burung kenari stres

Penyebab dan Cara Mengatasi Burung Kenari Stres Agar Normal Kembali

Posted on

Bicara tentang perawatan burung kenari, cukup banyak persoalan yang akan terjadi, seperti burung kenari menjadi stres yang di sebabkan oleh berbagai macam hal.

Dan tentunya, burung kenari yang stress bisa berpengaruh pada kesehatan mental dan fisik burung itu sendiri, termasuk kemampuan berkicaunnya.

Dan biasanya, burung yang stress akan membuat kenari tersebut menjadi malas untuk berkicau, dan terlihat gelisah dan lain sebagainya.

Penyebab Burung Kenari Stres

Bicara tentang penyebab kenari stress, tentunya setiap kenari akan berbeda-beda, tergantung perawatan yang dilakukan untuk pemiliknya.

Dan secara umum, penyebab kenari stress antara lain :

  • Sangkar yang di pakai kenari terlalu kecil
  • Kenari terlalu birahi
  • Kandang yang terlalu kotor
  • Faktor cuaca yang buruk
  • Burung tidak terbiasa dengan keramaian
  • Burung stres karena di ganggu oleh hewan predator, seperti kucing, anjing, tikus dan lain sebagainya

Cara Mengatasi Burung Kenari Stres

Jangan anggap enteng kenari yang stres, karena jika terlalu lama di biarkan, maka akan berdampak buruk untuk jangka panjang. Dan mau tidak mau, rubah perawatannya khusus untuk mengatasi kenari stres yang sebentar lagi akan di ketahui dengan membaca penjelasannya di bawah ini.

Dapatkan Ribuan File Suara Burung Masteran, Pada Kolom Pencarian di bawah ini...!!!! ⬇️⬇️⬇️

Lihat juga  : Cara Menurunkan Birahi Burung Kenari

  1. Ganti Sangkar

Jika sangkar yang biasa di gunakan terlalu kecil, sehingga membuat burung menjadi stres, maka ganti sangkarnya khusus burung kenari yang bisa di beli di kios burung, tinggal tanyakan saja ukuran sangkar yang sesuai dengan kenari.

  1. Sifat Bawaan

Ada beberapa kenari yang memiliki sifat bawaan burung tersebut, untuk mengatasinya antara lain dengan mencelupkan kepalanya ke dalam air beberapa detik. Memang sih cara ini terlihat sadis, tapi cara ini cukup efektif untuk mengatasinya.

  1. Simpan di tempat nyaman

Burung kenari yang stres membutuhkan tempat yang nyaman, untuk proses pemulihannya. Jauhkan dari gangguan dari hewan predator seperti kucing, anjing, ayam dan hewan predator lainnya , serta simpan kenari di tempat yang tidak terlalu panas.

Lakukan perawatan tersebut secara rutin, lambat laun nanti burung akan kembali ke kondisi normalnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *