental hingga macet bunyi dan kedua kacer tersebut akan cepat mudah habis staminanya.

Bukan hanya itu saja, penyebab kacer menjadi drop mental dan stamina di pengaruhi oleh berbagai macam hal lainnya, jadi sebisa mungkin rekan-rekan sudah mengetahui tentang penyababnya, sehingga tidak salah dalam merawatnya.

Penyebab Burung Kacer Drop Mental dan Stamina

Burung kacer rumahan atau burung lomba tentunya ketika rajin berkicau setiap hari menjadi hal yang paling di inginkan, dan dari seringnya berkicau juga akan menguras energynya. Maka dari itu dalam setiap harinya jauhkan burung kacer tersebut yang dapat menguras energy lainnya yang tidak di perlukan, cukup di habiskan untuk berkicau saja energynya.

download suara burung

  • burung kacer yang sering di dekatkan dengan jenis burung fighter lainnya, bisa membuat burung ngedrop mental dan stamina, jadi sebisa mungkin setiap hari jauhkan dari burung fighter, seperti kacer, burung murai batu, tledekan
  • burung kekurangan energy dan pola perawatan yang tidak teratur, cenderung asal-asalan merawatnya
  • kurang asupan nutrisi yang cukup, terutama kekurangan asupan protein
  • sering dimaster dengan suara yang terlalu keras
  • kacer kurang di jemur, terutama pagi hari
  • burung sedang dalam keadaan kurang fit, seperti adanya infeksi, gangguan pencernaan atau bahkan sedang mabung
  • karakter bawaan dari lahir

setiap penyebab, tentunya berbeda-beda yang membuat kacer rekan-rekan menjadi drop mental dan stamina. Namun, apapun itu penyebabnya, maka segera lakukan tips dibawah ini untuk mengatasinya.

Cara Mengatasi Burung Kacer Drop Mental dan Stamina

Dalam hal mengembalikan mental dan stamina yang drop tentunya, pilih terlebih dahulu menjadi suatu hal yang penting untuk dilakukan, jadi sebisa mungkin jangan di ikut lombakan terlebih dahulu hingga burung sudah benar-benar dalam kondisi terbaiknya.

  • Simpan burung di tempat yang nyaman dan jauh dari burung fighter lainnya, seperti kacer, murai batu, cendet, nuri dan burung sejenis lainnya
  • Ketika di simpan di tempat yang nyaman, rekan-rekan bisa sambil memutar suara terapi alam atau suara kacer betina ( Download Suara Kacer Betina )
  • Berikan multivitamin setiap harinya, untuk membantu proses pemulihannya
  • Lakukan pengembunan pada padi hari, dengan memposisikan sangkarnya menghadap sinar matahari ketika matahari mulai terbit
  • Pakan ekstrafooding ditambah, terutama ulat dan jangkrik
  • Setiap hari, burung di simpan di kandang umbaran selama 1 sampai 2 jam

Dengan melakukan perawatan rutin setiap harinya seperti tips yang telah disampaikan diatas, lambat laun burung kacer akan pulih kembali seperti sedia kala.

Selamat mencoba.