makanan burung kacer

Makanan Burung Kacer Biar Gacor dan Disaat Mabung

Posted on

Burung kacer memiliki makanan favorit tersendiri seperti jenis burung lainnya. Karena setiap burung memililiki kebiasaan dan kesukaan makanan yang disukainya.

Melakukan dalam pemberian pakan ke burung peliharaan merupakan perawatan burung harian yang sebaiknya memberikan berbagai macam jenis pakan yang disukai burung kicauan, karena setiap pakan yang ada memiliki manfaat yang berbeda-beda ketika diberikan pada burung kacer.

Jika salah dalam memberikan pakan terhadap burung peiharaan, maka bisa membuat pakan yang diberikan tersebut tidak dikonsumsi dan membuat kandang menjadi cepat kotor dan bahkan dapat membuat tubuh burung kacer menjadi sakit.

Makanan Burung Kacer Biar Gacor

Ada beberapa makanan yang bisa diberikan pada burung kacer anda menjadi tetap aktif dan sehat dan terlebih dapat membuatnya menjadi lebih aktif mengeluarkan suara.

  1. Pakan Voer

Voer merupakan pakan yang bisa temen-temen kicaumania beli ditempat yang menjual pakan untuk ternak.

Dalam banyak makanan yang bisa diberikan pada burung kacer, makanan dari voer ini dapat diberikan setiap harinya dan kandungan nilai gizinya sudah disesuiakan, seperti kebutuhan protein, lemak, karbohidrat dan gizi lainnya sudah disesuaikan dengan kebutuhan burung kacer.

Jika temen-temen ingin memberikan pakan voer ini secara rutin setiap harinya pada burung peliharaan anda, maka perhatikan kandungan gizi pada kemasan produk dari pakan voer ini.

  1. Pakan dari kroto

Jika dari pakan voer dapat diberikan setiap hari pada burung kacer, maka dalam pemberikan pakan kroto dapat diberikan dalam setiap peringgunya. Dan selain itu, pemberian pakan kroto ini di maksudkan untuk memberikan energy pada burung dan menghindari burung kacer menjadi lemas dan tidak bergairah.

Kroto merupakan makanan tambahan ( ekstra fooding ) bagi burung kacer, ketika pemberian voer membuatnya bosan untuk di konsumsi, maka bisa diberikan pakan mingguan, selain itu manfaat yang akan di dapatkan bagi burung kacer menjadikan nilai lebih tersendiri. Selain itu, koto memiliki kandungan protein yang cukup tinggi yang baik untuk kesehatannya.

  1. Jangkrik

Jankrik merupakan makanan yang disukai oleh burung kacer, yang bisa diberikan pada kacer setiap harinya. Misalkan memberikan jangkrik sebanyak 1, 3 sampai 6 setiap harinya. Atau bisa dengan memberikan jenis serangga lainnya, seperti ulat hongkok, kroto.

  1. Pakan dari biji-bijian

Biji-bijian merupakan makanan yang hampir banyakk burung kicau konsumsi, termasuk dari burung kacer ini. Untuk jenis pakan yang bias diberikan pada burung kacer, maka bisa dengan memberikan jenis pakan seperti jewawut, palet dan juga biji jagung.

  1. Buah-Buahan

Buah-buahan juga merupakan makanan yang disukai oleh burung kacer, seperti buah, pisang, jeruk , papaya dan berbagai macam jenis buah-buahan lainnya.

Dalam meberikan pakan dari buah-buahan tersebut, maka bisa dengan cara memberikannya secara bergantian, agar burung tidak bosan dan memiliki peluang untuk dikonsumsi dengan cukup untuk burung kacer.

Makanan Burung Kacer Saat Mabung

Ada masa tertentu dimana burung kacer akan megalami mabung, dan ini merupakan hal yang ilmiah. Namun bagi seorang pemula akan panik dibutnya dan khawatir burung kicau peliharaanya tersebut takut mati dan di anggap sakit.

burung kacer mabung

Terjadinya mabung merupakan hal yang ilmiah yang terjadi pada burung kacer, maka untuk mengataasinya, maka bisa dengan menyesuaikan pakan yang diberikan pada burung, agar burung kacer yang sedang mabung tidak sakit, dan tetap sehat dan mempercepat proses mabung tersebut.

  1. Pakan Yang Mengandung Protein

Makanan yang mengandung protein sebaiknya diberikan pada burung kacer yang sedang mabung, karena protein memiliki manfaat yang dapat menjaga kesehatan bulu dan membantu dalam pertumbuhan bulu dan menjadikannya cepat tumbuh.

  1. Pakan Yang mengandung lemak baik

Pakan yang memiliki kandugan lemak yang diberikan pada kacer dapat membantu dapat mensuplai kebutuhan energy pada burung kacer, karena pada masa mabung, burung kacer dapat membuatnya cepat lemas dan membutuhkan banyak energy yang dibutuhkan.

  1. Buah-buahan

Buah-buahan merupakan makanan yang disukai oleh burung kacer, entah itu yang sedang mabung atau tidak. Pemberian pakan pada burung kacer saat mabung memiliki manfaat yang dapat memberikan vitamin, karena buah-buahan memiliki banyak jenis vitamin yang dapat meregenerasi bulu yang sedang mabung.

  1. Multivitamin

Banyak jenis multivitamin yang bisa diberikan pada burung peliharaan dalam membentu dalam proses mabung tersebut, karena biasanya multivitamin seperti birdvit memiliki banyak vitamin, seperti vitamin B3,B6,B2,B1,D3 dan k3 yang membuatnya tetap sehat saat mabung dan membantu pertumbuhan bulu burung kacer.

  1. Bird Mineral

Saat burung kacer mabung, maka akan rentan terjadinya stress, maka dari itu pemberian pakan dari Bird mineral dapat memberikan asupan gizi yang dapat membuatnya menjadi sehat dan terhindar dari stress yang dapat membuatnya menjadi sakit.

Nah, berikut adalah makanan burung kacer untuk diberikan setiap harinya dan bisa diberikan pada saat mabung yang bisa temen-temen berikan.

One thought on “Makanan Burung Kacer Biar Gacor dan Disaat Mabung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *