burung kenari anteng di tangkringan

7 Tips Membuat Burung Kenari Anteng di Tangkringan

Posted on

Perilaku yang tidak bisa diam atau kenari tidak mau diam di satu tangkringan ketika berkicau di rumah dan pada saat lomba tentunya akan mengurangi performa burung itu sendiri.

Mungkin pada awalnya ketika di rumah, burung kenari dapat gacor dengan maksimal dengan kualitas suara yang bagus, namun ketika di saat lomba burung lebih banyak naik turun tangkringan, terkadang burung menjadi ngeruji dan suara kenari putus-putuh alias tidak panjang.

Ketika saat lomba, burung kenari yang nagen atau diam di satu titik tangkringan akan menambah penilaian, selain itu burung akan lebih banyak menghemat energi , sehingga mampu berkicau dengan durasi lama, lebih power full,  dibandingkan dengan kenari yang sering bergerak kesana kemari yang cenderung boros energi.

Penyebab Kenari Naik Turun Tangkringan

Ada beberapa penyebab yang membuat burung kenari menjadi tidak anteng ditangkringan yang di sebabkan oleh hal yang berbeda-beda.

  1. Umur kenari Masih Muda

Salah satu hal yang membuat burung kenari yang kerap kali ngeruji dan naik turun tangkringan bisa di sebabkan oleh umur burung masih muda, umumnya umur kenari skitar 7 -8 bulan.

Pada umur 7 – 8 bulan, burung kenari cenderung memiliki birahi yang tidak stabil, alias sering naik turun.

Namun, meskipun begitu, tidak semua burung kenari muda yang berumur 7 – 8 bulan memiliki birahi yang tidak stabil, itu kembali ke karakter Kenari dan perawatan Kenari yang dilakukan oleh pemiliknya.

Baca Juga : Cara Mempersiapkan Kenari Lomba

  1. Stamina Kenari Kurang Bagus

Stamina yang kurang bagus bisa membuat kenari membuat kenari mudah drop dan burung hanya lompat-lompat ketika sedang berada di arena lomba, entah itu kenari kurang stamina ketika lomba karena burung terlalu sering berkicau beberapa hari sebelum lomba, sehingga pada saat lomba, kenari kekurangan stamina, atau bisa juga di sebabkan oleh hal lain.

  1. Kenari Drop Mental

Kenari drop mental yang membuatnya menjadi ngeruji dan naik tangkringan bisa di sebabkan oleh beberapa hal, seperti burung belum siap lomba karena terlalu muda dan volume suaranya belum full sepenuhnya.

Kenari yang masih muda biasanya akan mudah drop ketika lomba, berbeda dengan kenari yang sudah dewasa yang berkisat umur 1,5 – 2 tahun, jarang mengalami drop mental.

Terapi Kenari Nagen Satu Titik di Tangkringan

  1. Setingan Mandi

Untuk mengatasi kenari naik turun naik tangkringan dan ngeruji adalah bisa menyesuaikan terlebih dahulu dengan karakter kenari itu sendiri, karena ada 2 jenis kenari yang memiliki karakter yang berbeda, yakni kenari yang susah naik birahinya dan kenari yang gampang naik birahinya.

Lihat Juga : Cara Merawat Bulu Kenari

Untuk memandikan kenari yang gampang naik birahinya, bisa memandikannya pada sore hari dengan cara di semprot halus.

Sedangkan untuk kenari yang mudah naik birahinya, burung di mandikan di pagi hari, menggunakan cepuk mandi khusus yang di sediakan di dalam sangkarnya, namun jika burung peliharaan anda belum tersbiasa mandi sendiri di cepuk besar, maka bisa di ajarkan terlebih dahulu.

Baca Juga : Cara Memandikan Burung Kenari

  1. Umbar Kenari Secara Rutin

Pengumbaran kenari memiliki manfaat untuk membuat aliran tubuh burung menjadi lancar dan burung menjadi rileks setelahnya.

Selain itu dengan pengumbaran secara rutin, maka burung akan menjadi rajin berkicau, Stamina bagus dan juga menghindari terjadinya burung menjadi naik turun tangkringan.

  1. Gunakan Tangkringan Kayu Asem

Tangkringan kayu asem, sebenarnya kurang bagus untuk kaki burung kenari, karena untuk melakukan terapi , maka bisa menggunakan tangkringan kayu asam agar membuat kenari nagen di tangkringan.

  1. Basahi Tangkringan

Basahi tangkringan kenari, 15 menit sebelum lomba agar burung nagen ketika lomba, dengan menyemprot atau mengelap tangkringan dengan air hangat atau air dingin biasa.

Namun, jika anda menggunakan 2 tangkringan, maka sebaiknya cukup 1 tangkringan saja yang di basahi agar hasilnya maksimal.

  1. Basahi Kelamin Kenari

Membasahi kelamin kenari memiliki manfaat untuk membuatnya menjadi nyaman dan bihrahinya stabil, sehingga membuat burung tidak nebok alias naik turun tangkringan.

  1. Kenari di Trek Sebelum Lomba

15 – 20 menit sebelum lomba, kenari di trek terlebih dahulu dengan kenari lainnya secara berdekatan di tanah.

Dengan begitu, hal tersebut dapat membuat burung menjadi stabil birahi dan burung mau bunyi ketika lomba berlangsung.

  1. Tangkringan Kawat

Salah satu cara untuk membuat burung kenari menjadi nagen, terutama ketika berkicau adalah dengan menggunakan tangkringan dari kawat.

Menggunakan tangrkingan kawat, guna untuk membuat burung tidak banyak gerak, ke kanan, ke kiri dan ke tempat lainnya dan hanya diam di satu tangkringan saja.

Untuk melakukan cara ini diantaranya :

  • Siapkan tangkringan yang biasa di gunakan
  • Lilitkan kawat ke tangkringan, sehingga seluruh tangkringan terlilit kawat ( pastikan lilitan tangrkingan tidak renggang, untuk menghindari kaki kenari terjepit
  • Lakukan terapi ini selama 1 minggu

Demikianlah tips kali ini yang bisa kami bagikan untuk mengatasi permasalah kenari yang sering ngeruji dan naik turun tangkringan menjadi nagen atau anteng di tangkringannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *