burung sirtu macet bunyi

Cara Mengatasi Burung Cipoh/ Sirtu Macet Bunyi Agar Gacor kembali

Posted on

Burung sirtu memang cukup banyak yang memelihara dari kalangan kicaumania Indonesia, namun dalam merawat burung sirtu susah-susah gampang, gampang merawatnya, namun susah untuk membuatnya gacor.

Tinggal, kita bayangkan, ketika ingin membuat burung sirtu menjadi rajin gacor saja membutuhkan waktu yang cukup lama, apalagi burung cipoh tersebut di rawat pada saat masih anakan, dan tentunya membutuhkan waktu yang lama agar burung sirtu rajin gacor, namun tiba-tiba burung menjadi macet bunyi.

Makanya, tidak heran, harga burung sirtu yang sudah gacor, lebih mahal dibandingkan yang masih anakan, karena proses merawatnya tidak sebentar.

Dalam memelihara burung Sirtu, bukan hanya perawatan harian seperti memandikan, menjemur dan lain sebagainya. Namun , dalam merawatnya perlu juga mengantisipasi agar burung cipoh tersebut tidak mengalami macet bunyi. Dimana, dari susah payah merawatnya hingga gacor, malah tanpa adanya peringatan sama sekali burung menjadi malas berkicau atau macet bunyi.

Penyebab Burung Sirtu Macet Bunyi

Mungkin bagi seorang pemula masih belum mengetahui cara mengatasi burung sirtu macet bunyi, namun jangan terburu-buru untuk merawatnya, akan tetapi ketahui terlebih dahulu, penyebabnya apa sih yang menyebabkan momongan anda tersebut jadi malas berkicau.

  • Sangkar Burung pernah jatuh
  • Burung sirtu trauma atau tidak nyaman terhadap hewan predator
  • Burung sedang sakit
  • Burung sedang mabung

Cara Mengatasi Burung Sirtu Macet bunyi

Bagi burung yang sedang mabung akan membuat burung sirtu menjadi drop, tidak berkicau dan tidak aktif bergerak. Karena kondisi tersebut merupakan kondisi terbaiknya, sehingga burung tidak kekurangan energy untuk pertumbuhan bulu barunya. Tunggu hingga proses mabung selesai, maka selanjutnya burung akan rajin berkicau kembali.

Baca Juga : Cara Merawat Burung Sirtu Mabung

Namun , jika burung sirtu menjadi mogok bunyi tersebut karena sedang sakit, maka rawat burung tersebut hingga benar-benar sembuh, dengan memberikan perawatan khusus tergantung penyakit yang di alami atau juga dengan memberikan obat-obatan khusus untuk burung sakit.

  1. Jauhkan dari burung Fighter

Burung cipoh bisa menjadi stress karena adanya jenis burung fighter yang di gantang berdekatan dengan burung cipoh.

Jadi jauhkan dari jenis burung Fighter di tempat dimana burung cipoh tersebut sering di simpan, karena cipoh bukan jenis burung Fighter dan akan menjadi takut karenanya, seperti menjauhkan burung sirtu anda dengan burung murai batu, kacer dan jenis burung Fighter lainnya

  1. Pakan Ekstrafooding lebih banyak

Untuk mengembalikan energy dan membuat burung cipoh mau berkicau kembali, maka tambahkan pakan dari Ekstrafooding lebih banyak dari biasanya.

Berikan 1 sendok makan setiap pagi dan sore hari, serta memberikan ulat kandang sebanyak 1 cepuk kecil dan sediakan pakan dari Voer sebanyak ½ cepuk yang selalu di sediakan di kandang setiap harinya.

  1. Dekatkan dengan Cipoh betina

Sesekali jika sudah terlihat tanda-tanda perubahan lebih baik, burung cipoh yang macet bunyi tersebut dekatkan dekan cipoh betina untuk membuatnya menjadi rajin berkicau.

Jika burung yang sedang macet bunyi tersebut sudah mau berkicau, maka pindahkan cipoh betinanya di tempat yang lebih jauh, namun masih bisa terdengar suara kicauannya, agar cipoh yang sedang macet bunyi terus-terusan memanggil betinanya untuk bersautan.

  1. Suara Pancingan dari Mp3

Jika tidak memiliki untulan dari cipoh betina, maka bisa dengan menggunakan Mp3 untuk memancingnya bunyi. Jika belum memiliki kumpulan suara burung sirtu, bisa mendownloadnya di halaman ini , Lihat : Suara Burung Sirtu Untuk pancingan .

  1. Pengembunan dan memandikannya

Sebelum dimandikan pada pagi hari, burung di gantang di tempat yang teduh untuk pengembunan sebelum matahari muncul, lalu mandikan dan jemur setelahnya untuk proses pemulihan macet bunyi.

  1. Multivitamin

Jika belum mendatangkan hasil yang optimal dari perawatan yang telah di sampaikan di atas, maka bisa memberikan Mutivitamin yang bisa di beli di kios burung, karena multivitamin memberikan asupan Vitamin pada burung, sehingga burung merasa segar bugar dan bergerak aktif.