burung kacer bakalan

Cara Melatih Mental Burung Kacer Bakalan Agar Bermental Jawara

Posted on

Dalam merawat burung kacer yang masih bakalan atau anakan memang berbeda dengan merawat burung kacer yang sudah dewasa, karena biasa jika tidak dirawat dengan cara yang tepat, maka akan membuat burung mudah drop, stres, karena perilakunya cenderung lebih mudah berubah-ubah.

Memiliki kacer dewasa dan bakalan memang memiliki keunggulan tersendiri, terutama bagi yang ingin menghemat biaya, karena membeli bakalan kacer lebih murah di bandingkan dengan yang sudah dewasa dan gacor.

Namun, bagi sebagian orang, memelihara burung kacer bakalan memiliki nilai seni tersendiri, dimana dipelihara dari anakan hingga dewasa memiliki kepuasan tersendiri dibandingkan dengan memiliki yang sudah dewasa.

Cara Melatih Mental Burung Kacer Bakalan

Agar burung tidak mudah stres ketika di rawat, maka ada beberapa hal yang penting untuk di perhatikan, salah satunya membuat jinak dan hal lainnya, karena mengkipun burung sudah dipeliahara di pengangkaran ( terbiasa dengan manusia ) , namun burung kacer bakalan masih saja rawan stres.

Meyiapkan Burung Kacer Bakalan :

  • Gunakan sangkar yang lebih kecil dari sangkar yang seharusnya untuk kacer, guna untuk meredam burung tidak mengeluarkan banyak gerak, sehingg nantinya akan tenang
  • Gunakan karpet di bawah sangkarnya, jika suatu saat burung sering loncat karena ketakutan, maka tidak akan melukai tubuhnya
  • Biasakan berikan pakan voer
  • Gunakan 1 tenggeran/tangkringan saja untuk melatih burung bertengker di sangkarnya

Lihat Juga : Cara Menjinakan Burung Kacer

Perawatan Burung Kacer Bakalan

  1. Pengembunan dan memandikan

Pada pagi hari, burung kacer di keluarkan untuk di embunkan sambil memberikan pakan kroto sebanyak 1 sendok teh, namun lokasi penyimpanannya jauhkan dari burung sejenis lainnya

download suara burung

Mandikan burung menggunkan sprey atau dengan keramba. jika menggunakan sprei semprot secara halus saja , namun jika burung dimandikan di keramba biarkan sepuasnya burung tersebut mandi

  1. Menjemur Kacer Bakalan

Setelah dimandikan, burung di simpan di keramba untuk di jemur, sambil memberikan beberapa pakan jangkrik yang di lemparkan oleh tangan anda. Menggunakan tangan guna untuk melatih burung, agar terbiasa mendapatkan makanan yang diberikan oleh tangan pemiliknya.

Penjemuran burung kacer bakalan di kandang umbaran dapat melatih mentalnya, sehingga ketika di jemur, burung akan mandi pasir/kipu ketika sedang berjemur di bawah sinar matahari.

Selain itu, ketika kacer mandi pasir ketika berjemur, dapat membantu dalam menghilangkan parasit yang menempel pada tubuh burung

Setelah madi dan di jemur, masukan burung kacer tersebut ke sangkar hariannya, dan simpan di tempat yang teduh sambil memberikan pakan jankrik sebanyak 3 sampai 5 ekor dan 1 sendok teh kroto dan juga ulat hongkong sebanyak 1 sampai 2 ekor.

  1. Perawatan siang dan sore hari

Setelah burung kenyang dan capek setelah rawat dengan cara dimandikan, menjemur dan lain sebagainya, maka biarkan burung beristirahat pada siang hingga sore hari, dengan mengkorodng sangkar harinnya.

Sambil mengkrodong sangkar hariannya, burung dimaster dengan menggunakan suara kacer yang berkualitas baik, yang bisa di download dari halaman ini , Lihat : Download Suara Burung Kacer Gacor Mp3 .

Ketika sudah sore hari, buka krodongnya sambil memberikan pakan tambahan dan menjelang malam, krodong kembali sangkarnya agar burung bisa beristirahat dengan cukup pada malam hari.