cara membedakan burung trucukan pejantan dan betina

Cara Membedakan Burung Trucukan Jantan dan Betina Dengan Mudah

Posted on

Mengembiakan dari burung trucuk merupakan salah satu langkah yang baik untuk dilakukan , apalagi burung trucukan tersebut memiliki kemampuan kicauan yang indah. Dan tentunya dengan memiliki kualitas suara yang baik, maka harga jual burung trucukan tersebut dapat meningkatkan harganya.

Harga burung trucukan biasa, temen-temen kicaumania bsia dapatkan dengan harga 50.000 , namun ketika burung tersebut menjuarai lomba kicauan, tentunya dapat melipatgandakan harganya.

Mungkin ketika harganya meningkat, ada yang mau menjual, akan tetapi ada juga yang memilihara dan mengembangbiakkannya, untuk mendapatkan keturunan yang berkualitas lainnya. Namun, untuk membedakan jenis kelamin pejantan dan betina tidak mudah.

Untuk membedakan jenis kelamin burung trucukan memang agak sulit untuk dilakukan, terutama bagi seorang pemula. Karena jika di lihat dari sekilas, tentunya memiliki ciri fisik yang tidak jauh antara betina dan pejantan.

Ada Beberap Mitos yang sering banyak orang percaya untuk melihat kelamin dari burung tersebut dan mungkin pernah kalian dengar dengar juga sebelumnya ? , berikut adalah mitos yang beredar untuk menentukan jenis kelamin yang mungkin pernah kalian dengar juga sebelumnya :

  1. Warna Mulut dan Lidah

Ada beberapa kicaumania yang menyebutkan untuk melihat kelamin pejantan dan betina bisa dilihat dari mulut dan lidahnya. Ketika warna lidahnya kuning di anggap burung trucukan pejantan. Namun, seiringnya umur burung trucukan bertambah, maka warna dari lidah dan mulutnya akan berubah jadi memiliki warna kuning. Namun memang biasanya burung trucukan akan samakin umurnya bertambah, maka suaranya semakin bagus dan baik.

  1. Ekor burung trucukan

Memiliki bentuk ekor yang rapat atau berbentuk “ V “ di anggap menentukan jenis kelamin burung trucukan tersebut.

  1. Ngeleper

Ngelepek merupakan salah satu kebiasaan burung trucukan dimana burung tersebut dalam keadaan over birahi, entah itu pejantan dan juga betina. Namun, banyak para kicaumania dengan kebiasan tersebut di anggap cirri-ciri jenis kelamin tertentu.

  1. Warna Bulu

Warna bulu dari burung trucukan sering di kait-kaitkan dengan jenis kelamin tertentu. Ketika warna dari burung tersebut memiliki warna yang mengkilau, maka di anggap memiliki jenis kelamin terntunya. Padahal, dengan memiliki warna yang lebih mengkilau tersebut merupakan suatu tanda, burung trucukan memiliki kesehatan yang baik karena dapat terpenuhi kebutuhan Nutrisinya dari pakan yang di berikan.

burung trucukan pejantan

Gambar burung trucukan jantan

Baca juga : Cara merawat burung Trucukan

Cara Membedakan Burung Trucukan Jantan dan Betina

Dari melihat mitos-mitos yang ada tentunya sebagian dari kicaumania pernah dengar sebelumnya. Namun untuk mengatasi kesulitan kalian untuk mengetahui jenis kelamin burung terucuk, maka berikut adalah ciri-ciri jenis kelamin burung trucukan.

  1. Jambul Burung trucukan

Jambul dari burung trucukan pejantan agar lebih terlihat tegak dan gagah, dan betinanya memiliki jambul yang tidak terlalu tegak dan juga tidak telihat panjang dari pejantan

  1. Bulu Halus

Bulu di belakang trucukan pejantan memiliki bulu halus, dan akan terlihat ketika berumur 2 sampai 3 bulan, dan betinanya tidak memiliki bulu halus di belakang kepalanya.

  1. Lingkarang Hitam Di mata

Setiap jenis kelamin pada burung trucukan memiliki lingkaran hitam di sekita matanya. Lingkaran hitam di sekitar mata pada pejantan akan terlihat tebal dan juga hitam pecat dibandingkan dengan betina yang terlihat tidak terlalu hitam dan tipis.

  1. Bulu Di telinga

Pejantan dan betina trucukan memiliki bulu disekitar telinganya, dan bulu sekitar telinga pada pejantan akan terlihat panjang dan keluar, sedangkan untuk betinanya tidak terlalu panjang dan tidak terlalu tertutup rapat dibanding pejantan.

  1. Fostur Tubuh

Fostur tubuh bisa dilihat untuk membedakan kelamin trucukan. Body trucukan memiliki bentuk tubuh yang lebih panjang dan terlihat tegap dan sedangkan betinanya memiliki bentuk yang agar pendek dan ekornya tidak terlalu panjang.

  1. Mabung

Ketika burung trucukan mabung, maka pejantan akan terlihat rajin berbunyi dibandingkan dengan betinanya.

  1. Suara

Suara kicauan betina tidak sebaik dari pejantannya, selain itu kicauan betinanya akan terdengar monoton dan tidak mengeluarkan kicauan yang seakan mengajak, dan memiliki suara yang lebih kecil dan nyaring.

Nah, berikut adalah cara membedakan burung trucukan pejantan dan betina yang bisa kalian coba lakukan di rumah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *