Perawatan Burung Anis Merah Setelah Mabung

5 Tips Perawatan Burung Anis Merah Setelah Mabung

Posted on

Setelah menjalani proses mabung, anis merah tentunya bisa di rawat agar membuat rajin berkicau kembali, namun terkadang banyak di temukan anis merah yang proses mabungnya selesai, burung kerap kali masih macet bunyi, meskipun proses mabungnya berjalan dengan sempurna.

Ya, hal tersebut merupakan hal wajar saja, karena aktifitas anis merah selama mabung belum terbiasa dengan aktifitas pascamabung, seperti yang ketika mabung, anis merah sering diam, dan pasca mabung anis merah seharusnya rajin berkicau dan aktif kembali.

Daftar Isi

Cara Merawat Anis Merah Pasca Mabung

Untuk mengambalikan perfoma anis merah pasca mabung, maka untuk perawatannya butuh di sesuaikan kembali dengan beberapa terapi agar gacor kembali.

Baca Juga : Cara Mengatasi Anis Merah Manja

  1. Anis Merah Lebih Sering di Embunkan

Anis merah lebih rajin di embunkan kembali, agar burung memiliki stamina dan menjadi rajin berkicau.

Manfaat pengembunan anis merah pada pagi hari bermanfaat untuk meningkatkan stamina, energy, mental  burung sepanjang hari.

  1. Anis Merah di Mandikan

Aktifitas memandikan anis merah pasca mabung sebaiknya dilakukan le ih sering dilakukan untuk mengembalikan gacor burung.

Baca Juga : Penyebab dan Cara Mengatasi Anis Merah Macet Bunyi

Untuk memandikan anis merah lebih baik burung mandi sendiri di keramba atau air pancuran yang di buat dari kantong plastic yang sudah di lubangi.

Dengan melakukan terapi ini, akan membuatnya menjadi lebih nyaman, sehingga terhindar dari anis merah stress setelah mabung.

  1. Cacing Tanah untuk Anis Merah

Untuk mendongkrak mental dan stamin anis merah pasca mabung agar terhindar dari macet bunyi, burung di berikan cacing tanah sebanyak 1 -2 ekor pada pagi hari dan 1 – 2 ekor pada sore hari.

  1. Pakan Alternatif Anis Merah

Agar terhindari penurunan performa dan macet bunyi, anis merah harus di berikan pakan tambahan atau alternative seperti menambahkan pakan dari buah-buahan.

Baca Juga : Cara Mengatasi Anis Merah Ngecir

Buah-buahan yang di berikan seperti pepaya, apel, jeruk dan buah-buahan lainnya secara bervareatif.

Campurkan parutan buah apel pada kroto, lalu aduh hingga merata, lalu berikan pada anis merah. Atau anda bisa mencampurkan buah-buahan dan pakan lainnya, yang penting asupan pakan anis merah bervareatif.

  1. Multivitamin untuk Anis Merah

Agar daya tahan, stamina burung terjaga sepanjang hari, burung perlu di berikan multivitamin pascamabung, dan tentenya dengan pemberian multivitamin memiliki manfaat untuk membuat burung menjadi aktif dan gacor kembali setelah mabung selesai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *