burung jalak macet bunyi

Penyebab dan Cara Mengatasi Burung Jalak Yang Malas Bunyi dan Kurang Aktif

Posted on

Burung jalak terkenal dengan kicauan, dan burung ini juga sering di sebut burung yang cerewet sepanjang hari dan mudah gacor. Selain itu burung jalak juga sangat aktif, dan inilah salah satu alasan banyak kicaumania menyukai burung jalak.

Namun, apa jadinya jika burung jalak macet bunyi ?

Ya, tentunya ada beberapa kemungkinanan yang terjadi, entah itu salah dalam merawatnya, dimana ada penyebab yang membuatnya menjadi malas berkicau dan malas aktif.

Ada beberapa jenis burung jalak yang memiliki peminat di Indonesia yang cukup banyak, seperti jalak suren, jalak kebo, jalak nias, jalak putih dan berbagai macam jenis jalak lainnya, akan tetapi apapun kelebihan yang dimiliki oleh setiap burung jalak, sifat rajin berkicau dan aktif bergerak merupakan karakter burung jalak pada umumnya.

Penyebab Burung Jalak Malas Bunyi dan Kurang Aktif

Jika burung jalak anda yang awalnya rajin berkicau sepanjang hari dan mendadak malas bergerak dan malas berkicau ada beberapa kemungkinan penyebab, dan setiap penyebab pemilik jalak akan berbeda-beda tergantung perawatan yang dilakukan.

  • Burung jalak sedang mabung
  • Burung terkena penyakit yang di sebabkan oleh penyakit , virus dan kuman
  • Burung jalak kekurangan Gizi
  • Burung terserang kutu dan tungau
  • Burung mengalami trauma atau stress
  • Burung sakit

Lihat Juga : Harga Burung Jalak ( Semua Jenis )

Cara Mengatasi Burung Jalak Kurang Aktif dan Malas Bunyi

Jadi, sebelum mengatasi burung jalak anda menjadi malas bunyi dan bergerak, maka alangkah baiknya ketahui terlebih dahulu penyebabnya.

Dan jika penyebab jalak anda karena sedang mabung, maka tinggal tunggu saja bulu barunya tumbuh kembali, nanti juga burung mau berkicau dan aktif setelah proses mabungnya selesai.

Namun, jika penyebabnya hal lain, maka berikut adalah tips cara mengatasinya :

  1. Burung Trauma dan Stress

Burung trauma dan stress bisa terjadi pada burung jalak yang sudah jinak sekalipun, entah itu di sebabkan oleh gangguan hewan predator seperti kucing, tikus, anjing atau hewan lainnya yang menganggu kenyamanan burung tersebut.

Selain itu, burung menjadi stress dan trauma juga bisa di sebabkan oleh sangkar yang pernah jatuh, sehingga membuat burung kaget, sakit karenanya.

Untuk memulihkan kondisi burung jalak yang di sebabkan seperti yang di sebutkan di atas, untuk mengatasinya adalah dengan cara menyimpan burung di tempat yang tenang dan nyaman.

Selama proses tersebut jangan dekati dulu burung tersebut, kecuali ketika sedang memberikan pakan dan agar proses pemulihannya terbantu, maka bisa dengan memutar suara terapi air mengalir, suara angin.

  1. Kurang Gizi

Ketidak seimbangan kebutuhan gizi burung akan berdampak pada kesehatan burung, terutama kicauannya.

Burung membutuhkan asupan gizi yang seimbang, seperti asupan pakan dari hewani dan nabati. Maka dari itu, pemberian pakan perlu untuk di kombinasi antara pemberian pakan dari Ekstrafooding seperti jangkrik, ulat hongkong, kroto, belalang dan serang lainnya, buah-buahan ( semangka, apel, pepaya,pisang ) dan juga voer.

Untuk melihat ciri-ciri burung kekurangan asupan gizi bisa dilihat dari penampilannya, dimana badannya kurus, bulunya mudah rusak, kasar, kusut, sorot mata layu, dan tidak rajin berkicau.

  1. Burung terserang Kutu atau tungau

Burng menjadi jarang berkicau juga bisa di sebabkan oleh tungau dan kutu yang menyerang tubuh burung jalak.

Hal tersebut bisa dilihat dari perilaku burung yang terlihat selalu gelisah dan bergerak-gerak tidak jelas, karena rasa gatal yang di hasilkan adanya kutu dan tungau yang bersarang pada tubuhnya.

Untuk mencegah burung mengalami hal tersebut tentunya menjaga kebersihan kandang, pakan, air minum, dan kebersihan burung itu harus dilakukan secara rutin.

Dan jika sudah terlanjur terkena kutu dan tungau, maka bisa membeli produk khusus untuk membasmi tungau dan kutu khusus untuk burung yang bisa di beli secara online atau mebeli di kios burung.

  1. Burung sakit

Burung menjadi malas bunyi dan malas aktif karena sakit, ya tentunya apapun jenis burung itu sendiri akan malas gerak, apalagi berkicau.

Biasanya penyakit tersebut di sebabkan oleh bakteri, virus, jamur, bakteri dan parasit.

Untuk solusi dan cara pencegahannya ya, sama saja sering-seringlah untuk membersihkan kandang dan burung, menjaga kesehatannya .

Nah, demikianlah penyebab dan cara mengatasi burung jalak malas bunyi dan kurang aktif yang bisa di terapkan pada burung jalak jalak kesayangan rekan-rekan kicaumania sekalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *