perawatan kacer setelah mabung

Perawatan Burung Kacer Pasca Mabung Agar Gacor Kembali

Posted on

Masa mabung burung kacer merupakan hal yang membutuhkan waktu lama dan terkadang bisa di bilang waktu yang melelahkan, entah itu pemilik burung dan juga burung itu sendiri.

Ketika mabung, burung akan banyak mengeluarkan energy dan waktu yang lama hingga waktu mabungnya selesai  dan tak heran hal tersebut bisa memicu burung akan malas bunyi setelah mabung selesai.

Karena burung akan mengeluarkan banyak energy seperti merontokan bulu ( ngurak ) dan pertumbuhan bulu baru ( mabung ), maka burung membutuhkan asupan pakan yang cukup dan perawatan khusus.

Karena jika burung di rawat dengan cara yang tidak tepat dan kurang asupan makanan yang pas, maka pertumbuhan bulu baru tidak sempurna dan bisa membuat burung menjadi macet bunyi setelahnya.

Perawatan Kacer Setelah Mabung

Ketika kacer baru selesai mabung, maka bulu barunya masih terbilang muda, para kicaumania sering menyebutnya bulu basah.

Lihat Juga : Cara Meningkatkan Emosi dan Birahi Kacer

Ketika awal mula bulu muda baru selesai tumbuh pasca mabung, biasanya performa burung juga belum maksimal, seperti suaranya belum keras secara optimal, speednya kurang maksimal, burung hanya ngeriwik  dan lain sebagainya.

  • Setiap hari burung di umbar di kandang umbaran dengan ukuran 3 meter atau berapa saja ukurannya lebih luas juga tidak apa-apa, setiap jam 07.00 pagi – jam 09.00
  • Setiap hari kacer di dampingi oleh betina pasangannya untuk ngecah suara kicauannya

Baca Juga : Cara Mengatasi Kacer Mbagong

Untuk perawatan hariannya lainnya bisa melakukan pengembunan, penjemuran paling lama 2 jam, 3 ekor jangkrik pagi, 3 ekor sore dan setiap hari berikan kroto segar sebanyak 1 sendok makan, sedangkan berikan voer berkualitas dan multivitamin setiap harinya.

Demikian penjelasan tentang perawtan burung kacer pasca mabung agar tidak macet bunyi dan mengembalikan performanya ke kondisi terbaiknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *