cara mengatasi burung blackthroat macet bunyi

Penyebab dan Cara Mengatasi Burung Blackthroat Macet Bunyi dan Stress

Posted on

Burung Blackthroat sering di gunakan sebagai burung masteran untuk burung lainnya, namun akan tetapi bagaimana jika burung tersebut malah macet bunyi dan stress ? dan tentunya sangat di sayangkan sekali burung yang bawel tersebut tidak bisa tampil dengan maksimal setiap harinya.

Sengaja atau tidak di sengaja, dalam perawatan harian yang di lakukan hal tersebut bisa saja terjadi, dimana yang tadinya burung Blackthroat gacor mendadak menjadi pendiam dan jarang untuk berkicau.

Dalam melakukan perawatan harian yang di lakukan tentunya ada beberapa hal yang menjadi perhatian pemilik burung, yaitu burung tersebut rajin berkicau dan memiliki banyak kualitas kicuan dan memiliki performa fisik dan mental yang baik. Namun , sangat di sayangkan sekali ketika burung sudah mencapai koondisi terbaiknya, akan tetapi burung tersebut menjadi mendadak diam membisu seribu bahasa ! .

Penyebab burung Blackthroat Stress dan macet bunyi

Burung Blackthroat menjadi macet bunyi merupakan hal yang biasa jika melakukan hal-hal yang membuatnya menjadi stress dan macet bunyi, entah itu di sengaja atau tidak di sengaja. Maka dari itu dalam perawatannya harus memperhatikan hal yang membuat burung menjadi macet bunyi untuk di hindari, seperti :

  • Sangkar burung Blackthroat jatuh dengan cukup tinggi yang membuatnya menjadi kaget dan kesakitan
  • Burung Blackthroat mengalami ketakutan sebelumnya terhadap hewan predator dan menggangunya
  • Burung sering terkena angin kencang
  • Jauhkan dari burung predator, seperti elang,burung hantu dan burung cendet
  • Burung sedang mengalai gangguan pernafasan
  • Burung dalam keadaan Over Birahi

Lihat Juga : Cara Merawat Burung Blackthroat & Download Suara Burung Blackthroat & Harga Burung Blackthroat

Cara mengatasi Burung Blackthroat Macet Bunyi dan Stress

Dalam mengambalikan burung Blackthroat menjadi rajin berkicau kembali yang tadinya mengalami macet bunyi dan stress adalah dengan mengembalikan mental dan fisiknya kembali normal. Karena jika burung memiliki mental dan fisk menjadi sehat, maka lambat laun burung akan rajin untuk gacor kembali.

  1. Berikan Kenyamanan

Burung yang sedang stress atau macet bunyi jangan paksanya untuk mau berkicau, akan tetapi berikan kenyaman terlebih dahulu dengan menyimpannya di tempat yang nyaman bagi burung Blackthroat, karena proses kenyamanan yang sering di berikan  pada saat macet bunyi, maka akan membantu proses pemulihannya

  1. Mandikan

Mandikan seperti biasanya burung Blackthroat yang sedang stress setiap harinya, bisa dengan memberikan cepuk khusus untuk mandinya. Karena dengan membuatnya mandi akan mengembalikan kesegaran tubuhnya dan membuat mentalnya kembali lagi

  1. Berikan Ekstrafooding

Ekstrafooding mmeiliki kandungan protein yang tinggi, sehingga membantu recovery fisik dan mentalnya , karena dengan kandungan protein yang tinggi dapat meningkatkan staminanya, dan tentunya bagus untuk mengembalikan kesehatan fisik dan mentalnya

Adapun pakan Ekstrafooding yang bisa di berikan pada burung Blackthroat, antara lain seperti ulat hongkong,laron,telur rebus, kroto dan pakan EF lainnya

  1. Jemur burung Blackthroat

Setelah di mandikan di pagi hari, burung Blackthroat cukup di jemur selama 1 jam lamanya, dan setelah di jemur, maka simpan di tempat teduh dan nyaman.

  1. Terapi

Ketika sedang beristirahat setelah di jemur pada pagi hari, burung di simpan di tempat yang nyaman dan teduh sambil memutar suara terapi untuk menemaninya ketika di simpan di tempat yang nyaman tersebut.

Jika burung tersebut di simpan di dalam rumah, maka bisa dengan memakai Full krodong entah itu siang hari atau sore hari.

Dalam proses terapi berlangsung, jauhkan dari suara burung yang memiliki suara yang kencang, seperti muria batu, poksay, cucak rowo dan jenis burung lainnya yang memiliki suara yang kencang.

  1. Krodong burung Blackthroat

Selain siang hari mengkrodong burung jika di simpan di dalam ruangan, maka untuk malam hari burung di krodong juga, agar bisa beristirahat penuh hingga pagi hari.

Untuk membuat burung yang sedang macet bunyi pulih kembali, maka bisa membantunya dengan memberikan pakan yang berkualitas dengan Gizi yang seimbang, pemberian air putih yang bersih dan jika perlu bantu dengan Multivitamin.