cara merawat burung kenari

Cara Merawat Burung Kenari Agar Gacor dan Pada Saat Mabung

Posted on

Siapa sih yang tidak kenal burung kicauan yang satu ini ? ya, dari jaman dahulu jenis burung ini menjadi salah satu primadona penghobi burung kicaun.

Sebenarnya banyak jenis yang banyak orang pilih untuk di perlihara, seperti burung murai batu, lovebird dan jenis burung yang lainnya, akan tetapi jenis burung ini memiliki keunggulan tersendiri yang tidak di miliki oleh jenis burung kicauan yang lainnya, seperti mudah untuk beradaptasi dengan linkungan baru dan lain sebagainya.

Harga mahal karena memiliki kualitas kicauan yang bagus menjadi banyak orang yang inginkan untuk memelihara jenis burung ini. Namun dengan perawatan burung kenari yang rutin ikut andil banyak dalam keberhasilan dalam membuat kualitas burungnya menjadi lebih baik.

Baggi para kicaumania yan pemula tentunya akan mengalami kesulitan dalam memelihara dan memilih makanan apa saja yan biasa di konsumsi oleh burung kenari. Bukan hanya seorang pemula, akan tetapi bagi seorang yang sudah cukup lama memelihara burung ini juga ada yang mengalami kesulitan untuk melakukannya, buktinya masih banyak orang yang mengalami kusulitan dalam mendapatkan kualitas terbaik.

Sebelum menjelaskan tentang cara merawat burung kenari agar rajin gacor atau mengeluarkan kicauan indahnya, maka sebaiknya kita kenali terlebih dahulu tentang jenis burung itu sendiri.

Kelebihan dan Keunggulan Burung kenari

Setiap burung kicauan memiliki keunikan dan keunggulan tersendiri, terutama keunggulan dari burung kenari ini, yang mungkin belum temen-temen kicaumania belum ketahui.

  1. Mudah Untuk Dijikanan

Kelebihan pertama dari jenis burung kenari adalah, mudahnya untuk dijinakan. Tidak semua jenis burung bisa di jinakan dengan mudah loh ! , maka dari itu pemelihara jenis burung ini masih banyak, karena kemudahan dalam merawatnya, dan terutama kicauannya tidak kalah indah dibanding dengan burung lainnya.

  1. Dapat Beradaptasi dengan Mudah

Ada beberapa jenis burung yang tergolong sulit untuk beradaptasi dengan lingkungan baru atau lingkungan yang tidak dikenal lainnya. Nah, beda halnya dengan burung kenari ini, akan lebih mudah untuk beradaptasi dengan lingkungan baru. Jadi, bagi temen-temen tidak terlalu kesulitan untuk mengeurus burung kenari ini.

  1. Rajin Gacor

Selain dapat membuatnya menjadi jinak dan memiliki beradaptasi dengan baik, maka dalam melakukan perawatan akan mengalai kemudahan untuk melakukannya, terutama dalam membuatnya cepat acor dengan suara yang indah. Mengingat, jinaknya burung peliharaan dan mudah untuk beradaptasi dengan baik, maka bukanlah hal yang mustahil untuk membuatnya menjadi cepat acor dan rajin gacor.

Cara Merawat Burung kenari Agar Rajin Gacor

Untuk melakukan perawatan harian burung kenari cukup sederhana saja, dan tidak melakukan perawatan yang rumit. Akan tetapi dalam melakukan perawatan ini jangan temen-temen anggap remeh, karena dengan melakukan perawatan yang rutin dapat membantu dalam mendapatkan kenari yang berkualitas.

  1. Memandikan burung kenari

Seperti burung jenis lainnya, burung kenari harus dimandikan setiap harinya, karena dapat membuat badannya menjadi lebih segar dan dapat membuatnya menjadi lebih ajktif dan juga sehat tentunya.

Selain itu, ketika memandikannya, terutama dengan menggunakan air yang dicampur dengan anti bakteri, maka dapat membantu membersihkan kotoran yang menempel pada bulu-bulunya.

Setelah dimandikan, maka dibutuhkan untuk menjemurnya, akan tetapi sebaiknya untuk menghindari menjemur dengan matahari langsung, cukup di tempat sedikit yang teduh dan cuaca yang hangat.

  1. Membersihkan kandang

Dalam membersihkan kandang merupakan hal yang wajib untuk dilakukan, entah itu untuk merawat Lovebird, murai batu atau jenis burung lainnya. Membersihkan kandang merupakan pencegahan burung terhindar dari penyakit yang terdapat dari kandang yang kotor dari kotoran burung itu sendiri dan juga dari sisa makanan yang membusuk.

  1. Perhatikan pakan

burung kenari memiliki banyak jenis makanan yang biasa dikonsumsi, dengan berbagai macam manfaat untuk tubuhnya, terutama dalam membuatnya menjadi gacor dan juga berbagai macam manfaat lainnya dari jenis makanan yang ada. Dan anda bisa membaca artikel lainnya tentang makanan burung kenari dari halaman lainnya.

Mengenal jenis-jenis Burung kenari

  1. Burung kenari jenis Warna

Kenari jenis warna ini merupakan jenis kenari yang memiliki warna yang lebih bagus secara alami dan juga bagus untuk di ikut lombakan, seperti :

  • Yellow
  • Red Mozaik
  • Red Intensif
  1. Burung kenari Postur Besar

Burung kenari ini merupakan jenis burung kenari dengan memiliki cirri-ciri fisik yang lebih besar dibandingkan dengan jenis lainnya, dan juga sering di ikut konteskan, dengan berbagai jenis yang ada, seperti :

  • Lizard
  • Yorkshire
  • Lancashire
  1. Burung kenari jenis Penyanyi

Jenis burung kenari yang satu ini, merupakan jenis burung yang memiliki kualitas yang tinggi dibandingkan dengan jenis burung kenari lainnya. Dan biasanya jenis burung ini sering dijadikan masteran bagi para kicaumania.

Ada beberapa jenis burung kenari yang dikelompokan jenis burung lainnya, seperti :

  • Burung kenari Spanish timbrado
  • Burung Kenari Amerika singer
  • Burung Kenari water slager
  • Burung kenari Roller

Nah, dengan melihat penjelasan yang telah di sampaikan di atas tentang cara merawat burung kenari, maka temen-temen kicaumania bisa mendapatkan kualitas suara gacor yang baik untuk burung peliharaanya.

3 thoughts on “Cara Merawat Burung Kenari Agar Gacor dan Pada Saat Mabung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *