burung kenari galak

Cara Mengatasi Burung Kenari Terlalu Galak dirumah dan Saat Lomba

Posted on

Burung kenari yang galak dapat membuat kualitas burung itu sendiri menurun, akan tetapi untuk beberapa kondisi tidak terlalu mengganggu.

Namun, jika burung terlalu galak tentunya akan menurunkan kualitas, terutama ketika burung akan di ikut lombakan.

Menurunnya kualitas pada burung kenari karena burung menjadi galak, tentunya di sebabkan oleh kondisi burung yang tidak baik, yang di sebabkan oleh beberapa hal, seperti :

  • Burung stress/Trauma
  • Burung terlama dipelihara sendiri tanpa pasangan
  • Burung over birahi

Dengan melihat kondisi burung terlalu galak dan di sebabkan oleh hal yang tidak baik untuk kesehatan burung, maka hal tersebut jangan di anggap enteng, butuh segera penanganan untuk mengembalikannya ke kondisi normal.

Cara Mengatasi Burung Kenari Terlalu Galak

Untuk mengembalikan ke kondisi normal, pada burung kenari yang terlalu galak memang tidak terlalu mudah, butuh proses perawatan dan waktu.

  1. Berikan pakan sesuai

Untuk meredam birahinya yang terlalu tinggi, maka berikan burung pakan sayur-sayuran secara bergantian setiap harinya, seperti mentimun, oyong, daun kemangi dan sawi putih.

  1. Kurangi Asupan Protein

Asupan pakan yang mengandung protein , dapat memicu burung menjadi naik birahinya, dan semasa pemulihan ini, sebaiknya burung kurangi terlebih dahulu pakan yang mengandung protein seperti kroto, krokot, tauge, telur rebus dan apel merah.

Lihat Juga : Penyebab dan Cara Mengatasi Burung Kenari Gemuk

  1. Latih di kandang umbaran

Untuk menyalurkan emosi burung yang galak, burung di simpan beberapa jam perharinya, sehingga burung bisa melampiaskan emosinya tersebut, agar nantinya bisa pulih kembali.

Namun, jika tidak memiliki kandang umbaran, bisa menggunakan kandang poiler dengan posisi tenggeran di simpan secara berjauhan.

  1. Menyemprot dengan air

Jika setiap burung mematuk tangan, karena burung terlalu birahi, maka bisa menyemprotkan air ke bagian dada dan pangkal ekor burung.

  1. Mandikan lebih sering

Agar birahi burung meredam, burung dimandikan lebih sering dari sebelumnya, atau anda bisa menyimpan air di cepuk khusus untuk mandi burung.

Selain itu, sesering mungkin untuk menyemprotkan air ke bagian kaki, tenggeran dan bagian perutnya.

  1. Kurangi Jemur

Ketika kenari memuncak birahinya, burung di jemur secukupnya, sekitar 1 jam saja lamanya.

Baca Juga : Cara Mengatasi Burung Kenari Macet Bunyi

  1. Berikan Pasangan

Jika anda memiliki kenari betina, maka tinggal satukanlah kenari jantan yang over birahi tersebut dengan betina. Dan jika burung sudah kawin, maka biasanya burung akan kembali normal birahinya.

Selain cara di atas, anda juga bisa mengecash burung kenari yang terlalu galak dengan kenari lainnya sebelum lomba, untuk membuat burung menjadi tenang ketika di gantang.

Nah, demikianlah tips kali ini kami sampaikan untuk mengatasi burung kenari yang terlalu galak ketika di rumah dan di arena lomba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *