cara membedakan burung kacer jantan dan betina

Perbedaan Burung Kacer Jantan dan Betina Trotolan dan Dewasa

Posted on

Memilih jenis kelamin tertentu untuk di pelihara dari burung kacer menjadi salah satu hal yang di perhitungkan, karena kemampuan dalam hal berkicau, burung kacer jantan memiliki vareasi suara yang banyak, keras.

dan tidak kalah penting adalah burung kacer memiliki sifat teritorial dan memiliki mental fighter.

Sebenarnya burung kacer jantan dan betina memiliki peranan yang memiliki keterkaitan yang baik untuk di pelihara, dan juga ketika rekan-rekan ingin memiliki kacer jantan, maka sebaiknya pelihara kacer betina juga agar burung bisa tampil dengan optimal.

Toh, ketika jantan kacer sudah berkicau dengan baik, maka tentunya beternak merupakan cara yang tepat untuk mengembangbiakannya, dan menghasilkan anakan yang berkualitas juga.

Dalam hal membedakan burung kacer yang masih trotolan dan dewasa memiliki perbedaan tersendiri. Karena burung yang masih anakan memiliki banyak kemiripan, entah itu suara kicauannya dan warna bulunya, sedangkan kacer dewasa lebih mudah untuk di bedakan jenis kelaminnya.

Cara Membedakan Burung Kacer Jantan dan Betina Dewasa

Untuk membedakan kacer betina dan jantan yang sudah dewasa sebenarnya tidak terlalu sulit, hanya dengan dari warnanya saja, rekan-rekan sudah bisa mengetahui jenis kelamin apa yang dimiliki oleh burung kacer tersebut.

Warna kacer jantan memiliki warna hitam yang pekat di bagian tubuh atas dan lehernya, sedangkan untuk kacer betina memiliki warna hitam yang pudar dan tidak cerah ( cenderung warna keabu-abu ).

Selain itu, untuk kemampuan berkicau tentunya kacer jantan sering berkicau dengan kemampuan berkicau yang bervareatif dan keras, sedangkan untuk kacer betina jarang berkicau, meskipun berkicau suaranya terdengar monoton dan cenderung suara panggilan.

Untuk Mngetahui suara jantan dan betina burung kacer, bisa melihatnya di halaman ini : Suara Burung Kacer Jantan dan betina .

Jika masih belum cukup meyakinkan rekan-rekan untuk mengetahui kacer jantan dan betina pada penjelasan diatas, maka rekan-rekan kicaumania bisa dengan melihat bagian kloakanya, dimana kloaka jantan lebih kecil dan memanjang, sedangkan kloaka betina kacer lebih lebar dan besar.

Perbedaan Burung Kacer Jantan dan Betina Trotolan

gambar burung kacer jantan
gambar burung kacer jantan

Mungkin sebagian dari rekan-rekan sudah bisa dengan mudah untuk membedakan kacer dewasa, namun masih kesulitan untuk membedakan yang masih trotoralan karena perbedaannya tidak terlalu mencolok.

  1. Kepala Kacer Trotolan

Perhatikan kepala kacer trotolan jantan, dimana bentuk kepalanya lebih ceper/rata dan berbentuk persegi dibandingkan dengan betina.

  1. Paruh kacer trotolan

Paruh kacer bagian bawah dan bagian atas memiliki warna hitam, terutama warna hitam di bagian paruh yang berbentuk “Λ” .

  1. Bulu bagian punggun kacer trotol

Warna bulu kacer trotolan pada dasarnya memiliki warna hitam, akan tetapi untuk bulu atas kacer jantan memiliki warna hitam legam, sedangkan untuk kacer bitana memiliki warna hitam cerah dan bercampur warna abu-abu dan coklat.

  1. Gaya berdiri dan bentuk tubuh

Bentuk tubuh dan gaya berdiri burung kacer jantan memiliki bentuk tubuh yang lebih langsing, bidang dan tegap ketika berdiri, sedangkan untuk betina memiliki bentuk tubuh yang bulat.

Selain itu, ada beberapa kacermania yang meyakini burung kacer jantan trotolan memiliki totol 1 sampai 2 di bagian lidahnya di yakini merupakan berjenis kelamin jantan.

Nah, demikianlan penjelasan kali ini kami sampaikan untuk rekan-rekan kacer mania untuk mengetahui perbedaan kacer jantan dan betina trotolan hingga dewasa dengan tips sederhana.

Pencarian Terkait :

  • Ciri kacer jantan
  • Kacer jantan
  • Burung kacer jantan
  • Ciri burung kacer jantan
  • Perbedaan kacer betina dan jantan
  • Burung kacer jantan trotol
  • Burung kacer jantan umu 1 tahun
  • Ciri burung kacer jantan anakan
  • Kacer jantan dewasa