kenari merah wortel

Kenari Merah/Wortel: Ciri Asli dan Palsu, Tips Memilih dan Membelinya

Posted on

Burung kenari memiliki banyak peminat dengan berbagai macam tujuan seseorang yang ingin memeliharanya.

Dari kualitas suara, kenari memang memiliki suara kicauan yang bervariasi dan merdu sesuai dengan perawatan yang di lakukan oleh pemiliknya.

Bukan hanya dari suara, kenari juga banyak di sukai dari sisi penampilan fisiknya, dimana warna bulu dan perpaduan ciri fisiknya yang menawan membuatnya terlihat menawan dan elegan.

Salah satu yang banyak peminatnya dari berbagai macam jenis kenari adalah kenari merah/kenari wortel memiliki banyak peminat, karena warna bulu yang terdapat pada kenari merah, warnanya merah terang, sehingga enak untuk di lihat.

Burung Kenari Wortel Merah yang Asli

Di luar sana, banyak oknum yang menjual kenari merah palsu untuk mendapatkan keuntungan yang besar, karena minat yang banyak, harga dan kelangkaan dari kenari merah ini menjadikan nilai jualnya tinggi, sehingga ada oknum yang tidak bertanggung jawab menjual kenari merah wortel palsu.

Lihat Juga : Manfaat Binahong untuk Kenari

Kenari merah asli dan palsu sekilas memang memiliki warna bulu yang sama, sehingga sulit untuk di bedakan bagi seorang pemula.

Para oknum penjual kenari merah biasanya mewarnai bulu kenari jenis lain dengan pewarna, sehingga warnanya mirip dengan kenari merah wortel dengan cara mewarnai bulunya atau memberikan bahan kimia berbahaya ke dalam pakan kenari sehingga bulunya bewarna merah.

Cara Memalsukan Warna Bulu Kenari Merah

Ada 2 cara yang sering di pakai oknum untuk merubah warna bulu kenari lain menjadi kenari merah/ kenari wortel.

Cara pertama untuk memalsukan kenari merah adalah dengan meracik pakan kenari dengan bahan kimia yang berbahaya, dan ketika burung mengkonsumsinya, maka warna bulu kenari tersebut bulunya akan bewarna merah, mirip seperti kenari merah asli.

Lihat Juga : Cara Merawat Bulu Kenari

Cara kedua untuk memalsukan kenari wortel merah adalah dengan cara memandikan atau menyemprot bulu kenari kedalam cairan pewarna kimia yang bewarna merah pekat, sampai bulunya menjadi seperti kenari merah asli.

Ciri-ciri Kenari wortel Merah Asli

Karena untuk membedakan kenari merah asli dan palsu cukup sulit untuk di lakukan, terutama dilakukan oleh seorang pemula, selain tips untuk cara memalsukan yang telah kami sampaikan di atas sebagai antisipasi, maka berikut kami sampaikan juga tips untuk mengetahui kenari merah asli dan palsu dengan melihat ciri-cirinya pada penjelasan di bawah ini.

  1. Paruh Kenari Merah

Perhatikan bagian paruh kenari merah, dan jika warna paruhnya bewarna luntur atau warnanya sangat tajam, kenari merah tersebut berkemungkinan jenis kemari merah palsu.

Lihat Juga : Perawatan Kenari Mabung

  1. Batang Bulu kenari Merah

Tidak jauh berbeda dengan paruh dan kakinya, kemungkinan besar jika warna batang bulunya sangat pekat atau luntur adalah kenari wortel merah palsu.

  1. Ring Kaki Kenari Wortel

Untuk anda yang ingin aman membeli kenari merah sebaiknya pilih yang jelas asal usulnya, seperti membeli yang jelas dari peternak mana, indukannya seperti apa, hasil kawin silang anda kenari apa saja, tanggal lahir yang biasanya memiliki identitas peternak yang bisa di lihat dari sertifikat dan ringnya.

  1. Kenari Merah Mabung

Biasanya oknum yang merubah warna kenari lain menjadi kenari merah dilakukan pada saat kenari menjelang mabung, karena hasilnya bisa mendekati dengan kenari merah aslinya, seperti warna bulu yang akan tumbuh mirip sekali dengan kenari merah asli.

Untuk itu, untuk mengecek apakah kenari merah tersebut asli atau tidak, maka tunggu hingga kenari tersebut mabung berikutnya, jika warna bulunya tidak berubah, berarti kenari merahnya asli.

Lihat Juga : Cara Menjemur dan Memandikan Kenari

  1. Cabut Beberapa Helai Bulu

Untuk memastikan dengan cara ini, anda bisa mencabut beberapa bulu bagian dada kenari beberapa helai saja, dan tunggu hingga 2 – 3 minggu lamanya.

Jika bulu baru yang tumbuh tersebut memiliki warna lain, maka anda harus curiga, kenari merah tersebut memang kenari merah wortel palsu.

  1. Warna Bulu Kenari Palsu

Warna bulu kenari asli memiliki warna yang rapih dan beraturan secara alami, karena ada juga warna bulu kenari yang palsu ada yang memiliki warna bulu yang tidak beraturan atau tidak rapih, karena pada saat menyemprot dengan pewarna kimia dilakukan dengan cara yang tidak beraturan.

  1. Bau Bulu Kenari Merah

Biasanya pengecetan bulu kenari merah menggunakan cat, tinta cat, pewarna makanan, tinta spidol, pewarna pakaian dan lainnya yang memiliki bau yang menyengat.

Sehingga ketika di semprot atau di semir ke bulu kenari akan berbau menyengat, untuk itu anda bisa mencium aroma bulu kenari tersebut, dan pastikan tidak berbau menyengat, karena kenari merah asli tidak memiliki bau yang menyengat.

Lihat Juga : Cara Melatih Mental Kenari

  1. Semprot dengan Air

Jika anda masih ragu untuk mengecek kenari merah tersebut, anda bisa mencobanya dengan menyemprot dengan air, dan jika pewarna kenari merah palsu belum sempurna melekat, maka akan mudah luntur.

Namun, cara ini hanya bisa dilakukan ketika cat pewarna bulu kenari belum melekat sempurna, dan jika sudah melekat sempurna, di semprot dengan airpun tidak akan luntur.

  1. Bulu Kenari Merah di Olesi Minyak

Cara terakhir untuk mengecek bulu kenari merah atau palu adalah dengan cara mengolesi minyak, karena dengan mengolesi minyak, pewarna pada kenari merah palsu akan luntur.

Minyak yang bisa digunakan untuk mengeceknya bisa menggunakan minyak zaitun, tinner atau minyak kayu putih.

Demikianlah tips kali ini yang bisa sampaikan untuk mengetahui ciri-ciri kenari merah asli dan palsu, sehingga ketika anda ingin membelinya tidak tertipu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *