persiapan kenari lomba

Melatih Mental dan Persiapan Lomba Burung Kenari Agar Tampil Maksimal

Posted on

Burung kenari bisa tampil dengan maksimal ketika di arena lomba merupakan hal yang di inginkan oleh kenarimania, karena dengan membuat burung menjadi rajin bunyi ketika lomba tentunya akan membuat pemiliknya senang.

Namun, ketika di arena lomba, banyak sekali permasalahan yang muncul pada burung kenari, seperti mental kenari drop atau burung kurang percaya diri ketika mendengar suara kicauan burung lainnya yang memiliki suara yang panjang dan bervareasi.

Ya, tentunya untuk membawa kenari ke gantangan, tentunya perlu mengetahui terlebih dahulu tentang burung itu sendiri, apakah ketika rekan-rekan sekalian sudah memiliki mental dan kemampuan yang baik untuk dilombakan atau tidak, karena jika burung belum siap lomba, namun di paksakan untuk ikut lomba tentunya burung akan mudah drop mentalnya.

Mempersiapkan Lomba Kenari

Untuk mempersiapkan burung kenari lomba tentunya menjaga birahi burung tetap stabil merupakan hal penting untuk di jaga, dengan memberikan pakan yang berkualitas, memberikan asupan vitamin atau suplemen dan perawatan yang tepat.

Dan untuk melihat burung kenari siap lomba atau tidak, maka bisa melihat ciri-cirinya pada halaman ini, Lihat Juga : Ciri-ciri Burung Kenari Siap Lomba .

Cara Melatih Mental Burung Kenari

Mental yang mumpuni pada burung kenari merupakan hal penting untuk di dapatkan burung kenari yang akan di ikut lombakan, terlebih kenari tersebut di latih ketika pada saat masih muda.

  1. Menempelkan dengan Kenari Mapan

Kenari yang masih muda akan mudah dan mau menirukan burung kenari lain, termasuk gaya berkicau dan suara kicauannya.

Untuk itu, sesering mungkin burung kenari di dekatkan dengan kenari yang sudah matang, kicauannya bagus dan memiliki gaya yang bagus pula.

Dengan begitu, jika kenari muda sering di dekatkan dengan kenari yang sudah gacor, maka burung akan menirukan gaya dan kicauan kenari mapan, karena sering berlatih dari kenari mapan tersebut.

  1. Ajak Latber atau Lomba

Tujuan mengajak ke tempat latber atau tempat lomba bertujuan bukan ikut lomba, hanya sebatas membiasakan burung dengan kondisi lingkungan di sekitar lomba, seperti ramainya suasana dan suara kenari lainnya.

  1. Sering Memindahkan

Memindahkan tempat penyimpanan burung kenari untuk membiasakan burung terbiasa dengan perubahan lingkungan, sehingga ketika burung di pindahkan di tempat baru sudah terbiasa dan burung tidak stres.

Lihat Juga : Download Suara Burung Kenari Mp3

Begitu juga ketika kenari di bawa ketempat lomba, burung sudah terbiasa dan mudah beradaptasi di tempat gantangan, entah itu mendapatkan posisi gantang di pinggir atau di tengah.

  1. Jaga Kesehatan

Jaga selalu kesehatan burung agar selalu dalam keadaan fit untuk membangun mental burung selalu dalam kedaan baik.

Menjaga kesehatan burung bukan hanya bagus untuk kesehatan fisiknya saja, karena fisik yang baik memiliki korelasi yang bagus untuk kesehatan mentalnya juga.

Karena, burung kenari yang sudah bagus juga bisa drop sewaktu-waktu, dan untuk mengembalikan mental idealnya membutuhkan waktu yang lama untuk pulih kembali.

Permasalahan Mental Kenari

Permasalah mental kerap kali muncul ketika kenari di rumah dan juga ketika di arena lomba, dan perubahan mental tersebut terkadang memperngaruhi penilian juri.

Seperti Burung yang awalnya memiliki mental yang baik dan memiliki suara yang bervareasi dan panjang bisa berubah mentalnya sehingga burung sering berkicau di bawah sangkar dan ngeruji.

Sebagus apapun performa kicauan burung kenari, akalu mentalnya kurang bagus, maka akan mempengaruhi penilaian juri ketika kontes yang di sebabkan penurunan emosi karena mental burung yang labil, kenari sedang birahi.

Lihat Juga : Penyebab dan Cara Mengatasi Kenari Serak Agar Pulih Kembali

Jika perilaku yang disampaikan di atas terjadi ketika 1 minggu sebelum lomba, maka jangan paksakan kenari ikut lomba, namun perlu di tangani terlebih dahulu, seperti :

  • Waktu pengumbaran dilakukan lebih lama dan lebih sering
  • Tambahkan tangkringan lebih banyak dari sebelumnya jadi 3 – 4 tangkringan, guna untuk membuat burung kenari bisa memilih tangkringan mana yang cocok dan disukai untuk di tempati dengan memasang tangkringan yang melintang
  • Kurangi pemberian pakan kroto atau telur putuh. Jika anda terbiasa memberikan kroto makan berikan 2 kali dalam seminggu ( setiap pemberiannya 10 butir kroto ), dan begitu juga jika anda terbiasa memberikan telur puyuh, maka berikan juga setiap 2 kali dalam seminggu untuk menurunkan birahi burung agar tidak terlalu tinggi
  • Setiap 2 hari secara berturut-turut berikan mentimun
  • Mandikan lebih sering, pagi, siang dan sore
  • Kurangi penjemuran, cukup 30 menit perharinya
  • Penjemuran lebih sering dan lebih lama

Cara Melatih Kenari Agar Bersuara Panjang

Untuk melatih kenari agar memiliki suara yang panjang, maka burung perlu dilatih fisiknya dengan cara mengumbarnya setiap menjemur burung selama 1 jam lamanya.

Baca Juga : Tips Perawatan Burung Kenari Bakalan

Setelah di umbar selama 1 jam, burung di berikan Multivitamin atau suplemen.

Selain itu, burung di krodong untuk membuat burung cukup istirahat agar burung tidak aktif dan mengeluarkan kicauan yang bisa menguras energinya, untuk mempersiapkan burung ketika nanti lomba tidak kecapean.

Suara Ngristal atau Kristal

Kenari memiliki suara ngeristal benisng, seperti suara yang bergema atau streo merupakan suara bawaan burung ketika anakan.

Untuk melatih kenari muda memiliki suara ngeristal, burung di master di master di ruangan tertutup yang akan bergema ketika ada bunyi suara.

Ketika ada suara masteran kenari diruangan yang tertutup dan bergema, nantinya akan mempengaruhi pendengaran burung yang mendengar, sehingga ketika di kicaukan kembali oleh kenari muda akan memiliki suara ngeristal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *