makanan burung manyar

√ Makanan Burung Manyar Agar Cepat Gacor, Cara Menjinakan Hingga Merawatnya

Posted on

Makanan burung manyar – burung manyar di kategorikan sebagai burung kecil, karena memang memiliki fostur tubuh yang kecil di bandingkan dengan beberapa jenis burung lainnya, seperti murai batu, lovebird dan jenis burung kicauan lainnya. 

Burung manyar ini juga sering digunakan sebagai burung untuk masteran, karena memiliki kamapuan dalam mngeluarkan kicauan yang lebih variasi.

Bicara tentang tentang burung manyar, tentunya ada beberapa jenis-jenis burung manyar yang penting untuk di katahui oleh temen-temen kicaumania. Adapun jenisnya tersebut , burung menyar emas, burung manyar tempua dan manyar jantan.

Namun , untuk mendapatkan kualitas terbaik yang dikeluarkan oleh burung tersebut, maka tentunya perawatan harian yang rutin yang harus dilakukan, sehingga burung mampu mngeluarkan kicauan terbaiknya.

Cara Menjinakan Burung Manyar

cara menjinakan burung manyar

Sebelum menjelaskan lebih banyak tentang makanan burung manyar, maka pastikan terlebih dahulu burung tersebut sudah benar-benar jinak, agar nantinya tidak mengalami kesulitan ketika dilatih.

Cara Merawat burung Manyar

cara merawat burung manyar

Mungkin sebagian dari pemilik burung manyar yang sedang atau akan di pelihara hasil tangkapan dari alam liar atau juga hasil beli di kios burung.

Pada dasarnya memang, hasil tangkapan dari alam liar akan sedikit lebih repot ketika di urus , jika dibandingkan hasil membeli dari kios atau di penangkaran. Namun, bagaimanapun juga dengan melakukan perawatan yang rutin, maka lambat laun, akan mendatangkan hasil yang baik, asalkan ulet dan rajin untuk merawatnya.

  1. Memilih Anakan Burung manyar

Untuk memelihara burung manyar sebagai masteran, maka temen-temen bisa dengan memilih burung manyar yang masih anakan. Karena, burung yang masih anakan akan mudah untuk di arahkan di bandingkan memelihara langsung yang sudah dewasa.

anakan burung manyar

  1. Kandang burung manyar

Kandang burung manyar merupakan rumah bagi burung tersebut, maka yang perlu kalian lakukan adalah dengan memperhatikan segala kebutuhan yang di perlukan oleh burung manyar.

Kenyamanan merupakan pnting untuk diterapkan dalam kandang burung manyar itu sendiri, yang terbebas dari hal yang dapat mengganggu dan membuatnya menjadi stress.

Sebisa mungkin jauhkan dari tempat yang terlalu ramai dan juga hewan pengganggu lain yang dapat membuatnya menjadi merasa terancam dan membutnya stress.

Selain kenyamanan, maka penting untuk diperhatikan juga adalah tentang kebersihan kandang, karena hal tersebut terkait dengan kesehatannya.

Kemungkinan kandang burung manyar akan kotor jika sering di pakai, yang di sebabkan oleh sisa makanan yang membusuk dan juga kotoran yang menumpuk yang dapat mengundang bakteri dan juga kuman yang akan menyerang kesehatan burung sewaktu-sewaktu.

  1. Memandikan Burung manyar

Memandikan burung manyar merupakan hal yang tentunya memiliki banyak manfaat bagi burung itu sendiri, dimana bulu-bulu yang kotor yang di sebabkan oleh bakteri dan kuman yang mungkin menempel akan di bersihkan.

Untuk memandikan burung manyar, maka bisa dilakukan  satu hari 2 kali, pada saat pagi dan sore hari. Untuk memandikan pada pagi hari, maka bisa dengan memulainya pada jam 7 pagi dan untuk sore hari, maka bisa memandikannya pada jam 2 sampai 4 sore.

  1. Menjemur Burung manyar

Menjemur burung hal yang harus di lakukan, terutama dilakukan pada pagi hari setelah dimandikan, selain dapat mengeringkakn kembali bulu-bulunya yang basah kuyup, akan tetapi akan membuatnya menjadi lebih segar dan baik untuk kesehatannya.

Namun, hindarilah untuk menjemur burung manyar pada jam-jam dimana matahari terlalu panas, karena dapat membuatnya menjadi heat stroke yang membuatnya menjadi sakit. Pada pagi hari lakukan penjemuran pada jam 7 hingga jam 10, dan jika terlalu panas maka bisa dengan menutup sebagian kandang dengan kain, agar memberi kesempatan buat burung untuk berteduh, ketika terasa terlalu panas sinar mataharinya.

  1. Ganti Air Secara Berkala

Bagi para kicau mania pemula, biasanya tidak terlalu memperhatikan tentang ketersediaan air bersih dalam kandang burung. Padahal hal tersebut sangatlah penting bagi kesehatan burung itu sendiri, dimana ketika air yang kotor yang sudah terkontaminasi oleh kuman atau bakteri, tentunya akan membuat burung menjadi sakit.

Gantilah air secara rutin, 2 sampai 3 kali dalam seminggu, tergantung keadaan jika lebih dari itu juga tidak apa-apa, asalkan air yang berada dalam kandang, tidak tercampur dengan pakan yang membusuk dalam air, tercampur dengan kotoran burung dan lain sebagainya.

Makanan Burung Manyar Agar cepat Gacor

gambar burung manyar

  1. Makanan Burung Manyar

Makanan burung manyar tentunya menjadi hal yang harus di perhatikan setiap hariinya untuk burung, namun perhatikan juga asupan Gizinya, agar mmbuatnya menjadi sehat , aktif dan juga rajin untuk berkicau.

Pada dasarnya, burung manyar merupakan jenis burung menyukai pakan dari biji-bijian, namun bukan hanya biji-bijian, akan tetapi burung manyar juga menykai pakan dari serangga kecil.

Dengan melihat banyaknya jenis makanan yang disukai oleh burung manyar, maka kalian bisa memberikannya secara bergantian setiap harinya, agar nantinya burung tidak bosan dengan makanan yang diberikan itu saja dan yang penting dengan memberikan pakan secara bergantian akan membuat burung menjadi tercukupi kebutuhan Gizinya.

  1. Beras Merah

gambar pakan burung beras merah

Beras memiliki banyak jenis yang bisa di liat dari warnanya, terutama dengan beras merah ini yang memiliki bentuk yang tidak terlalu beda dengan beras pada umumnya, dan memiliki warna merah yang terlihat tua.

Nilai gizi yang terdapat dari beras merah tentunya sangat baik untuk diberikan untuk burung manyar dewasa dan juga bisa di berikan sebagai makanan burung manyar anakan, karena memiliki nilai gizi yang baik untuk pertumbuhan tubuh dan tulang burung.

Kandungan Fosfot dan Se, yang dilengkapi dengan berbagai nutrisi lainnya seperti Vitamin B, 7% serat, protein,85% karbohidrat, magnesium, kalium dan kalsium.

Beras merah juga memiliki manfaat yang dapat menjadi berat tubuh burung menjadi ideal, karena memiliki kandungan kalori sedikit dan juga memiliki manfaat yang dapat menjaga metabolism tubuh burung.

  1. Millet

gambar milet putih

Millet merupakan pakan yang banyak di sukai oleh burung, termasuk salah satu pakan burung manyar ini, dan tentunya tidak lepas dari manfaatnya, pakan dari millet akan mendorong burung lebih aktif dan rajin untuk berkicau.

Untuk diberikan millet pada burung manyar, maka bisa dengan langsung memberikannya, atau bisa juga dengan cara merendamnya terlebih dahulu, agar empuk sehingga bisa diberikan pada burung manyar yang masih di bantu loloh. Kalian juga bisa dengan mencampurnya dengan pakan lainnya, seperti putih telur.

  1. Gabah Atau Padi

gambar pakan burung gabah

Gabah atau padi tidak terlalu berbeda dengan beras merah, cuman bedanya padi merupakan pakan yang memiliki kulit yang belum di pisahkan dari berasnya.

Bicara tentang kandungannya, tidak terlalu berbeda jika gabah, jika gabah tersebut merupakan gabah beras merah, namun secara umum, gabah apapun jenisnya, memiliki kandungan magnesium, protein, dan kabohidrat yang cukup untuk kebutuhan makanan burung manyar.

  1. Ekstra Fooding

extra fooding untuk burung

Seperti yang telah di sampaikan sebelumnya, selain dari biji-bijian, burung manyar menyukai pakan dari serangga kecil.

Adapun, makanan yang bisa diberikan pada burung manyar antara lain, ulat hongkong, kroto,belalang, jangkrik.

Kandungan protein pada pakan dari serangga kecil cukup banyak, sehingga baik untuk pertumbuhan burung tersebut. Dan nilai  Gizi lainnya yang terdapat dari serangga kecil tersebut menjadi pelengkap yang tidak dimiliki dari pakan biji-bijian. Sehingga burung , selain menjadi lebih sehat, akan tetapi dapat membuatnya menjadi lebih aktif dan rajin berkicau.

Nah, sekarang sudah taukan , tentang makanan burung manyar , cara menjinakan burung manyar , hingga cara merawat burung manyar yang bisa kicaumania terapkan sekarang juga untuk burung kesayangannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *