makanan burung kolibri

Makanan Burung Kolibri Agar Cepat Gacor dan Cara Merawatnya

Posted on

makanan burung kolibri – Burung kolibri merupakan jenis burung yang biasa hidup di alam liar dan merupakan jenis burung liar. Mungkin sebagian para kicau mania tidak mengetahui jenis burung ini, terutama bagi seorang pemula. akan tetapi bagi para kicau mania yang sudah lama menekuni burung peliharaan, maka bisanya akan mengetahui dan bahkan ingin memiliki burung yang satu ini.

Hummingbird atau biasa di sebut burung kolibri ini memiliki kemampuan terbangnya yang baik, dengan memilki bentuk tubuh yang mungil dan kecil. Akan tetapi, yang namanya burung, kebanyakan darinya memiliki ciri khas suara kicauan yang dimilikinya, seperti burung kolibri ini yang menjadikan para kicaumania ingin memeliharanya.

Jika temen-temen ingin memelihara burung ini tentunya ingin mengetahui, makanan yang biasa di konsumsi oleh burung kolibri, terutama bagi seorang pemula. Namun , sebelum mengetahui makanan burung kolibri, maka akan memberikan Informasi tentang cara merawat burung Kolibri, sehingga burung tersebut mampu mengeluarkan kicaun terbaiknya.

Cara Merawat Burung Kolibri

cara merawat burung kolibri

Biasanya bagi seorang pemula, ketika memelihara burung kicauan, hanya sebatas pemberian pakan, kandang dan air. Namun untuk detailnya penting untuk di perhatikan, agar nantinya burung tersebut mampu mengeluarkan kuaitas terbaiknya.

Menjaga kesehatan burung kolibri menjadi hal yang paling mendasar dalam perawatan burung, apapun jenisnya. Banyak hal yang mempengaruhi kesehatan burung itu sendiri,lengkapnya antara lain pada penjelasan di bawah ini :

  1. Menjaga Kebersihan kandang

Jangan sepelekan tentang kebersihan kandang, karena dari kandang yang kotorlah yang dapat membuat kesehatan burung terganggu. Karena kandang yang kotor dari kotoran yang menumpuk dan juga sisa makanan yang membusuk dapat mengundang kuman dan bakteri yang membaayakan bagi burung itu sendiri.

Jangan tunggu sampai kandang kotor, maka rutinlah membersihkan kandang secara berkala, dan sebisa mungkin memastikan kandang benar benar bersih dari noda apapun yang dapat mengundang penyakit.

  1. Pengembunan Burung Kolibri

Pada pagi hari maka bisa dengan mengeluarkan kandang kolibri ke luar rumah, dengan mengeluarkannya di pagi hari, memiliki maksud untuk membuatnya berkicau dan juga untuk mendapatkan udara yang bagus untuk kesehatannya.

Pada pagi hari, biasanya naluri dari burung akan rajin berkicau, dan tentunya sangat baik untuk melatih kicauannya.

  1. Memandikan Burung Kolibri

Sebagian besar dari burung perlu untuk di mandikan untuk menjaga kesehatannya, apalagi burung kolibri ini yang sebagian jenis burung kolibri menyukai tentang kebersihan badannya. Selaiin itu untuk menghindari burung tersebut stress ketika badannya tidak bersih.

Untuk memandikan burung kolibri bisa dilakukan pada pagi dan sore hari , bisa dengan cara menyemprotkannya air atau juga bisa dengan menenggelamkan badannya menggunakan tangan hingga basah kuyup.

  1. Menjemur Burung Kolibri

Setelah di mandikan , entah itu dilakukan pada pagi hari atau sore hari, maka selanjutnya adalah dengan menjemurnya. Terutama menjemur di pagi hari sangat baik untuk kesehatan tubuh dan tulangnya karena dapat manfaat dari pancaran sinar matahari di pagi hari.

Makanan Burung Kolibri Agar Cepat Gacor

gambar burung kolibri

Gambar Burung kolibri

Dari penjelasan di atas tidaklah cukup untuk mendapatkan kualitas dari burung kolibri, maka selanjutnya adalah dengan cara memberikan pakan yang biasa disukainya.

Makanan memberikan peranan penting agar setiap harinya burung menjadi lebih aktif dan rajin untuk berkicau.

  1. Jeruk

Buah jeruk yang di berikan pada burung kolibri memberikan manfaat yang dapat membantu dalam memberikan energy pada burung itu sendiri. Selain itu, dengan pemberiain pakan dari jeruk, akan membuatnya memiliki suara kicauan yang nyaring, karena kandungan Vitamin di dalamnya. Namun jangan terlalu banyak untuk memberikan pakan dari jeruk ini, hanya berikan beberapa saja dan berikan pakan lainnya yang di butuhkan oleh tubuhnya.

  1. Extra Fooding

 Extra fooding merupakan jenis pakan dari serangga kecil yang biasa di berikan pada burung kicauan, seperti burung murai batu. Adapun pakan yang diberikan pada burung kolibri, antara lain, seperti , kroto, belalang , ulat ongkong.

Biasanya pakan dari Extra Fooding ini akan mendorong burung menjadi lebih gacor atau rajin untuk berkicau dan juga membantu dalam pertumbuhan burung itu sendiri.

  1. Madu

Madu dan juga sari bunga merupakan makanan burung kolibri di alam liar yang baik di berikan untuk memberikan stamina pada burung tersebut. Namun, sebaiknya hindari pemberian pakan dari madu ini dalam jumla banyak karena dapat membuat tubuh burung menjadi panas karenanya.

Maka dari itu, untuk pemberian pakan ini berikan sedikit saja, karena panas yang di hasilkan dapat membuat bulu burung menjadi rontok.

Nah, demikian pembahasan kali ini tentang makanan burung kolibri dan cara merawat burung kolibri, sehingga kualitas terbaik yang dimiliki oleh burung tersebut bisa di dapatkan hasil perawatan rutin yang anda lakukan.