anis merah manja atau ngeboss

Anis Merah Manja atau Ngeboss ? Tenang ! Berikut Cara Mengatasinya

Posted on

Anis merah memiliki karakter yang mudah berubah-ubah, terutama anis merah yang masih muda, namun ketika sudah mapan umurnya, karakternya akan menjadi stabil.

Selain itu yang menjadi suatu hal yang menjadi permasalahan pada burung anis merah adalah, dimana anis merah tersebut memiliki karakter yang manja atau ngeboss pada pemilik atau perawatnya.

Istilah ngeboss atau terlalu manja pada anis merah merupakan karekter dimana anis merah tersebut ingin dimanja-manja sama perawat atau pemiliknya.

Dan bahkan, ketika anis merah sedang berkicaupun ketika manja dan melihat perawatnya akan turun tangkringan dan mengejar-ngejar perawatnya tersebut dan mengamatinya.

Penyebab Anis Merah Ngeboss

Hal yang membuat anis merah menjadi ngeboss atau terlalu manja biasanya disebabkan oleh perawatan dari pemiliknya yang terlalu memanjakan anis merah.

Karena anis merah memiliki dasar yang sangat manja terhadap pemilik atau yang merawatnya, sehingga ketika terlalu dimanjakan, anis merah akan ngeboss dan ingin selalu dimanja.

Lihat Juga : Kicauan Anis Merah Ngeplong dan Teler

Selain anis merah, ada juga burung lain yang memiliki karakter manja, seperti burung cendet, namun bedanya burung cendet akan manja sama siapa saja, dan anis merah hanya akan manja terhadap yang merawatnya setiap hari.

Cara Mengatasi Anis Merah ngeboss

Sebaiknya agar anis merah tidak ngeboss di hindari saja, namun jika sudah terlanjur memiliki karakter ngeboss tersebut sebaiknya lakukan perawatan segera, apalagi anis merah tersebut merupakan burung lomba.

Karena, burung anis merah ketika sudah ngeboss seperti itu, butuh waktu yang cukup lama hingga kondisinya menjadi stabil kembali.

Untuk merawat anis merah ngeboss antaralain :

  • Untuk perawatan harian dilakukan oleh orang lain ( bukan orang biasa yang merawatnya )
  • Jangan memanjakan burung
  • Jangan memberikan pakan secara langsung keburung, tapi simpan saja di tempat pakannya
  • Ketika merawatnya, gunakan warna baju yang mencolok ( cukup ribet juga sih memang )

  1. Pemberian Pakan

Atur ulang pemberian pakan, karena salah satu penyebab anis merah menjadi manja disebabkan oleh kurangnya asupan nutrisi.

Untuk itu untuk pakannya diberikan secara bervareasi seperti asupan pakan, antara pemberikan voer yang berkualitas, pakan dari buah dan ekstrafooding

  1. Berikan Multivitamin

Karena penyebab anis merah masih terkait karena kurangnya asupan nutrisi, maka pada masa proses pemulihannya, anis merah berikan selalu multivitamin setiap harinya.

  1. Mandi Malam

Mandi malam dapat mengurangi anis merah ngeboss, karena salah satu hal yang membuat anis merah ngeboss disebabkan oleh birahi yang berlebih.

Baca Juga : Penyebab dan Cara Mengatasi Anis Merah Mencabuti Bulunya Sendiri

  1. Abaikan

Jika biasanya sering beradaptasi dengan anis merah, sebaiknya agar anis merah tidak terlalu manja maka abaikan aja.

Misalkan dalam pemberian pakan dengan cara menyimpan langsung ke tempat pakannya dan ketika melewati sangkarnya, sesekali semprot anis merah untuk membangun kesan, kalau pemiliknya tersebut mengabaikan anis merah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *