burung kacer macet mabung

Cara Mengatasi Burung Kacer Macet Mabung dan Tidak Tuntas

Posted on

Macet mabung merupakan hal yang sangat tidak di inginkan oleh pemilik burung, karena hal tersebut merupakan kondisi yang sangat merugikan, entah itu bagi burung itu sendiri dan juga pemilik burung.

Burung kacer yang awalnya gacor dan bahkan juara lomba pun, jika mengalami macet mabung, maka akan membuat membuat kondisinya menurun, seperti burung macet bunyi atau malas bunyi dan lain sebagainya.

Ketika di alam liar, sebagian besar burung akan mengalami mabung dengan sempurna, tanpa mengalami macet mabung.

Namun, tentunya ketika kacer peliharaan anda di pelihara, hal tersebut tergantung pemiliknya, dimana jika di rawat dengan cara yang tidak tepat, maka burung akan kemungkinan macet mabung.

Akibat Kacer Macet Mabung

  • Performa dan kualitas burung menurun dengan drastis
  • Kacer menjadi macet bunyi
  • Burung kacer menjadi mudah sakit
  • Beberapa bagian tubuh burung ada yang botak
  • Bulu tubuhnya terlihat tidak normal

Baca Juga : Cara Merawat Burung Kacer Mabung

Penyebab dan Cara Mengatasi Burung Kacer Mabung tidak Tuntas

Terjadinya burung kacer menjadikan proses mabungnya tidak tuntas adalah, adanya pola perawatan yang tidak tepat, sehingga yang seharunya di rawat dengan cara tertentu, justru burung di paksakan di rawat dengan cara yang kurang tepat, dan berakhir mabungnya sulit tuntas.

  1. Cabut Paksa Bulu

Beberapa kicau mania, sering melakukan cabut paksa bulu agar proses mabungnya cepat selesai. Namun justru dengan mencabut paksa bulunya, dapat membuat proses mabung sulit selesai karena burung kesakitan karenanya.

Padahal, untuk membuat bulu burung cepat ambrol justru burung perlu di istirahatkan dari aktifitas biasanya, seperti jangan menjemur, jangan dimandikan dan memberikan pakan yang bergizi dengan cukup.

  1. Asupan Makanan

Asupan makanan perlu di perhatikan dalam perberiannya, seperti memberikan makanan yang mengandung kalori ketika burung mulai merontokan bulunya lamanya, dan memberikan asupan makanan yang mengandung protein untuk membantu proses pertumbuhan bulu barunya.

Selain asupan protein ketika burung kacer mulai tumbuh bulu baru, ada beberapa asupan gizi lainnya seperti keratin, fosfor dan kalsium agar bulunya cepat tumbuh dan pertumbuhan bulunya tumbuh dengan sempurna.

Lihat Juga : Tips Pemilihan Voer yang Bagus Untuk Burung

  1. Porsi pakan

Porsi pakan memang perlu untuk di perhatikan, jangan kekurangan dan juga jangan terlalu berlebihan.

Karena, jika terlalu berlebihan memberikan pakan tertentu seperti kroto, jangkrik, ulat hongkong maka akan membuat burung menjadi aktif dan rajin berkicau, jika selama burung kacer anda mabung seperti itu, maka porsi makanan tersebut di kurangi.

Begitu juga ketika burung kurang asupan pakan ketika proses ambrol bulu dan tumbuh bulu baru, maka porsi makanannya perlu di sesuaikan dengan kebutuhannya.

  1. Stop Lomba Kacer

Ketika burung kacer terlihat tanda-tanda mau mabung burung harus sepunuhnya di istirahatkan, termasuk istirahat dari lomba.

Karena jika di paksakan lomba, maka burung akan lama selesai mabungnya dan mental burung menjadi drop atau stres.

  1. Kacer diIstirahatkan

Burung di istirahatkan total dan jauhkan dari gangguan, seperti gangguan hewan predator, burung lain. Jadi burung hanya melakukan aktifitas makan dan tidur.

Karena, ketika mabung kacer tetap aktif, maka proses mabungnya akan terhambat.

  1. Berikan Pakan Voer Ayam

Ketika burung susah ambrol bulunya atau agar cepat rontok, bisa di berikan pakan dari voer ayam, karena voer ayam memiliki kandungan protein yang besar.

Baca Juga : Perawatan dan Pantangan Burung Mabung

Voer ayam banyak di percaya dapat membantu merontokan bulu burung kacer, karena memiliki kandungan protein yang tinggi, sedangkan voer burung memiliki kandungan protein yang sedikit.

Namun, untuk memberikan voer ayam untuk kacer porsinya secukupnya, karena di khawatirkan burung menjadi terlalu gemuk setelah mabung selesai.

  1. Berikan Daun Pandan atau Kulit jeruk

Ketika bulu kacer sulit rontok, maka di bawah sangkarnya di simpan kulit jeruk atau daun pandan sambil mengkrodong sangkarnya.

Cara melakukannya, simpan beberapa kulit jeruk di bawah sangkar burung hingga kulit jeruk kering, dan ganti dengan yang masih segar ketika kulit jeruk sulit kering.

Begitu juga jika ingin menggunakan daun pandan untuk kacer, caranya kurang lebih seperti yang di sampaikan diatas.

  1. Menjaga Suhu Tubuh Kacer

Menjaga suhu tubuh kacer tetap hangat dan lembab bertujuan untuk membuat pori-pori burung terbuka atau melar, sehingga proses perontokan bulunya menjadi lancar.

Lihat Juga : Manfaat Jemur Pagi Bagi Burung

Untuk mengatasinya adalah dengan cara memberikan lampu kuning 5 wat, kerodong,  voer ayam, pakan minum dan baskon berisi air.

  • Lampu di simpan di atas sangkar
  • Bagian alas di simpan baskom yang di isi air
  • Sangkar di krodong full
  • Lampu di nyalakan ketika malam haridan ketika subuh dimatikan dan menambah air lagi di baskom

Demikianlah tips merawat burung kacer mabung tidak tuntas sehingga membuat kacer menjadi macet bunyi dan menurun performanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *