Gambar burung betet
Gambar Burung Betet

Burung Betet: Habitat, Ciri, Jenis, Suara, Harga dan Perawatannya

Posted on

Burung betet (Psittacula alexandri)  merupakan salah satu jenis burung paruh bengkok ( Parrot ) , yang memiliki kemampuan yang bisa di latih attraksi tertentu.

Burung betet ini sebenarnya sudah cukup lama di pelihara oleh pecinta burung, meskipun saat ini tidak sepopuler burung paruh bengkok lainnya seperti lovebird.

Pada kesempatan kali ini, Kicaumania.net akan menginformasikan dengan ciri-ciri, jenis, habitat, karakter, Suara, harga dan perawatan burung betet.

Persebaran dan Habitat Burung Betet

Burung betet ketika di alam liar biasa hidup secara berkelompok, entah itu ketika mencari makanan, terbang dan bahkan ketika membuat sarangpun jaraknya tidak berjauhan antar burung betet lainnya.

Karena sering hidup bergerombol atau berkelompok dalam jumlah yang besar, burung betet biasa ketika berkicau akan terdengar gaduh.

Lihat Juga : Tips Memilih Vitamin Burung

Persebaran burung betet sendiri sangat luas, mulai dari Thailand selatan, Semenanjung Malaysia dan juga Indonesia.

Untuk di Indonesia sendiri, persebaran burung betet biasa di temukan Pulau sumatera, bali, jawa dan di pulau kangean.

Jenis Burung Betet

Dari persebaran penjuru dunia burung betet terdapat 328 spesies dan 78 spesies di antaranya berada di Indonesia.

Burung betet yang berada di Indonesia yang paling di gemari pecinta burung betet yang berasal dari jawa, sulawesi, kalimantan dan sumatera.

Lihat Juga : Download Aneka Suara Burung

Meskipun persebarannya berada di Indonesia, namun burung betet sendiri bukan jenis burung yang berasal dari Indonesia, melainkan berasal dari Tiongkon Selatan, dimana populasinya bertambah terus, dan tersebar di Seluruh Indonesia.

Meskipun bukan jenis burung yang hampir punah, namun keberadaan burung betet itu sendiri di lindungi oleh pemerintah, menjadi salah satu jenis burung yang sdi lindungi dan di larang untuk di jual belikan.

Burung Betet Paruh Bengkok

Populasi dari burung betet paruh bengkok, populasinya semakin menurun dari tahun ke tahun, dan burung ini juga termasuk jenis burung yang di lindungi.

Jenis burung betet paruh bengkok ini memiliki beberapa jenis spesies diantaranya , Serindit Sulawesi ( Loriculus Stigmata, burung nuri bayan ( Eclectus Roratus) , Serindit Sanggihe ( Psittirichas Fulgidus ), betet berkepala dan punggung biru (Tanygnatus Sumateranus )  dan Serindit Paruh Merah ( L. exili ).

Baca Juga : Perawatan Burung di Musim Hujan

Burung Betet Ekor Panjang

Burung betet ekor merah (Psittacula longicauda )  biasa di sebut dengan burung betet pipih merah yang memiliki  ukuran tubuh 40 cm, memiliki bulu dada yang bewarna hijau dan memiliki ekor yang panjang bertahap.

Burung Betet Ekor Panjang Jantan dan Betina

harga burung betet

Untuk ciri-ciri burung betet ekor panjang jantan memiliki bulu sayap bewarna yang keburuan, ujung ekornya kuning, terdapat garis hitam tebal pada bagian sisi kepala ( mirip seperti kumis ) dan terdapat mahkota yang bewarna hijau pada bagian kepalanya.

Sedangkan untuk ciri-ciri betina betet ekor panjang memiliki ciri-ciri fisik, warna bulu keseluruhannya kusam/buram, terdapat kumis yang bewarna hijau, bagian tubuh bawahnya bewarna hijau, kaki bewarna abu-abu, terdapat warna bulu merah pada bagian sisi kepala, dan paruhnya bewarna merah.

Baca Juga : Khasiat Jahe untuk Burung

Selain itu, untuk burung betet tersebut berjenis kelamin betina, akan terlihat pada sayap bawahnya yang bewarna kuning ketika sedang terbang.

Makanan Burung Betet

Makan yang disukai oleh burung betet, sama seperti burung paruh bangkok lainnya, yaitu biji-bijian, selain itu burung betet juga suka mengkonsumsi makanan dari buah-buahan, sayuran, nekstar, bunga dan tanamah lainnya sebagai asupan makanan tambahan.

Dan untuk Pakan Burung Betet lainnya, Antara Lain:

  • Biji-bijian : Milet putih dan merah, biji canary seed, Biji Kecambah, biji Kwaci, dan biji-bijian lainnya
  • Buah-buahan : Semangka, Pisang, Mangga , Dll
  • Sayur-sayuran : Wortel, Tomat, Dll

Untuk Anda yang tertarik untuk memelihara burung betet, terutama untuk di rawat supaya bisa Atraksi/Skil tertentu, maka harus merawatnya pada saat masih anakan, paling tidak, burung berumur 3 bulan lamanya, karena jika burung betet di pelihara ketika sudah dewasa sulit untuk di latih, dan juga merawat burung betet yang masih piyik, di bawah umur 3 bulan akan sesulit dalam perawatan yang sudah dewasa.

Baca Juga : Cara memilih Voer Burung

Cara Merawat Betet Umur di Bawah 3 Bulan

Jika anda sudah terlanjur dan tertarik untuk memelihara piyik burung betet, maka untuk perawatannya seperti di bawah ini penjelasannya.

  • Simpan di tempat yang aman, jauh dari hewan predator dan hewan penggangu, seperti kucing, tikus, semut, kecoa dan hewan lainnya
  • Untuk pakan anakan burung betet bisa memberikan makanan bubur bayi lovebird atau anda bisa membuatnya dari bubur beras merah dan jagung manis yang di blender
  • Rutin di berikan makanan setiap beberapa jam sekali, dengan cara melolohnya dengan menggunakan spetan atau syringe ( Suntikan )
  • Pada malam hari, tempat penyimpanan burung di buat gelap dan di tutup rapat agar burung bisa beristirahat dan tidak rewel memanta makanan

Baca Juga : Manfaat Jemur Burung Pagi Hari

Perawatan Burung Betet di Atas Umur 3 Bulan

Untuk perawatan betet di umur 3 bulan ke atas, hal yang paling mendasar dan penting adalah memenuhi kebutuhan gizinya, karena di masa tersebut merupakan masa pertumbuhan.

Untuk makanan burung betet anakan di antaranya :

  • Jagung manis di berikan setiap hari
  • Untuk variasi makanan, bisa memberikan buah-buahan yang memiliki kandugan air yang tinggi seperti buah semangka, mangga dan pisang sebagai selingan
  • Berikan sayuran untuk betet, seperti tomat dan wortel
  • Berikan variasi makanan dari biji-bijian, seperti biji kecambah
  • Setiap hari di berikan air putih bersih dan berikan sesekali air gula

Baca Juga : Cara Menjinakan Burung

Cara Merawat Betet Dewasa

  • Setiap hari burung betet di ajar bermain di luar sangkar, di ruangan terbuka, bisa di dalam rumah atau di luar rumah setiap beberapa jam sekali setiap harinya
  • Pada saat di ajak bermain bersama, burung bisa di latih attraksi skil, seperti free Flying atau skil lainnya yang anda minati

Kunci utama dalam perawatan burung betet adalah konsistensi latihan yang dilakukan setiap hari, karena di samping itu dengan konsistensi perawatannya dapat membuat burung menjadi cepat jinak, dan anda juga setiap harinya bisa memaster burung betet dengan suara masteran agar memiliki banyak variasi suara kicauan dan rajin bunyi.

Baca Juga : Cara Melatih Burung Mandi Sendiri

Suara Burung Betet Mp3

di bawah ini merupakan contoh kumpulan suara burung betet dalam format Mp3, yang bisa di download dengan berbagai macam variasi suara kicauan.

Suara Betet Variasi 1 | Download

Suara Betet Variasi 2 | Download

Suara Betet Variasi 3 | Download

Suara Betet Sumatera gacor | Download

Harga Burung Betet

Jenis Burung Betet Harga Burung Betet
Betet Ternate Rp = 800.000
Betet Jawa Rp = 700.000
Betet Anakan Rp = 400.000
Betet Ekor Pajang Rp = 600.000
Betet Hijau Rp = 500.000

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *