cara merawat burung sanger

Cara Merawat Burung Sanger Agar Cepat Ngerol dan Keras Suaranya

Posted on

Burung sanger memiliki tubuh yang hampir mirip dengan burung blackthroat, namun yang membedakan keduanya adalah, dimana burung sanger memiliki warna bulu yang agak pudar dan tidak memiliki bulu yang bewarna kuning di bagian pangkal ekornya.

Selain itu, burung sanger juga memiliki bentuk dan panjang tubuh lebih pendek dari burung blkacthroat. Dimana panjang tubuh burung sanger hanya sekitar 10 – 11 cm, sedangkan panjang tubuh burung blackthroat bisa mencapai 12 – 15 cm.

Untuk membuat burung sanger menjadi rajin untuk berkicau dan aktif secaa umum perlu melakukan perawatan, akan tetapi dalam merawat burung sanger memerlukan perawatan khusus yang tidak bisa di samakan dengan perawatan burung blkackthroat dan kenari, maka berikut adalah perawatan burung sanger.

Cara Merawat Burung Sanger

Untuk membuat burung sanger memiliki suara yang ngerol dengan suara yang kencang membutuhkan perawatan, seperti pemberian pakan, memandikan, menjemur dan tips lainnya.

  1. Bersihkan kandang

Salah satu kunci untuk membuat burung menjadi aktif dan rajin berkicau, termasuk dalam perawatan burung sanger.

Setidaknya dengan membuat kandang burung sanger tersebut dapat mencegah burung terserang penyakit dan menyerang kesehatannya.

  1. Pemasteran

Sering putar suara masteran yang memiliki suara ngerol, entah itu menggunakan burung sanger yang sudah mengeluarkan suara ngerol atau suara burung lainnya, seperti burung blackthroat, kenari dan juga pleci.

Lihat Juga : Suara Burung Sanger

  1. Krodong pada malam hari

Untuk menjaga stamina burung pada siang hari dan burung bisa beristirahat dengan cukup pada malam hari, maka sangkar burung di krodong dan untuk menjaga adanya gangguan nyamuk pada malam hari dan hembusan angin.

Ketika burung dapat bersitirahat dengan cukup pada malam hari, maka keesokan harinya burung akan segar bugar dan membuatnya menjadi aktif dan rajin berkicau.

download suara burung

  1. Jemur Burung sanger

Agar burung terpancing untuk rajin berkicau, maka setiap harinya burng rajin di jemur selama 3 sampai 4 jam.

Burung sanger memiliki asal usul di Afrika yang memiliki suhu yang panas. Namun, burung sanger yang ada di pasaran merupakan sanger lokal yang sudah terbiasa dengan suhu tropis di Indonesia. Maka dari itu untuk penjemuran burung sanger di sesuaikan saja.

Lihat juga : Harga Burung Sanger

  1. Pakan Burung Sanger

Seperti burung blackthroat, burung sanger juga meerupakan burung yang menyukai pakan dari biji-bijian, jadi untuk pemberian pakan dari biji-bijian tinggal di kombinasikan dan hindari pemberian jumlah yang berlebihan yang bisa membuatnya mengalami kegemukan yang bisa memicu burung malas untuk berkicau.

Selain itu, untuk melengkapi asupan gizi burung sanger, berikan pakan ekstrafooding, seperti putih telur rebus,daun krokot, dan sayuran-sayuran lainnya untuk membuat burung rajin berkicau.

  1. Multivitamin

Untuk membuat burung terjaga kesehatannya, karena di khawatirkan kekurangan asupan Vitamin dari pakan yang sudah di berikan, maka berikan multivitamin yang bisa di beli di kios burung.

  1. Jauhkan dari burung lainnya

Dalam penyimpanannya setiap hari , sebaiknya burung sanger di jauhkan dari burung lain atau burung sejenis.

Burung sanger memiliki sifat teritorial, sehingga ketika ada burung lain di dekat sangarnya, maka akan membuatnya sangat agresif, sehingga jika sering di simpan dengan burung lainnya, akan membuat burung sering kehabisan energynya, yang bisa membuatnya mudah cepat lelah dan drop mentalnya.

Nah, demikianlah cara merawat burung sanger agar cepat ngerol dan bersuara lantang dengan perawatan sederhana tapi efektif membuatnya menjadi gacor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *