burung cililin macet bunyi

Penyebab dan Cara Mengatasi Burung Cililin Macet Bunyi Agar Gacor kembali

Posted on

Burung cililin terkenal kecerdasannya, dimana salah satu kecerdasannya tersebut, burung cililin dapat menirukan banyak suara kicauan burung lainnya, dan tak heran dari kalangan kicau mania Indonesia sering menggunakan burung cililin ini sebagai burung masteran untuk burung lainnya.

Meskipun burung tersebut memiliki keunggulan seperti yang telah disampaikan di atas, tentunya untuk membuat burung cililin gacor dengan maksimal, membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Namun , proses untuk membuat gacor burung cililin tidak sebatas perawatan yang rutin, akan tetapi bangaimapun burung harus memiliki kondisi terbaiknya seperti kondisi fisik dan mentalnya.

Burung cililin rentan terjadinya stress hingga membuatnya menjadi macet bunyi, dan terkadang membuatnya menjadi mati. Hal tersebut merupakan salah satu hal yang bisa di sebut sebagai kekurangan burung itu sendiri.

Namun, jika mengetahui soal perawatan yang tepat untuk burung cililin, maka perihal yang dapat membuat burung cililin macet bunyi bisa di hindari, seperti penjelasan di bawah ini merupakan beberapa penyebab burung cililin macet bunyi, seperti :

  1. Kekurangan dan kelebihan pakan

Dalam pemberikan pakan pada burung cililin sebaiknya berikan jumlah yang cukup, jangan terlalu berlebihan dan juga kekurangan pakan. Karena jika burung kebanyakan mengkonsumsi makanan maka akan membuatnya menjadi malas untuk berkicau, begitu juga ketika burung kekurangan asupan makanan setiap harinya yang bisa membuat burung cililin rawan sakit, stress dan bahkan kematian.

  1. Jangan jemur Terlalu lama

Burung cililin yang macet bunyi juga bisa di sebabkan oleh penjemuran yang terlalu lama, karena burung cililin tidak menyukainya. Ketika proses penjemuran dalam durasi lama dan juga terlalu panas, burung cililin rawan menjadi stress dan akhirnya menjadi macet bunyi, dan bahkan bisa membuat burung cililin menjadi mati karenanya.

Untuk melakukan penjemuran yang tepat, maka bisa dengan melakukan perawatan yang pula, seperti yang telah di sampaikan pada artikel sebelumnnya, tentang , Baca : Cara Merawat Burung Cililin.

  1. Jangan Sering Terkena Angin kencang

Burung cililin tidak menyukai tempat yang memiliki hembusan angin yang terlalu kencang, Karena bisa membuatnya mudah sakit dan menjadi drop.

Jauhkan burung cililin dari hembusan angin terlalu kencang, seperti kipas angin, ventilasi udara,blower, compressor angin dan tempat lainnya yang memiliki hembusan angin yang kencang.

  1. Air Yang Kotor

Ganti secara berkala dan rutin air yang berada di dalam cepuk sangkar burung cililin,dan pastikan cepuk dan airnya tersebut benar-benar bersih. Air yang kotor, dapat membuat burung cililin mudah sakit dan lebih parahnya lagi menjadi macet bunyi.

Cara Mengatasi Burung Cililin Macet Bunyi

Hal yang perlu di perhatikan dalam merawat burung cililin yang sedang macet bunyi adalah dengan cara merubah perawatan khusus untuk mengembalikan kesehatan mental dan fisiknya menjadi normal, sehingga ketika ketika burung sudah pulih maka akan rajin gacor kembali.

  1. Ganti sangkar

Jika sangkar burung sebelumnya memiliki ukuran yang cukup kecil, maka ketika masa terapi berlangsung, burung di pindahkan ke kandang yang cukup luas dari sebelumnya.

  1. Pakan Ekstrafooding

Jika burung sedang mengalami ngedrop sehingga macet bunyi , maka berikan pakan tambahan dari Ekstrafooding lebih banyak dari sebelumnya, karena kandungan protein yang ada pada Ekstrafooding cukup banyak, sehingga meningkatkan stamina pada burung.

Pakan yang bisa di berikan, antara lain seperti ulat jerman,kepompong, kroto dan juga jangkrik.

  1. Terapi

Sesekali lakukan terapi pada burung cililin yang macet bunyi tersebut dengan menggantang burung di tempat yang nyaman dan teduh, sambil memutar suara air mengalir dan suara hutan.

  1. Penjemuran dan Masteran

Untuk menjemur burung cililin macet bunyi, lakukan sebentar saja, sekitar 10 menit ketika matahari mulai terbit, karena matahrinya tidak terlalu panas.

Setelah itu simpan di tempat yang sejuk dan nyaman, sambil mendekatkan burung lainnya yang memiliki suara ngerol atau dengan memutar Audio suara burung , seperti burung kenari , burung robin, blacktharoat dan jenis burung lainnya.

Bagi yang belum memiliki koleksi suara burung dari berbagai macam jenisnya, maka bisa mendownloadnya di halaman ini . Kumpulan Suara Burung Masteran dan Pancingan Mp3 .

  1. Air bersih

Sediakan selalu air bersih di dalam sangkar burung cililin setiap harinya dan berikan air putih bersih tersebut sebaiknya yang sudah matang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *