agar suara perkutut jernih

Jamu untuk Menggacorkan dan Menjernihkan Suara Burung Perkutut

Posted on

Mendengarkan suara burung perkutut bunyi memang terasa menyenangkan, terlebih burung perkutut tersebut suara anggungan yang merdu dan jernih.

Ya, kejernihan dari suara perkutut memang menjadi nilai lebih tersendiri dan lebih indah di dengar apapun karakter suaranya.

Burung perkutut memiliki karakter tersendiri sesuai jenis dan dan karakter burung itu sendiri, seperti karakter suara cempreng, suara kecil, suara besar, ada yang memiliki tempo suara lambat dan tempo yang cepat.

Cara Menjernihkan Suara Perkutut

Salah satu bahan alami yang bisa di berikan pada perkutut untuk menjernihkan suaranya adalah daun saga.

Lihat Juga : Ciri-ciri Perkutut Jantan dan Betina

Daun saga memiliki kandungan glycyrrhizins , dimana daun saga tersebut sering di gunakan oleh masyarakat indonesia sebagai obat untuk mengatasi amandel, mengatasi serak dan mengobati sariawan.

Untuk membuat jamu dari daun saga bisa dengan memilih daun saga yang masih muda, lalu di buat butiran kecil ke ukuran biji kancang hijau atau dengan cara memeras air daun saga.

Lihat Juga : Cara Merawat Piyik Perkutut

Untuk memberikan butiran daun saga pada perkutut, cukup di berikan sebanyak 5 butir dengan cara melolohnya.

Dan jika menggunakan perasan daun saga, cukup di berikan 5 tetes saja, dengan cara meloloh atau mencampurkan ke dalam air minum minumnya.

Berikan jamu daun saga pada perkutut dengan cara berturut-turut selama 3 hari, lalu di hari ke 4, berikan terasi sebanyak 3 butir biji kacang hijau dengan cara melolohnya.

Baca Juga : Manfaat Kencur dan Merica untuk Perkutut

Untuk minggu ke depannya, jamu dari daun saga dan terasi di berikan cukup seminggu sekali saja sebagai asupan pakan tambahan dan juga untuk membuat suara burung jernih dan rajin manggung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *