menyiapkan burung kacer lomba

Tips Menyiapkan Burung Kacer Sebelum Lomba Agar Tampil Maksimal

Posted on

Melombakan burung kacer dan berharap bisa tampil yang maksimal dan burung tidak mudah Mbagong ketika dilombakan merupakan hal yang di idam-idamkan pemiliknya.

Dan tentunya, agar burung kacer bisa tampil dengan optimal ketika di arena lomba, burung membutuhkan stamina yang bagus dan memiliki mental yang baik, sehingga bukan hanya berkicau saja, akan tetapi burung memiliki kepercayaan diri yang bagus untuk bertanding dengan puluhan burung kacer gacor lainnya.

Mempersiapkan burung kacer memang membutuhkan perhatian khusus dari pemiliknya, mulai dari perawatan sebelum lomba, saat lomba hingga pasca lomba berlangsung.

Tips Menyiapkan Burung Kacer Sebelum Lomba

Hal yang pertama sebelum mempersipkan burung kacer sebelum lomba adalah dengan memfokuskan burung nanti saat di arena lomba agar rajin berkicau, dan tentunya untuk beberapa hari burung akan di rubah pola perawatannya dari sebelumnya.

Jika burung kacer rumahan agar sering berkicau setiap harinya dengan seting perawatan dan pakan, maka untuk mempersiapkan kacer untuk lomba maka untuk beberapa hari, burung sengaja di buat untuk tidak sering berkicau, sehingga tenaga dan mentalnya sengaja di persiapkan untuk di arena lomba.

download suara burung

Lihat Juga : Cara Mengatasi Burung Kacer Yang Drop Mental dan Stamina

Hal terpenting dalam merawat burung kacer menjelang lomba adalah dengan menjaga birahinya stabil, namun H-6 di usakan meredam emosinya dan sehingga burung tidak mengeluarkan banyak energynya hingga H- 1.

  • Sehari sebelum lomba, burung kacer dikurangi asupan pakan dari ekstrafooding,dan hanya memberikan jangkrik sebanyak 2 ekor saja. Agar burung tidak mengeluarkan kicauan pada siang hari, melakukan aktifitas yang tidak perlu,galak terhadap burung lain, atau agresif pada pemiliknya karena terlalu birahi. Sehingga ketika menjelang lomba, burung memiliki stamina yang terjaga dan terbuang sebelum lomba berlangsung
  • Setiap 1 sampai seminggu sekali berikan pakan kroto sebanyak 1 sendok teh untuk emndrongkrak stamina kacer
  • Menjelang sore hari H-1 , burung di berikan jangkrik sebanyak 10 ekor, atau lebih dari juga tidak apa-apa, dan bahkan ada kacermania yang memberikannya hingga 50 ekor
  • Perhatikan pada malam hari, jika burung terlihat over birahi karena pemberian pakan jangkrik yang cukup banyak, maka tinggal mandi malam saja kacernya, dan gunakan krodong hingga pagi hari agar burung bisa beristirahat dengan cukup

Ketika sudah sampai di tempat lomba, rekan-rekan bisa memberikan pisang dan 1 ekor jangkrik, atau di cas dulu kacer betina atau bahkan membuka krodong ketika burung akan di gantang.