burung decu macet bunyi

Cara Mengatasi Burung Decu Macet Bunyi Agar Gacor Kembali

Posted on

Burung decu memiliki penampilan yang hampir mirip dengan burung kacer, namun perihal kicauannya burung decu tidak kalah dengan burung kacer, karena kemampuan berkicau yang baiklah yang membuat burung ini cukup memiliki eksistensi yang baik.

Seperti burung pada umumnya, untuk membuatnya gacor dan memiliki suara kicauan yang optimal, membutuhkan perawatan yang cukup lama, apalagi burung decu tersebut di pelihara sejak masih anakan.

Karena proses panjang hingga membuat burung bisa memiliki kicauan yang baik, maka ketika persoalan burung menjadi macet bunyi merupakan hal yang di hindari dan ditakuti oleh kalangan kicaumania.

Oleh sebab itu, jika burung decu rekan-rekan sudah terlanjur macet bunyi, maka pada penjelasan di bawah ini bisa membantu untuk membuatnya pulih kembali.

Cara Mengatasi Burung Decu Macet Bunyi

Burung decu macet bunyi bisa di sebabkan oleh berbagai macam hal, seperti burung kekurangan birahi, penyimpanan sangkarnya terlalu dekat dengan burung lainnya sehingga burung menjadi ngedrop dan membuatnya menjadi macet bunyi.

Namun, apapun penyebab burung decu macet bunyi, maka hal yang harus dilakukan adalah dengan melakukan perawatan yang akan kalian ketahui pada penjelasan di bawah ini.

  1. Pisahkan dengan Burung Lainnya

Terlalu sering di dekatkan dengan burung Fighter lainnya, bisa membuat burung menjadi macet bunyi karena burung menjadi cepat kelelahan, dan juga mentalnya drop karena merasa kalah.

Hal terbaik agar pulih kembali mental Fighternya, maka sebaiknya jauhkan dari burung lainnya, hingga mentalnya balik kembali dengan di tandai burung mau berkicau kembali seperti sediakala.

download suara burung

  1. Atur Ulang Pakan

Ketika burung decu malas berkicau dan meskipun berkicau hanya mengeluarkan suara ngeriwik saja, maka untuk pakannya di setting ulang dengan memberikan pakan dengan jumlah pakan tertentu, Seperti :

  • Berikan 5 ekor jangkrik setiap hari, ketika pagi dan sore hari
  • Berikan ualt hongkong sebanyak 7 ekor setiap hari yang di berikan pada pagi, siang dan sore hari
  • Berikan kroto selama 2 sampai 3 kali dalam seminggu pada saat burung di embunkan
  • Berikan suplemen dan Multivitamin selama 2 sampai 3 kali dalam seminggu
  1. Pengembunanan dan mandi malam

Jika burung tidak mau bunyi atau hanya sekedar ngeriwik saja bunyinya, maka lakukan mandi malam sekitar jam 18.00 – 21.00, namun tetap memperhatikan cuaca selama 2 kali dalam seminggu.

Selain itu, lakukan hal lainnya juga, seperti :

  • Ketika burung selesai mandi malam, berikan jangkrik sebanyak 2 sampai 3 ekor dan ulat hongkong sebanyak 3 sampai 5 ekor.
  • Setelah burung makan dan bulunya kerung, maka kandangnya di krodong agar bisa beristirahat dengan cukup
  • Ketika pagi hari burung di embunkan secara rutin setiap harinya
  1. Suara terapi

Agar proses terapinya berjalan lancar, maka burung tersebut di perdengarkan suara terapi yang bisa kalian download terlebih dahulu di halaman lain, Lihat : Suara Terapi Burung decu .

Nah, demikianlah tips kali ini untuk mengatasi burung decu yang malas bunyi agar pulih kembali.