cucak ijo jantan dan betina

Ciri-ciri Perbedaan Cucak IJo Jantan dan Betina Trotolan/Muda yang Akurat

Posted on

Untuk mengetahui perbedaan jenis kelamin jantan dan betina burung cucak ijo memang sangat penting karena dari sisi suara jantan dan betina memiliki kualitas suara yang berbeda-beda.

Untuk mengetahui perbedaan jantan dan betina cucak ijo yang sudah dewasa sangat mudah untuk dilakukan, dimana perbedaannya sangat terlihat jelas pada bagian muka, dimana pada bagian wajah jantan memiliki warna bulu hitam atau biasa di sebut juga nopeng/ topeng, sedangkan untuk betina tidak memiliki hal tersebut.

Daftar Isi

Cara Membedakan Cucak Ijo Jantan dan Betina Trotolan/Muda

Kemudahan dalam membedakan cucak ijo yang sudah dewasa bisa dilihat dari warna ada bagian muka, namun untuk cucak ijo yang masih trotolan atau yang masih muda, penampilan jantan dan betina sangat mirip dan cukup sulit untuk di bedakan, untuk itu bagi seorang pemula yang belum berpengalaman akan sulit untuk mengetahuinya.

Lihat Juga : Suara Cucak Ijo Gacor Full Isian mp3

Ciri-ciri Cucak Ijo Jantan dan Betina Trotolan/Muda 

  1. Bulu Alis Cucak Ijo

Cucak ijo trotolan memiliki warna alis, dan untuk warna alis jantan bewarna kuning tua, sedangkan warna alis betina bewarna kuning keputihan atau kuning pudar. Warna kuning pada alis cucak ijo muda, semakin dewasa akan berubah, dimana untuk jantan akan berubah menjadi warna hitam mengkilap hingga bagian leher, sedangkan untuk betina warna kuning pada alisnya akan berubah menjadi putih.

  1. Paruh Cucak Ijo Trotolan

Paruh cucak ijo jantan trotolan memiliki warna coklat yang kehitam-hitaman, dan ketika sudah dewasa, warna paruhnya akan full hitam. Untuk paruh betina trotolan bewarna putih yang kehitaman.

Baca Juga : Cara Mengatasi Cucak Ijo Sakit

  1. Paruh Bawah

Cekukan paruh pada bagian bawah jantan dan betina berbeda, dimana paruh bagian bawah betina berbentuk hurup “ U “, dan untuk jantan paruh bawahnya berbentuk hurup “ V “ .

  1. Bulu Leher Cucak Ijo

Cucak ijo yang masih muda, wana bulu pada bagian lehernya bewarna kuning tua, sedangkan ketika sudah dewasa, warna kuning tua tersebut akan berubah menjadi warna hitam.

Lihat Juga : Cucak Ijo Banyuwangi: Ciri-ciri, Harga, dan Perawatannya

Untuk betina yang masih trotolan, warna bulunya bewarna kuning yang keputih-putihan dan ketika sudah dewasa warna kuning tersebut akan berubah menjadi warna putih.

  1. Supit Udang Cucak Ijo

Supit udang jantan rapat dan keras, dan untuk tulang supit betina cucak ijo trotolan renggang dan lunak.

Baca Juga : Racikan Jamu untuk Cucak Ijo

  1. Kaki Cucak Ijo Trotolan

Ketika masih muda atau trotolan, kaki jantan terlihat basah, dan ketika sudah dewasa, kakinya akan berubah menjadi kering atau bersisik.

Jadi, ketika cucak ijo yang memiliki kaki kering, namun belum memiliki topeng/nopeng besar kemungkinan besar berjenis kelamin betina.

Lihat Juga : Ciri-ciri Cucak Ijo Mini

Demikianlah penjelasan mengenai ciri-ciri perbedaan cucak ijo jantan dan betina trotolan atau yang masih muda dengan melihat ciri-ciri fisiknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *