harga burung sirindit

Burung Serindit: Ciri-ciri, Habitat, Harga, Jenis, Cara Memilih dan Perawatannya

Posted on

Burung serindit merupakan jenis burung yang cukup memiliki peminat tersendiri dari kalangan kicau mania Indonesia, karena burung yang satu ini memiliki suara gemerincing yang khas, sehingga burung ini sering di manfaatkan suara kicauannya sebagai burung masteran untuk burung kicau lainnya, terutama untuk menambah vareasi suara tembakan untuk burung lain.

Burung ini tidak sepopuler dengan burung lainnya, karena ketika di alam liar, burung ini hanya bisa mengeluarkan suara kicauan dencingan saja, namun ketika di pelihara dan di master dengan suara isian dan masteran burung lainnya, ada yang membuktikan, burung serindit juga mampu mengeluarkan kicauan yang baik seperti yang di sampaikan oleh Adry Riady, seorang EO lomba burung / latber di pangkalpinang.

Karakter Burung Serindit

Burung serindit sering di sebut juga dengan “burung lovebird Indonesia “, karena memiliki fostur tubuh yang mirip dengan burung lovebird.

Hal yang menjadikannya unik dari burung ini adalah, dimana ketika tidur, burung serindit mirip seperti tidurnya kelelawar, yakni tidaur dengan cara bergelantung.

Begitu juga ketika di pelihara di dalam sangkar atau kandang, burung serindit akan tidur dengan menggelantungkan kakinya ke jeruji atas sangkarnya.

Untuk itu, jika di tempat anda banyak tikus dan agar kaki burung tidak di makan oleh tikus, maka jeruji bagian atasnya di rangkap dua, agar tikus tidak bisa mendekati kaki burung yang menggelantung tersebut.

Selain itu, burung serindit memiliki karakter yang mudah beradaptasi dengan lingkungan baru, sehingga burung ini mudah untuk di pelihara, meskipun di pelihara bagi seseorang yang baru belajar merawat burung.

Perbedaan Burung Serindit Jantan dan Betina

Untuk mengetahui perbedaan jenis kelamin burung serindit jantan dan betina, maka bisa melihat pada warna biru dan warna merah yang terdapat pada burung serindit tersebut.

Baca Juga : Burung Manyar: Makanan, Jenis, Cara Menjinakan, Memilih, Hingga Merawatnya

Ciri Burung Serindit Jantan :

  • Memiliki warna biru di bagian kepalanya dengan ukuran cukup besar
  • Memiliki bulu warna merah di bagian tenggorokannya

Ciri Burung Serindit Betina :

  • Tidak memiliki bulu warna biru di bagian kepala
  • Tidak memiliki bulu warna merah di bagian tenggorokan

Note : warna biru dan warna merah yang terdapat pada bagian tubuh burung serindit jantan belum muncul ketika masih anakan, dan hanya muncul warna merah dan warna birunya ketika burung sudah beranjak dewasa.

Cara Merawat Burung Serindit Bakalan

Agar dalam perawatan burung serindit sesuai dengan harapan, dengan kicauan yang bagus, maka harus di pelihara pada saat masih anakan, karena kalau anakan burung serindit lebih gampang di master dengan suara isian, sehingga nantinya suara kicauannya lebih bervareatif.

Selain itu, pilihlah burung serindit muda hasil penangkaran, karena burung serindit hasil tangkapan hutan cukup sulit untuk di rawat, terutama memberikan pakan dari biji-bijian atau milet. Karena ketika di alam liar, burung ini lebih suka mengkonsumsi pakan dair buah-buahan yang manis.

Makanan Burung Serindit

Ketika di alam liar, burung serindit suka mengkonsumsi buah-buahan manis, namun untuk melengkapi kebutuhan gizi burung dan mudah untuk di rawat, maka burung serindit bisa latih untuk belajar mengkonsumsi pakan dari biji-bijian.

Daftar Pakan Burung Serindit :

  • Pisang kepong
  • Jeruk
  • Anggur pepaya
  • Apel
  • Jambu monyet
  • Rambutan

Cara Melatih Burung Serindit makan Milet

Untuk melatih burung srrindit mau mengkonsumi pakan dari milet, maka bisa melakukan 3 cara di bawah ini, seperti :

  • Menyimpan milet pada buah-buahan atau menyimpan buah pada cepuk pakan milet
  • Mendekatkan burung serindit yang belum terbiasa makan milet dengan serindit yang sudah mengkonsumi milet, agar burung penasaran dan terangsang untuk mau mengkonumsi milet
  • Mencampur milet dengan madu, atau bisa juga denganmenggunakan air manis

Note : jika sumber pakan dari buah-buahan yang matang hasil karbitan, maka rendam terlebih dahulu pakan tersebut selama 1 – 2 jam, agar racun dari bahan karbit tidak terkonsumsi oleh burung, lalu cuci dengan air bersih dan bisa di berikan pada burung setelahnya.

Perawatan Burung Serindit

Agar burung bisa mengeluarkan kicauan yang kencang, maka burung bisa dilatih terlebih dahulu agar jinak, artinya  bisa baca pada halaman ini, lihat : Cara Menjinakan Burung Peliharaan

Ketika di alam liar, suara kicauan burung serindit mirip seperti suara tikus atau suara hewan lainnya yang memiliki suara sejenis, suara cerucut.

Namun, ketika serindit masih muda, suara cerucutnya tidak terlalu keras, namun ketika tumbuh menjadi dewasa, suara cerucutnya akan semakin kencang.

Saking kencangnya suara burung serindit, dapat membuat burung lainnya terpancing untuk ikut bunyi, jika di simpan di dekat sangkar burung serindit.

Cara Memaster Burung Serindit

Seperti jenis burung paruh bengkok lainnya, burung serindit memiliki kecersaan yang di atas rata-rata burung kicau pada umumnya.

Begitu juga ketika menirukan suara burung lainnya, maka burung cukup di master dengan menggunakan Mp3 atau burung masterannya secara langsung, burung bisa menirukan suara kicauan burng lainnya.

Untuk memanster burung sirindit tidak perlu full krodong, akan tetapi cukup di memutar suara masteran dengan Mp3 ketika burung di gantang di tempat biasa dengan menggunakan 1 jenis suara saja untuk pertama kali hingga burung menguasainya, tinggal tambahkan kembali suara masteran lainnya seperti yang anda inginkan.

Suara Burung Sirindit

Di bawah ini, telah kami sediakan kumpulan suara burung sirindit dalam format Mp3 yang bisa kalina untuk untuk memanster atau memancing sirindit anda gacor.

Suara Burung Sirindit Versi 1 | Download

Suara Burung Sirindit Versi 2 | Download

Suara Burung Sirindit Versi 3 | Download

Dalam hal jual beli burung tentunya ada hal yang harus menjadi pertimbangan tersendiri yang harus di perhatikan, seperti jenis kelamin, jenisnya, umur dan terutama soal kemampuan berkicaunnya. Karena biasanya kemampuan berkicau menjadi suatu hal yang paling di perhatikan pecinta burung dan menjadi nilai harga yang tinggi.

Ketika seseorang sudah memutuskan untuk membeli burung sirindit, maka akan lebih baik mengetahui terlebih dahulu tentang burung itu sendiri, seperti memilih burung yang berkualitas, mengetahui burung sedang sakit dan lain sebagainya. Karena jika membeli burung sakit, maka anda sebagai pembeli akan merasa di rugikan karenanya.

Cukup Banyak kasus orang membeli burung dalam keadaan sakit yang sengaja di jual oleh oknum penjual tanpa memberitahukannya, bahwa burung tersebut dalam keadaan sakit, bagi seorang pembeli tentunya akan merasa tertipu. Maka dari itu penting sekali untuk memperhatikan ciri-ciri burung yang sedang sehat dan sedang sakit yang sebentar lagi akan anda ketahui dengan membaca artikel ini sampai selesai.

Cara Memilih Burung Sirindit

Hal yang mendasar bagi seseorang yang ingin membeli burung sirindit, biasanya memperhatikan bagian tubuhnya, apakah burung tersebut memiliki cacat atau tidak, melihat keaktifan burung, memiliki nafsu makan yang baik dan juga memiliki suara kicauan yang bagus.

Namun, ketika melihat dari sisi itu, tidaklah cukup, perlu melihat ciri-ciri lainnya, seperti melihat ciri burung dalam keadaan sakit, karena bisa saja burung memiliki nafsu makan yang bagus,tapi sebenarnya burung dalam keadaan sakit.

Maka dari itu, selain melihat ciri-cirinya burung yang sedang sakit pula, seperti :

  1. Mata

Mata burung yang sehat memiliki kecerahan yang baik dan burung sering membuka matanya. Sedangkan ketika burung sakit, sering menutup matanya dan terlihat sayu.

  1. Sayap burung

Ketika sedang sakit, bulu burung akan lunglai dan kusut. Dan perilaku menata bulunya tidak dilakukan. Beda halnya burung sehat, sering menata bulunya.

  1. Nafsu Makan

Menurunnya nafsu makan pada burung, bisa di sebabkan burung dalam keadaan sakit, dan bahkan kemapuan mematuk makanan menjadi berkurang dan berat badan menjadi menurun.

Baca Juga : Penyebab dan Cara Mengatasi Burung Stress 

  1. Keseimbangan

Keseimbangan tubuhnya akan berkurang ketika burung dalam keadaan sakit, seperti kemampuan bertengker menurun dan membuat burung menjadi sering berdiam diri di bawah sangkar dan badannya sering bergetar.

  1. Bulu sekitar kloaka kotor

Bulu di sekitar burung sakit akan selalu kotor oleh kotorannya sendiri, dan biasanya kotoran burung sedang sakit akan cair dan tidak padat seperti saat sehat.

Setelah mengetahui cara memilih burung sirindit dengan membaca penjelasan di atas, maka sekarang anda sudah bisa membelinya dengan tepat dan berikut adalah list harga sirindit yang ingin anda ketahui.

Daftar Harga Burung Sirindit Terbaru

Jenis Burung SirinditHarga Burung Sirindit
Burung Sirindit JawaRp = 70.000 – 120.000
Burung Sirindit JantanRp = 100.000
Burung Sirindit MalaysiaRp = 100.000 – 160.000
Burung Sirindit gacorRp = 150.000

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *