Sayuran untuk Burung Lovebird

Sayuran untuk Burung Lovebird

Posted on

Lovebird merupakan burung yang menyukai makanan dari biji-bijian seperti milet, canary seed, kwaci, dan biji-bijian lainnya.

Ketika di pelihara, lovebird harus di berikan juga pakan dari sayur-sayuran, karena selain merupakan makanan yang disukainya, sayur-sayuran juga bagus untuk kesehatan dan hal lainnya sesuai dengan kebutuhannya.

Dalam memberikan makanan sayuran untuk lovebird memang tidak asal di berikan, perlu takaran yang tepat, sehingga pakan sayuran yang diberikan tersebut tidak berlebihan yang bisa menyebabkan manfaat dari sayuran tersebut tidak dirasakan oleh burung.

Sayuran untuk Burung Lovebird

Banyak jenis sayuran yang bisa di berikan pada lovebird, seperti sawi putih, kangkung, pakcoy, bayam, daun gingseng, jagung dan sayuran lainnya yang sebentar lagi Kicaumania.net jelaskan di bawah ini.

  1. Jagung Muda

Jagung sangat di anjurkan untuk di berikan pada lovebird, akan tetapi jika jumlah jagung terlalu banyak di berikan, efek samping jagung untuk lovebird bisa membuat burung menjadi mencret.

Untuk memberikan jagung, cukup 3 – 10 butir setiap harinya, terutama untuk lovebird lomba dan lovebird yang sedang di ternakan bagus untuk memenuhi kebutuhan gizi dan kesehatannya yang bagus untuk kualitas telur dan membuat lovebird rajin bunyi untuk lovebird lomba .

Untuk melihat manfaat lain tentang jagung muda untuk lovebird bisa melihat penjelasannya di bawah ini sesuai kebutuhan, seperti kondisi burung sedang over birahi, lomba, dan lain sebagainya.

Lihat Juga : Manfaat, Efek Samping Jagung Muda untuk Lovebird

  1. Kangkung

Jika sudah mengenal lovebird, maka biasanya orang sudah tau makanan kangkung ini sering di berikan pada lovebird.

Namun, kangkung ini harus di berikan dalam jumlah yang tepat, karena jika jumlah kangkung yang diberikan pada lovebird dalam jumlah terlalu banyak maka akan membuat lovebird mengalami birahi yang berlebih, sehingga akan menurun ke kualitas mental dan suaranya.

Namun, untuk lovebird yang kekurangan birahi dan lovebird yang akan di ternak, jumlah pakan dari kangkung di ajurkan lebih banyak tapi tidak terlalu banyak, karena kangkung memiliki manfaat untuk meningkatkan birahi lovebird.

Untuk kangkung bisa di berikan seminggu 2 -3 kali dengan beberapa batang/daun nya.

Untuk manfaat lain kangkung, dalam setiap kondisi lovebird bisa di cek pada halaman ini, Manfaat Kangkung untuk Lovebird dan Cara Memberikannya .

  1. Bayam

Bayam juga disukai oleh lovebird meskipun lovebird lebih menyukai sayuran dari kangkung, begitu juga dengan efek pada lovebird tidak langsung terasa, namun meskipun begitu kandungan gizi dari bayam bagus untuk memenuhi kebutuhan gizi lovebird sehingga bisa menjaga kesehatannya.

  1. Daun Gingseng

Salah satu lovebird yang suka di berikan daun gingseng adalah lovebird kusumo yang legendaris itu, cek perawatannya ( Tips Perawatan Lovebird Kusumo ).

Gingseng sering di berikan pada lovebird kusumo sebelum dan sesudah lomba, karena manfaat dari daun gingseng bermanfaat untuk stamina lovebird, sehingga pada saat lomba penampilannya bisa memuaskan, karena staminanya selalu terjaga pada saat lomba berlangsung.

  1. Toge Atau Kecambah

Pemberian toga untuk burung lovebird sangat bagus diberikan untuk lovebird yang sedang di budidayakan.

Kandungan protein dan kandungan lainnya pada toge ini sangat bagus untuk kesuburannya, sehingga kualitas telur dan anakannya menjadi bagus.

Untuk pemberian sayuran toge untuk burung lovebird di berikan pada saat burung sedang kawin atau sebelum mengeram, namun untuk jumlahnya cukup di berikan 3 kali dalam seminggu untuk menghindari birahi yang terlalu tinggi.

Lihat Juga : Cara Menurunkan Birahi Lovebird

  1. Pakcoy

Pakcoy bagus di berikan untuk pencernaan dan untuk membantu menurunkan birahi lovebird dan sebagai sumber asupan serat untuk kebutuhan gizinya.

Untuk menjaga birahi lovebird, sayuran dari pakcoy cukup diberikan sebagai selingan saja untuk memenuhi kebutuhan serat dan diberikan pada saat burung sedang tinggi birahinya.

Namun tetap jangan di berikan secara berlebihan, karena di khawatirkan birahinya tidak naik yang bisa menyebabkan burung jarang ngekek dengan durasi panjang.

Lihat Juga : Suara Lovebird Kusumo 3 Menit Mp3

  1. Sawi Putih

Sawi putih sangat bagus di berikan sebagai variasi makanan untuk lovebird harian dan juga bagus untuk lovebird yang sedang di ternak.

Sawi putih sangat aman diberikan pada lovebird, tidak seperti kangkung yang bisa meningkatkan birahi lovebird dengan cepat.

Kandungan kalsium, vitamin dan mineral pada sayuran sawi bagus untuk kebutuhan gizi harian lovebird, dan lebih bagus lagi untuk lovebird yang di ternak, sehingga bagus untuk kualitas telur.

  1. Mentimun

Mentimun juga merupakan pakan yang bagus di berikan pada lovebird, terutama ketika lovebird yang sedang birahi tinggi.

Jika mendapati lovebird birahi yang tinggi, maka untuk mempercepat menurunkan birahinya, berikan mentimun ini hingga birahinya stabil kembali.

Berikut adaah daftar sayuran untuk burung lovebird yang bagus di segala kondisi sehingga burung sehat, bersuara panjang, membuat kualitas telur yang bagus dan lain sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *