cara mengatasi anis kembang macet bunyi

Penyebab dan Cara Mengatasi Anis Kembang Macet Bunyi

Posted on

Persoalan macet bunyi terhadap burung kicauan merupakan suatu hal yang biasa terjadi ketika dalam melakukan perawatannya, namun hal tersebut tentunya dapat berakibat kurang baik bagi burung itu sendiri, dimana kemapuan berkicau dari burung itu sendiri dapat menurun , dan terlebih dalam waktu lama burung anis kembang mengalami macet bunyi.

Dalam membuat burung anis kembang menjadi rajin gacor memang bukan perkara yang gampang dengan cepat untuk di dapatkan, namun ketika sudah di dapatkan, malah burung tersebut malah menjadi macet bunyi yang tadinya dapat berkicau Rock N Roll atau ngerol. Bukannya membuat burung dapat meningkatkan kemampuannya, dengan terjadinya macet bunyi tentunya dapat menurunkan kualitasnya.

Penyebab Burung Anis Kembang Macet Bunyi

penyebab anis kembang macet bunyi

Ada beberapa hal yang sering di alami para pecinta burung anis kembang yang mengalami macet bunyi. Namun sebelum menyimpulkan burung tersebut macet bunyi, maka sebaiknya cek duku burung itu sendiri apa penyebabnya.

  1. Anis kembang Manja

Salah satu yang bisa membuat anis kembang menjadi jarang berkicau adalah di mana anis kembang tersebut sedang manja pada pemiliknya, hal tersebut di ekpresikan dalam bentuk jarang untuk berkicau. Namun , untuk memastikan burung macet bunyi atau tidak, maka pastikan terlebih dahulu untuk menggoda anis kembang yang anda miliki oleh orang lain, jika di goda oleh orang lain dan membuatnya mau berkicau, maka anis kembang yang anda miliki tidak sedang macet bunyi akan tetapi sedang manja saja terhadap pemiliknya.

  1. Sangkar Jatuh

Sangkar yang jatuh, terlebih dari ketinggian yang cukup tinggi dan cukup keras jatuhnya, akan membuat anis kembang menjadi kaget dan selanjutnya menjadi stress dan di Ekspresikan dalam bentuk macet bunyi.

  1. Di sebabkan Oleh Pakan

Memberikan pakan yang berkualitas memiliki manfaat untuk kesehatan burung itu sendiri, dengan memberikan pakan yang tidak berkualitas seperti sudah basi dan berjamur akan membuat anis kemabng menjadi macet bunyi.

  1. Kurang Sehat

Burung yang kurang sehat akan membuatnya menjadi tidak aktif, entah itu dengan jarang bergerak dan juga jarak untuk berkicau. Dan untuk mengananinya adalah dengan cara menyembuhkanknya terlebih dahulu dan ketika stamina dan sehat kembali, toh burung mau berkicau lagi.

  1. Gangguan saluran Pernafasan

Adanya gangguan dari pernafasan dan juga tenggorokan pada burung anis kembang akan membuat burung menjadi macet bunyi yang di sebabkan oleh berbbagai macam hal, seperti di sebabkan oleh pakan yang sudah berjamur,tungau, terpapar asap atau polusi udara dan lain sebagainya.

Cara Mengatasi Burung Anis kembang Macet Bunyi

Dalam mengembalikan burung yang macet bunyi sehingga mau untuk berkicau gacor seperti semula, maka hal yang harus dilakukan adalah dengan cara mengembalikan kesehatan fisik dan mentalnya. Karena setiap penyebab burung menjadi macet bunyi tersebut entah itu terganggu secara mental atau fisiknya. Jika di sebabkan oleh gangguan kesehatan fisik, dengan cara menyembuhkannya terlebih dahulu.

  1. Isolasi Anis kembang

Ketika sedang mengalami macet bunyi, maka anis kembang di isolasi yang di jauhkan dengan jenis burung anis kembang itu sendiri, maupun jantan dan betina terlebih burung yang sudah gacor dan simpan burung di tempat yang sepi dan nyaman untuk burung.

  1. Ekstrafooding

Untuk mengembalikan stamin burung menjadi lebih baik, maka berikan pakan dari jangkrik sebanyak 3 ekor pada pagi hari dan 4 ekor pada sore hari.

  1. Pengembunan Burung Anis Kembang

Untuk pengembunan terhadap anis kemabng yang sedang macet bunyi, maka lakukan pada pagi hari sekitar jam 03.00 – 04.00 sambil memberikan pakan dari kroto sebanyak 1 sendok the dan juga 1 buah cacing yang sudah di potong-potong.

Simpan burung di luar rumah, seperti halaman rumah di pohon rindang yang memiliki daun yang lebat sehingga burung nyaman ketika di embunkan di tempat tersebut.

  1. Memandikan dan Menjemur

Ketika selesai di embunkan dan mulai terlihat sinar matahari muncul, maka mandikan anis kembang tersebut dan angin-anginkan sebentar dan jemur selama 1 sampai 2 jam dan tidak boleh lebih dari itu. Dan setelah penjemuran selesai, maka burung di angin-anginkan dengan meyimpannya di tempat yang teduh.

  1. Berikan Buah-buahan

Agar kebutuhan Gizi tercukupi dengan baik pada anis kembang macet bunyi, maka berikan buah-buahan segar yang sudah di iris kecil-kecil dan di simpan di tempat pakannya. Buah yang bisa di berikan pada anis kembang, seperti buah pisang, buah apel, jeruk,papaya,buah naga dan buah lainnya.

  1. Pancing dengan Suara betina

Sewaktu-waktu goda burung anis kembang yang sedang mabung tersebut dengan memutar suara anis kembang betina agar membuatnya terpancing untuk berkicau. Bagi yang belum memiliki suara burung anis kembang betina, bisa mendownloadnya di halaman ini , Lihat  : suara anis kembang betina .

  1. Mandi malam

Jika cuaca memungkinkan , burung anis kembang di mandikan terlebih dahulu pada malam hari, lalu di angin-anginkan sambil memberikan pakan cacing yang sudah di potong menjadi 3 bagian yang di simpan pada cepuk pakan.

  1. Multivitamin

Untuk memastikan burung memiliki kebutuhan gizi yang tercukupi pada saat macet bunyi, maka berikan multivimtain untuk membantu proses penyembuhannya tersebut. Dengan memberikan multivimtain memberikan manfaat agar burung memiliki stamina yang baik dan membuat mental dan fisiknya kembali normal seperti semula sebelum macet bunyi.