Cara Merawat Burung Blackthroat

Cara Merawat Burung Blackthroat Untuk Masteran dan Lomba

Posted on

Burung Blackthroat jenis burung import yang berasal dari daerah panas Afrika yang cukup di gemari oleh kalangan kicaumania Indonesia. Banyaknya para kicaumania yang menyukai burung ini tentunya bukan tanpa alasan, karena kicuan yang khas yang dimiliki oleh burung tersebut menjadi daya tarik tersendiri, seperti  kicauan ngerol khasnya, bisa berkicau naik dan turun dengan cepat.

Selain itu keunggulan dari burung Blackthroat ini adalah dimana lebih rajin berkicau yang bisa dilakukan sepanjang  harinya dan sering juga di jadikan suara masteran burung lain juga.

Jika ingin memeliharanya, maka bisa dengan membeli anakan burung Blackthroat, karena akan dari Blackthroat ini memiliki harga yang relative mudah di bandingkan dengan yang sudah gacor atau dewasa. Karena selain itu, dengan merawatnya dari kecil hingga dewasa memiliki kenikmatan tersendiri.

Meskipun memiliki suara kicauan yang gacor dengan berbagai macam kelebihannya, akan tetapi jika tidak di rawat dengan tepat, maka akan membuatnya tidak gacor, terlebih burung Blackthroat rawan ngadat yang membuatnya menjadi jarang berkicau.

Cara Merawat Burung Blackthroat

Secara dasar untuk membuat burung menjadi rajin berkicau hal yang penting untuk di perhatikan adalah, dimana burung tersebut memiliki kesehatan yang cukup, dimana kesehatannya tersebut di dorong oleh berbagai macam hal, seperti pemberian pakan yang berkualitas dengan racikan pakan tertentu sehingga sehat bugar , memandikan, menjemur dan berbagai macam hal lainnya yang dapat membuat burung memiliki kondisi terbaiknya.

  1. Memilih Burung Blackthroat

Bagi anda yang ingin memelihara untuk di ikut lombakan atau untuk di setting suara kicauannya menjadi gacor, maka hal yang penting untuk di perhatikan adalah dengan memilih jenis kelamin jantan. Kicauan dari burung Blackthroat jantan lebih vareatif dan rajin untuk berkicau.

Ciri-ciri singkat untuk membedakan Blackthroat jantan dan betina dengan melihat warna trotol hitam di bagian leher dalam burung itu sendiri, dimana warna trotol jantan lebih terlihat pekat dan memiliki trotol lebih banyak dibandingakan betina.

  1. Pakan Burung Blackthroat

Burung Blackthroat merupakan jenis burung pemakan biji-bijian, dimana makanan yang sering dikonsumsi adalah jenis biji-bijian, dan untuk Ekstrafooding yang bisa di berikan pada burung Blackthroat antara lain seperti buah-buahan dan juga dari sayur-sayuran untuk melengkapi kebutuhan Gizinya.

Antara lain, pakan Blackthroat yang bisa di berikan seperti :

  • Millet putih/merah
  • Niger Seed
  • Jawawut
  • Canary Seed
  • Biji sawi
  • Apel
  • Tomat
  • Timun
  • Daun sawi

Dalam pemberian pakan tersebut sebagiknya di Mix untuk memberikan Gizi yang cukup setiap harinya, sehingga burung selalu sehat dan rajin untuk berkicau.

  1. Pengembuanan Secara Rutin

Sebelum di mandikan dan di jemur pada pagi hari, maka burung Blackthroat di embunkan di tempat yang akan di jadikan mandi tersebut sebelum matahari terbit, dan ketika mulai terbit maka mandikan untuk selanjutnya.

  1. Memandikan dan Menjemur Blackthroat

Mandikan burung Blackthroat ketika matahari mulai muncul dengan cara menyemprotkan air ke badan burung itu sendiri.

Setelah dimandikan, Blackthroat di jemur hingga bulu burungnya menjadi kering kembali dengan durasi penjemuran selama 1,5 jam saja.

Setelah di jemur selesai, maka tempatkan burung di tempat teduh sambil memberikan pakan dari telur puyuh rebus yang di simpan di cepuk pakan.

  1. Pemasteran Burung Blackthroat

Pada saat aktifitas mandi dan juga penjemuran selesai, maka simpan burung di tempat teduh sambil memberikan pakan telur puyuh rebus sambil melakukan pemasteran.

Lihat : Download Suara Burung Blackthroat Mp3 Untuk Masteran

Ketika sore hari tiba, burung Blackthroat bisa di jemur kembali selama 1 jam, dan menjelang malam, kandang di krodong secara Full agar burung bisa total berisitirahat.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *