kacer tipe panas

Tips Perawatan Kacer Tipe Panas Harian dan Lomba

Posted on

Burung kacer memiliki karakter yang agresif dan sifat teritorial, dengan karakter tersebut ditambah dengan suara kicauan yang bagus, burung ini sering digemari oleh sebagian besar kicau mania Indonesia.

Ada 2 jenis karakter yang di bedakan dari burung kacer, seperti kacer tipe panas dan kacer tipe dingin.

Dengan membagi 2 jenis karakter kacer tersebut guna untuk membedakan dalam perawatannya, karena kacer tipe panas dan kacer tipe dingin memiliki perawatan yang berbeda-beda sesuai dengan karakternya tersebut.

Daftar isi

Karakter Kacer Tipe Panas

Kacer tipe panas memiliki karakter, yang dimana burung ini lebih mudah terpancing untuk bunyi, selain itu kacer berkarakter tipe panas juga mudah naik birahinya. Untuk itu, dalam perawatan kacer tipe panas perlut perawatan yang tepat, agar kacer tipe panas tersebut tidak over birahi.

Baca Juga : Cara Mengatasi Kacer Mbagong

Ciri-ciri Kacer Tipe Panas

Untuk mengetahui tentang perbedaan kacer tipe panas dan tipe dingin, maka anda bisa melihat ciri-cirinya kacer tipe panas, seperti:

  • Kacer bertipe panas merupakan jenis kacer yang suka mandi, dan ketika kacer ini dimasukan ke keramba, maka burung akan langsung mandi sendiri
  • Tidak suka jika di jemur dalam durasi yang lama
  • Sifatnya sangat agresif, terutama ketika mendengar kacer lain, maka kacer tipe panas akan langsung mengeluarkan suara isian dan buka ekor
  • Biasanya ketika saat naik ke gantangan, kacer tipe panas cenderung akan langsung ngeruji
  • Untuk beberapa kasus, kacer bertipe panas akan mudah capek, ngebalon atau ngebagong
  • Burung akan mudah lelah dan capek ketika di gantangan, karena terlalu bersemangat di awal lomba

Lihat Juga : Cara Melatih Mental Kacer Bakalan

Cara Merawat Kacer Tipe Panas

Agar mental dan kualitas suara burung bagus ketika di rumah dan pada saat lomba, burung kacer perlu perawatan khusus agar bisa selalu tampil dengan optimal dan sehat.

  1. Untuk menjaga kestabilan birahi, burung di embunkan setiap harinya, karena kacer tipe panas mudah naik birahi, maka pengembunan bisa menjadi cara untuk mencegah dan mengatasi kacer menjadi over birahi
  2. Mandikan secara rutin, dan mandikan menggunakan keramba
  3. Maksimal 15 menit penjemurannya setiap hari
  4. Untuk menjaga energi dan kualitasnya, burung di krodong pada siang dan sore hari
  5. Setiap pagi burung di berikan 3 -5 ekor jangkrik, ulat hongkong 2 -3 ekor di berikan pada pagi dan sore hari, sedangkan untuk pakan dari ulat bambu dan cacing cukup di berikan seminggu sekali untuk menstabilkan birahinya
  6. Air minum bersih harus di ganti setiap harinya

Lihat Juga : Jenis Kacer dan Kelebihannya

Demikilanlah settingan kacer tipe panas agar burung memiliki mental dan stamina yang bagus, sehingga mampu mengeluarkan suara terbaiknya.

Dan untuk mendapatkan hasil yang optimal, burung di rawat dengan cara konsisten, hingga kemampuan dan penampilan burung terus baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *