burung kenari over birahi

Cara Menurunkan Birahi Burung Kenari Agar Stabil

Posted on

Memiliki birahi yang stabil pada burung kenari merupakan hal baik untuk di dapatkan oleh burung tersebut, karena jika birahi burung stabil dapat membuat burung kenari menjadi rajin untuk berkicau, entah itu ketika dirumah, maupun di arena lomba.

Namun, terkadang dalam hal birahi burung kenari sering di temukan terlalu tinggi, sehingga burung tersebut memiliki perilaku nakal, seperti loncat-loncat dan malas untuk berkicau.

Selain birahi yang tinggi, burung kenari juga bisa mengalami kurangnya birahi, sehingga burung tersebut akan menjadi jarang untuk berkicau.

Cara Menurunkan Birahi Burung Kenari

Setiap burung yang mengalami over birahi, memiliki cara tersendiri untuk mengatasinya, termasuk burung kenari, memiliki metode khusus untuk burung tersebut.

Lihat Juga : Cara Melatih Mental Burung Kenari dan Bersuara Penjang

Merawat burung kenari menjelang lomba dan perawatan harian, perlu untuk di bedakan, dan jika burung terlihat tandan-tanda burung seperti nakal, sering loncat-loncat, maka berikut adalah tips untuk mengatasinya.

  1. Pakan

Pemberian pakan yang tepat, dapat membuat birahi burung menjadi stabil, sehingga burung menjadi rajin untuk berkicau, namun jika pemberian jumlah pakan tersebut di berikan dengan jumlah yang berlebihan, maka akan membuatnya over birahi.

Dan ketika sudah terlanjur birahi, maka berikut setting pakan yang bisa di berikan, Seperti :

  • Kurangi pakan dari biji-bijian
  • Berikan sayuran hijau seperti salada
  • Berikan mentimun setiap hari hingga birahinya stabil
  • Kurangi pakan yang bisa meningkatkan birahi burung seperti kroto, telur rebus dan buah apel

Baca Juga : Cara Beternak Burung Kenari

  1. Perawatan harian

Selain mengurangi pakan tertentu yang harus di rubah dalam pemberiannya, makan untuk perawatan lainnya juga perlu di rubah, sehingga perawatannya tersebut tidak meningkatkan birahi burung.

Dan untuk perawatan harian burung kenari over birahi, antaralain :

  • Kurangi proses penjemuran dari durasi sebelumnya
  • Frekuensi mandi di tambahkan untuk membantu meredam birahinya
  • Sebagai alternatif bisa mengawinkan burung kenari terlebih dahulu

Itulah tips mengatasi burung kenari yang sedang mengalami over birahi yang bisa rekan-rekan kicaumania lakukan sekarang juga untuk memulihkan kondisi burung, ke kondisi terbaiknya, sehingga burung menjadi rajin berkicau kembali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *