cara menjinakan burung poksay

Cara Menjinakan Burung Poksay Yang Masih Giras dengan Mudah ( Semua Jenis )

Posted on

Burung poksay memiliki banyak jenis, seperti poksay genting/mandarin, poksay hongkong, poksay jambul dan berbagai macam poksay lainnya.

Namun, apapun jenis burung poksay pada umumnya semua burung poksay sulit untuk dijinakan, makanya banyak para kicaumania yang kewalahan dalam hal merawatnya, dan membuat burung sulit untuk membuatnya menjadi rajin berkicau.

Padahal dalam merawat burung, apapun jenisnya, jinak pada burung itu sendiri merupakan hal untuk dilakukan agar burung bisa berkembang dengan baik.

Jadi, sebelum rekan-rekan kicaumania yang ingin merawat burung poksay, maka bisa memulainya terlebih dahulu perihal menjinakannya terlebih dahulu.

Cara Menjinakan Burung Poksay

Untuk memulai dalam menjinakan burung poksay, memang tidak bisa dilakukan dengan cepat, apalagi burung poksay tersebut merupakan hasil tangkapan dari hutan yang belum jinak.

Baca Juga : Cara Merawat Burung Poksay Mandarin/genting

Namun, apapun jenis burung poksay dan asal usulnya, seperti di dapatkan dari hasil tangkapan hutan atau di beli dari penangkaran, antara lain :

  1. Terapi lapar

Burung poksay memiliki nafsu makan yang baik terhadap pakan dari serangga, maka dari itu, sifat rakus dari makanan serangga tersebut atau pakan lainnya, bisa dimanfaat untuk menjinakan burung poksay tersebut menjadi jinak.

Membuat burung poksay tergantung pada pemiliknya merupakan hal yang penting dalam tips ini, sehingga burung akan terus tergantung pada pemiliknya ketika lapar, dan ketika burung lapar menjadi tidak ragu-ragu untuk meminta pada pemiliknya.

download suara burung

  • Pada malam hari burung di istirahatkan dan pakan yang ada di sangkarnya di cabut terlebih dahulu
  • Ketika pagi hari pakan di masukan kembali ke sangkarnya dan memberikan kesempatan burung untuk memakan beberapa makanan untuk dikonsumsi
  • Pada pagi hari, burung dimandikan dan di jemur selama 3 sampai 4 jam, akan tetapi jangan di berikan pakan terlebih dahulu, sebagai terapi lapar yang sedang di lakukan
  • Karena burung lapar setelah dimandikan dan dijemur, maka burung di berikan pakan serangga setiap 1 jam sekali ( menggunakan tangan langsung, jika burung belum mau mengkonsumsi serangga bisa menggunakan lidi agar jarak pemilik dan burung tidak berdekatan )
  • selama3 sampai 4 jam , masukan kembali pakan dari buah-buahan yang disajikan selama 30 – 40 menit
  • Setelah itu pakan buah-buahan di ankat kembali
  • Biasanya cara ini sudah dilakukan hingga beberapa hari, burung akan mau mengkonsumsi makanan yang di berikan menggunakan tangan pemiliknya secara langsung
  1. Mandikan Hingga Basah Kuyup

Jika, cara di atas bukan pilihan anda untuk menjinakan burung poksay, maka bisa melakukannya dengan cara ini, yaitu dengan memandikan burung hingga basah kuyup yang dilakukan selama 2 sampai 3 kali dalam seminggu sebagai kombiasi dalam menjinakan poksay.

  • Mandikan burung hingga basah kuyup, bisa menggunakan sprey, dalam keadaan bulunya basah, berikan pakan kesukaannya, seperti ulat hongkong dan jangkrik
  • Lebih baik, ketika sedang memandikannya, sebaiknya pegang, agar burung terbiasa di pegang oleh pemiliknya, meskipun pada awal-awal, burung tidak bisa diam ketika di pegang
  • Karena burung poksay suka dengan suhu lembab, maka bisa ketika hujan datang, burung di gantang di tempat terbuka, hingga burung bisa puas hujan-hujanan hingga bulunya basah
  • Setelah itu, selama proses pengeringan bulu yang basah kuyup, burung di pindahkan sangkarnya,sambil memberikan pakan kesukaannya

Lihat Juga : Daftar Harga Burung Poksay

  1. Gantang Burung dengan Posisi Rendah

Burung yang sering di simpan di tempat sunyi, apapun jenisnya burung akan sulit untuk di jinak, sehingga burung akan sulit beradaptasi dengan lingkungan yang cukup ramai.

Maka dari itu dalam penyimpanan burung poksay yang belum jinak, sebaiknya simpan di tempat yang cukup ramai dan posisi sangkarnya di simpan cukup rendah, sehingga burung mudah beradaptasi dengan keramaian, lingkungan dan sekeliling burung.

Mungkin, untuk beberapa minggu, burung akan sering berontak dan terlihat gelisah karena tidak nyaman ketika di simpan di tempat yang ramai dan posisi rendah, akan tetapi , lambat laun burung akan capek sendiri dan bosan, hingga burung terbiasa dan menjadi jinak.

Nah, demikianlah ulasan kali ini tentang tips menjinakan burung poksay yang bisa kalian coba untuk membuat poksay giras menjadi jinak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *