cara memilih indukan lovebird jantan dan betina

Cara Memilih Indukan Lovebird Betina dan Jantan yang Berkutlias dan Bagus

Posted on

Ketika ingin beternak lovebird, memilih indukan yang berkualitas merupakan hal penting untuk di pilih, karena agar anakan dan proses beternak menjadi lancar seperti yang di harapkan.

Dari dunia lovebird, ada beberapa jenis lovebird yang selalu di ternak, seperti lovebird warna dan jenis lovebird biasa.

Apapun jenis lovebird yang akan di ternakan, intinya sama saja, bagaimana ketika beternak burung bisa memproduksi telur dan anakan burung yang berkualitas, apalagi lovebird tersebut sering produksi.

Cara Memilih Indukan Lovebird

Untuk mengetahui indukan lovebird memiliki kualitas yang baik atau tidak, bisa di lihat dari berbagai macam hal seperti yang akan anda ketahui penjelasannya di bawah ini.

  1. Umur Indukan Lovebird

Umur indukan yang pas untuk di ternakan paling muda sekitar 8 bulan, alangkah lebih baik lagi sudah berumur 1 tahun.

Selain itu, agar lovebird janta lebih mendominasi ketika di ternak, umur lovebird jantan lebih tua dari betina.

Baca Juga : Lovebird Jantan Takut dengan Betina ? Inilah Penyebab dan Cara Mengatasinya

  1. Fostur Tubuh Indukan Lovebird

Pilih indukan lovebird yang memiliki fostur tubuh yang diminati atau yang berkualitas. Karena, jika menginginkan indukan dengan yang bagus, maka anakannya akan berpeluang bagus seperti indukannya.

Untuk ciri fisik indukan yang bagus antara lain :

  • Fostur tubuh tegak, mulai dari ekor dan punggung lurus ( tidak bungkuk )
  • Ukuran tubuh besar, karena banyak lovebird yang berkualitas di pengaruhi oleh ukuran tubuh yang besar, kecuali untuk lovebird nyasa dan blackchecked.
  • Untuk ukuran standar jenis lovebird Fischeri, sekitar 15 – 16 cm

  1. Bulu Indkan Lovebird

Indukan bulu lovebird yang cerah dan mengkilap artinya burung tersebut di rawat dengan baik dan memiliki kesehatan yang baik pula, seperti rajin di mandikan, di jemur dan pemberian pakan.

Berbeda halnya ketika lovebird tidak terurus, dimana bulunya tidak terlihat cerah dan mengkilap dan sekilas terlihat kusam.

Baca Juga : Cara Ternak Lovebird Tanpa Sinar Matahari

  1. Indukan Galak

Indukan yang telihat galak, memang memiliki kekurangan, akan tetapi calon indukan yang galak juga memiliki manfaat ketika di ternak.

Calon Indukan Lovebird yang galak, biasanya merupakan jenis lovebird hasil lolohan atau handfeeding, sehingga burung sudah terbiasa dengan tangan manusia, dan ketika glodoknya di buka tutup, maka burung tidak mudah stress.

Selain itu, indukan yang galak juga memiliki keunggulan, dimana ketika mengeram, indukan akan lebih galak dan bisa menjaga telurnya dari hewan penggangu, seperti kecoak dan cicak.

Baca Juga : Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina

  1. Milih Indukan Dudan Atau Jantan

Jika anda memiliki 1 indukan lovebird dan ingin membelikan pasangan, maka bisa memilih indukan yang sudah jantan atau betina yang sudah pernah produksi, karena akan mudah untuk di jodohkan dan diternak.

Namun, pastikan juga indukannya tersebut jaminan berjenis kelamin tertentu, agar tidak berjenis kelamin yang sama.

  1. Pilih Satu Pasang Indukan Produksi

Memilih indukan lovebird sepasang yang aktif produksi memiliki keuntungan tersendiri, seperti menghindari resiko burung gagal berjodoh, salah memilih jenis kelamin dan menghindari lovebird mandul.

Baca Juga : Cara Menjodohkan Lovebird

Anda bisa memilih indukan yang sudah pernah produksi, atau bisa membeli lovebird yang sedang mengeram.

  1. Indukan Lovebird Sehat

Untuk melihat indukan lovebird sehat atau tidak, bisa di lihat dari aktifnya lovebird, dan gerakannya gesit.

Dan untuk ciri-ciri indukan lovebird sehat antaralain :

  • Lovebird tidak adanya gangguan snot
  • Cengkaram kakinya harus kuat dan erat
  • Lovebird tidak lumpuh
  • Lovebird tidak dalam keadaan sakit, yang bisa di lihat dari cirri-ciri lovebird sakit seperti, dada terlihat membusung, kurang aktif bergerak, nafasnya tidak teratur atau tersenggal-senggal, kepalanya botak, badannya gemetar, matanya layu atau sayup dan lain sebagainya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *